SOLOPOS.COM - iustrasi (Rahmatullah/JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, BOYOLALI--Sejumlah Bus AKAP mash menghindari jalur pantura pasca amblesnya Jembatan Comal di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Padahal jembatan tersebut sudah dibuka pada Kamis (24/7/2014) kemarin.

Menurut pantauan solopos.com di Terminal Sunggingan Boyolali yang merupakan jalur pantura bagi Bus AKAP jurusan Jakarta, Minggu (27/7/2014), bus AKAP telihat sedikit yang melintas. Bahkan menurut seorang petugas retribusi setempat, Sumarno, pada pukul 10.00 WIB, kurang dari 25 bus AKAP yang melintas di terminal tersebut. Tak pelak itu membuat situasi di terminal terlihat lengang. Berbeda dengan jalan di depan Terminal Sunggingan yang cukup ramai oleh pemudik dengan kendaraan pribadi masing-masing.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Bus AKAP masih terlihat sepi, yang mendominasi mayoitas bus AKDP,” ujarnya saat ditemui solopos.com di ruang kerjanya, Minggu.

Ekspedisi Mudik 2024

Sumarno menambahkan ada H-1 Lebaran kali ini malah terlihat seperti hari biasa. Ia menganggap ramainya bus dan penumpang terjadi pada Jumat (25/7) dan Sabtu (26/7) kemarin. “Mungkin lebih ramai Juat dan Sabtu kemarin,” tambahnya.

selang beberapa jam kondisi terminal mulai terpantau ramai. Staf Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Sunggingan, Luluk Sugiyanto, mengatakan sampai pukul 13.00 WIB sudah 50 bus AKAP yang melintas sementara untuk bus AKDP kurang lebih 100 bus.

Namun, lanjut Luluk kondisi saat ini masih terbilang sedikit dibanding tahun lalu. Selain karena sebagian bus menghindari jalur pantura dan lebih memilih jalur selatan, juga pemudik sekarang lebih senang menggunakan kendaraan pribadi.

“Sekarang pemudik lebih suka menggunakan kendaraan pribadi daripada memanfaatkan angkutan umum,” ujarnya saat dihubungi solopos.com melalaui sambugan telepon, Minggu

Lebih lanjut Luluk mengakui bahwa setiap tahun volume kendaraan di Terminal Sunggingan lebih banyak pada arus baliknya ketimbang arus mudik. Karenanya ia tidak kaget apabila H-1 Lebaran keadaan lalu lintas di terminal sedikit lengang.

“Biasanya lebih ramai pas arus balik, tapi ini kan H-1 mungkin nanti malam bisa jadi ramai,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya