Tutup Iklan

56.249 Lembar Surat Suara Dimusnahkan Di Sragen

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sragen memusnahkan 56.249 lembar surat suara yang rusak dan kelebihan surat suara di halaman Kantor KPU Sragen, Selasa (16/4/2019).

56.249 Lembar Surat Suara Dimusnahkan Di Sragen

SOLOPOS.COM - Puluhan ribu lembar surat suara berserakan dimusnahkan bersama oleh komisioner KPU, Bawaslu, dan pimpinan daerah Sragen, Selasa (16/4/2019). (Solopos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sragen memusnahkan 56.249 lembar surat suara yang rusak dan kelebihan surat suara di halaman Kantor KPU Sragen, Selasa (16/4/2019).

Pemusnahan tersebut disaksikan para pimpinan daerah dipimpin Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang sekaligus memantau persiapan pemungutan suara pada H-1 tersebut.

Pemusnahan dilakukan dengan membakar puluhan ribu lembar surat suara tersebut. Pembakaran surat suara Pilpres dan Pemilu Legislatif 2019 itu dilakukan para pimpinan daerah, di antaranya Bupati Sragen, Wakil Bupati Dedy Endriyatno, Wakapolres Kompol Saprodin, Kepala Kejaksaan Negeri Sragen Syarief Sulaiman Nahdi, Kepala Pengadilan Agama Suhardi, dan para pimpinan daerah lainnya.

Perwakilan pimpinan daerah tersebut menandatangani berita acara bersama Ketua KPU Sragen Minarso dan Ketua Bawaslu Sragen Dwi Budhi Prasetya. Surat suara yang dimusnahkan berupa surat suara pilpres, pemilu DPR, pemilu DPD, pemilu DPRD provinsi, dan pemilu DPRD kabupaten.

“Hanya logistik surat suara yang dimusnahkan karena rusak dan adanya kelebihan. Kerusakan surat suara itu disebabkan sobek, berlubang, kotor, pelipatan mengkerut, dan tidak simetris. Semua kerusakan itu disebabkan percetakan. Semua dimusnahkan supaya tidak disalahgunakan,” ujar Ketua KPU Sragen Minarso saat ditemui wartawan, Selasa siang.

Minarso menyatakan seluruh logistik pemungutan suara sudah didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan kemudian mulai bergerak ke tempat pemungutan suara (TPS) pada H-1 sebelum pemungutan. Untuk kesiapan TPS itu, ujar dia, harus sudah siap maksimal Selasa malam karena mulai Rabu (17/4/2019) pukul 07.00 WIB sudah dibuka untuk pemungutan suara.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menjelaskan tim pimpinan daerah hari itu berkeliling meninjau persiapan pemungutan suara. Dia mengatakan sampel TPS diambil secara acak untuk dilihat persiapannya.

Yuni, sapaan akrabnya, menjelaskan pengecekan TPS itu dilakukan di wilayah selatan dan utara Bengawan Solo. “Tadi melihat TPS Margoasri, Puro, Karangmalang. Ternyata saat dilihat tadi TPS belum siap karena KPPS [kelompok penyelenggara pemungutan suara] berasal dari kalangan pegawai negeri sipil. Kemungkinan persiapannya baru nanti sore pada pukul 16.00 WIB,” ujar Bupati.

Seusai dari KPU rombongan bupati bergerak menuju sampel TPS di Mondokan, Sragen. Yuni mengaku juga menyaksikan pemusnahan surat suara rusak dan kelebihan surat suara.

Perincian surat suara yang dimusnahkan di Sragen:
- Pilpres: 4.490 lembar
- Pemilu anggota DPR Dapil IV Jateng: 28.383 lembar
- Kelebihan surat suara anggota DPR Dapil IV Jateng: 1.637 lembar
- Pemilu anggota DPD: 1.744 lembar
- Pemilu anggota DPRD provinsi: 14.995 lembar
- Pemilu anggota DPRD kabupaten: 5.000 lembar

Surat suara pemilu anggota DPRD Sragen per dapil:
- Dapil I Sragen: 769 lembar
- Dapil II Sragen: 289 lembar
- Dapil III Sragen: 498 lembar
- Dapil IV Sragen: 1.265 lembar
- Dapil V Sragen: 877 lembar
- Dapil VI Sragen: 1.302 lembar
Total: 56.249 lembar

Sumber: KPU Kabupaten Sragen (trh)

Berita Terkait

Berita Terkini

Insiden Perahu Terbalik Kedungombo, Pemkab Boyolali: Posisi Kami Serba Repot

Pemkab Boyolali mengatakan dalam posisi serba repot terkait insiden perahu terbalik di Waduk Kedungombo yang menewaskan sembilan orang.

Ruko Dua Lantai Terbakar di Mergangsan, Diawali Ledakan

Kebakaran awalnya diketahui oleh pedagang bakmi yang berjualan di depan ruko

Catat Lur! Ini Daftar Formasi CPNS & P3K Wonogiri

Berikut daftar formasi CPNS dan P3K Wonogiri beserta jadwal seleksinya pada 2021.

Sering Meniup Makanan/Minuman Panas? Awas Ada Bahaya Mengintai

Kebiasaan meniup makanan panas ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Underpass Makamhaji Rusak Lagi, Pemkab Sukoharjo Mikir Ulang Terima Aset Dari Pusat

Pemkab Sukoharjo berpikir ulang untuk menerima aset underpass Makamhaji, Kartasura, karena kondisinya rusak lagi setelah diperbaiki Maret.

Jokowi Selamatkan 75 Pegawai KPK Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan

Jokowi tidak setuju 75 pegawai yang tidak lolos TWK itu diberhentikan. Menurutnya, masih ada opsi lain, yaitu pendidikan kedinasan.

2 Air Terjun di Lereng Gunung Muria Layak untuk Dikunjungi

Air Terjun Sekar Gading di Kabupaten Kudus masih sangat alami di mana air mengalir dari sisi kanan dan kiri seakan menambah keeksotisannya.

Klaster Corona Sumber Dipicu Acara Kumpul-Kumpul

Klaster di Sumber, Solo dipicu kegiatan buka bersama yang diselenggarakan salah satu warga yang bekerja di luar daerah dan sudah mengalami gejala tanpa rasa.

Dipastikan Aman, Pengemudi Perahu Wisata di WGM Wonogiri Punya Lisensi

Operator perahu wisata di WGM Wonogiri dipastikan sudah berlisensi dan mengerti standar keselamatan.

Masih Tinggi, Harga Daging Ayam di Solo Capai Rp45.000/Kg

Harga sejumlah komoditas harga pangan, termasuk daging ayam, masih tinggi di pasar tradisional di Kota Solo setelah momen Lebaran.

Sejarah Kelam Waduk Kedung Ombo hingga Jadi Tempat Wisata

Waduk Kedung Ombo yang membentang di tiga kabupaten di wilayah Jawa Tengah yakni Sragen, Boyolali, dan Grobogan, memiliki sejarah panjang.

87 Kasus Positif Covid-19 Muncul Sepekan Terakhir Di Sukoharjo, Mayoritas Klaster Keluarga

Sebanyak 87 kasus konfirmasi positif Covid-19 muncul di Sukoharjo dalam sepekan terakhir atau saat libur Lebaran dengan dominasi klaster keluarga