SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pengungsi Irak (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, DAMASKUS – Hampir 1.000 keluarga Irak yang melarikan diri dari gerak maju kelompok jihad Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) berlindung di Provinsi Hassakeh, Suriah.

Mereka tiba di Suriah meskipun perang saudara mengamuk di sana yang telah menghancurkan negara itu sejak Maret 2011 dan menewaskan lebih dari 170.000 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hampir 1.000 keluarga Irak melarikan diri dari Pegunungan Sinjar karena teror telah diterima di sekolah-sekolah di Al-Maliki di Provinsi Hassakeh,” kata kantor berita Suriah, SANA, mengutip pernyataan Menteri Urusan Sosial Suriah Kinda Shamat, Rabu (13/8/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Shamat mengatakan 700 tenda juga telah didirikan di daerah Ain al-Khadra di provinsi timur laut yang sama, yang berbatasan dengan Irak, untuk menampung pengungsi yang tiba.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan bantuan kemanusiaan bagi semua keluarga Suriah dan Irak yang terkena dampak serangan kelompok teroris bersenjata,” tambah Shamat.

Ia mengatakan pemerintah telah meminta Program Pangan Dunia (WFP) untuk meningkatkan bantuan ke provinsi itu.

Puluhan ribu anggota minoritas Yazidi di Irak telah melarikan diri dari Kota Sinjar dalam beberapa hari terakhir. Banyak yang telah menyeberang ke Suriah dan kemudian kembali ke daerah yang lebih aman di Irak, di mana mereka telah mengungsi di wilayah semiotonomi Kurdi.

Dalam satu pernyataan pada Selasa (12/8/2014), UNHCR mengatakan 10.000 hingga 15.000 orang melarikan diri Sinjar tiba di Suriah.

“Kebanyakan mereka tinggal di kamp Newroz dekat Al-Qamishli (di Provinsi Hassakeh), yang dikelola oleh LSM lokal. Pengungsi lain tersebar di berbagai Desa Yazidi di Qahtania atau daerah perkotaan,” kata juru bicara UNHCR Adrian Edwards dalam pernyataannya.

Badan ini mengatakan telah memberikan bantuan kepada ratusan keluarga yang tinggal di tiga desa dan sekolah serta mendistribusikan tenda juga bantuan lain untuk orang-orang di kamp Newroz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya