SOLOPOS.COM - Ilustrasi anggaran. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur atau Jatim akan mengalokasikan 51,74 persen RAPBD 2021 untuk sektor pendidikan. Hal itu bertujuan menunjang peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang lebih berkualitas.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan dalam RAPBD 2021, sektor pendidikan menjadi prioritas dengan mengalokasikan sebesar Rp11,868 triliun atau 51,74 persen untuk Dinas Pendidikan agar layanan mutu pendidikan di Jatim meningkat.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sule-Nathalie Terpaut 16 Tahun, Ini Lho Keuntungan Menikah dengan Pria Lebih Tua

“Tujuan nilai alokasi ini untuk meringankan beban biaya operasional sekolah bagi peserta didik pada sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah maupun oleh masyarakat,” katanya, Selasa (17/11/2020).

Perbaikan Sarana Prasarana Pendidikan

Adapun peningkatan layanan mutu pendidikan tersebut di antaranya adalah untuk Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP), honorarium kinerja guru non PNS, pembangunan/perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, serta untuk Bantuan Operasional Daerah untuk Lembaga Madrasah Diniah (Bosda-Madin).

Khofifah menambahkan untuk sektor kesehatan, pemerintah akan mengalokasikan sebesar 19,52 persen dari belanja Perangkat daerah pada RAPBD 2021, yakni sebesar Rp4,478 triliun dengan prioritas pada JKN.

Pembunuh ABG Berseragam Pramuka di Hotel Semarang Tertangkap

Dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021 dalam kerangka RPJMN memiliki 4 fokus.

Pertama, pemulihan industri, pariwisata, dan investasi. Kedua, reformasi sistem kesehatan nasional. Ketiga, reformasi sistem jaring pengaman sosial. Keempat, reformasi sistem ketahanan bencana.

“Prioritas ini sesuai dan sinkron dengan arah pembangunan Jatim yang ingin mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial, kesehatan, sistem ketahanan kebencanaan dan optimalisasi agrobisnis berbasis sinergitas desa-kota,” imbuh Khofifah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya