SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota TNI/Polri berjaga saat simulasi persiapan pembukaan Pasar Tanah Abang di Jakarta, Kamis (11/6/2020). (Antara-Akbar Nugroho Gumay)

Solopos.com, JAKARTA -- Kasus positif Covid-19 di Jakarta terus bertambah khususnya di keramaian, bahkan 52 pedagang di 6 pasar dinyatakan positif. Perumda Pasar Jaya pun menutup sementara 19 pasar kelolaannya menindaklanjuti puluhan kasus baru dari kalangan pedagang tersebut.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin menjelaskan sebanyak 1.418 pedagang telah dites di 19 pasar tersebut. Hasilnya, ditemukan 52 pedagang yang positif Covid-19 di 6 pasar. Pedagang di 3 pasar lain dinyatakan negatif, sementara 10 pasar masih menunggu hasil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengerikan! RS di Kota Bogor Jadi Klaster Baru Penularan Covid-19

Temuan 52 pedagang di 6 pasar DKI Jakarta positif Covid-19 tersebut memaksa Perumda Pasar Jaya melakukan sterilisasi dan menutup pasar selama 3 hari. Ini dilakukan demi memastikan virus yang ada mati sebelum pasar dibuka kembali.

"Action yang kita lakukan pertama adalah, mau tidak mau, kalau ada yang terindikasi positif pasar itu ditutup 3 hari. Untuk dilakukan penyemprotan dan sterilisasi. Kalau satu hari, di awal berpikirnya takut virusnya enggak mati, jadi kita sterilisasi 3 hari tutup setelahnya baru beroperasi lagi," jelasnya, Kamis (11/6/2020).

Bahaya! Tren Kasus Positif Covid-19 Klaten: Anak Muda Tanpa Gejala

Selain penyemprotan, Arief menjamin bahwa kerja sama swab test dan rapid test untuk pasar lain di luar 19 pasar yang telah tutup ini. Bukan tidak mungkin fenomena pedagang positif Covid-19 juga ditemukan di pasar lain di Jakarta.

Pasar Jaya pun akan terus melakukan sosialisasi dan penegakkan protokol kesehatan di total sekitar 150 pasar keloaan. Mereka juga melanjutkan penyemprotan rutin dua pekan sekali.

Faisal Basri: Krisis Covid-19 Buka Borok Keuangan Pemerintah Indonesia

Ganjil Genap

Setelah menutup 19 pasar di Jakarta karena temuan 62 pedagang positif Covid-19, Pasar Jaya juga akan melakukan pembatasan konsumen. Salah satunya dengan menerapkan metode ganjil genap demi mengurangi kerumunan.

"Kita menerapkan ganjil-genap kios dan mengatur traffic konsumennya. Serta kemudian menggunakan face shield yang sudah kita siapkan. Mudah-mudahan ini bagian dari practice action yang untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di pasar," tambahnya.

Hamil dan Positif Covid-19, Driver Ojol Surabaya Tewas Dijambret

Berikut 19 pasar di Jakarta yang ditutup menyusul 62 pedagang terkonfirmasi positif Covid-19:

1. Pasar Lontar
2. Pasar Gondangdia
3. Pasar Petojo Enclek
4. Pasar Serdang
5. Pasae Rawasari
6. Pasar Tomang Barat
7. Pasar Slipi
8. Pasar Cijantung
9. Pasar Ciracas
10. Pasar Palmeriam
11. Pasar Perumnas Klender
12. Pasar Pesanggrahan
13. Pasar Kebayoran Lama
14. Pasar Pondok Labu
15. Pasar Warung Buncit
16. Pasar Minggu
17. Pasar Lenteng Agung
18. Pasar Kelapa Gading
19. UPB Induk Kramat Jati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya