Ilustrasi penjara. (Bisnis-Nurul Hidayat)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 5.773 narapidana (napi) di Jawa Tengah (Jateng) akan menerima pengurangan hukuman atau remisi pada hari raya Idulfitri tahun 2019. Dari jumlah sebanyak itu, 66 orang di antaranya dinyatakan langsung bebas atau menerima Remisi Khusus II.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jateng, Marasidin Siregar, mengatakan remisi diberikan kepada narapidana yang sudah memiliki putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap dan bukan bukan kepada tahanan serta terpidana mati dan seumur hidup.

“Pemberian remisi merupakan wujud negara dalam memenuhi hak WBP [warga binaan pemasyarakatan] atas segala pencapaian positif selama menjalankan program pembinaan yang diselenggarakan LP maupun rutan dengan predikat baik serta telah menjalankan masa pidana lebih dari 6 bulan,” ujar Marasidin dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Rabu (29/5/2019).

Marasidin menyebutkan saat ini jumlah penghuni LP dan rutan se-Jateng per 27 Mei 2019 mencapai 13.650 orang. Jumlah sebanyak itu terdiri dari 3.221 orang berstatus tahanan dan 10.429 orang. Sementara itu, jumlah kapasitas LP dan rutan yang ada di Jateng sekitar 8.179 orang.

Remisi yang diberikan untuk seluruh penerima pun bermacam. Ada yang mendapat potongan masa tahanan sebanyak 15 hari, hingga 1 tahun.

“Tahun ini, yang paling banyak menerima Remisi Khusus Hari Raya Idulfitri terbanyak adalah LP Kelas II A Purwokerto, yakni 471 orang. 470 orang di antaranya menerima Remisi Khusus I [tidak langsung bebas] dan 1 orang menerima Remisi Khusus I [langsung bebas],” ujarnya.

Sementara itu dari 5.773 napi yang menerima remisi, 4.558 orang di antaranya merupakan napi kasus pidana umum, 26 orang napi kasus terorisme, 1.134 napi kasus narkotika, 21 orang napi kasus korupsi, 27 orang napi kasus illegal logging, 4 orang napi kasus illegal trafficking, dan 3 orang napi kasus money laundring.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten