SOLOPOS.COM - Foto: Dokumentasi

Foto: Dokumentasi

SOLO—Inspektorat Solo, Rabu (17/10/2012) telah melakukan pemeriksaan terhadap 51 lurah dan camat yang menghadiri pelantikan Jokowi-Ahok, meski telah dilarang Sekda Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam pemeriksaan tersebut, mereka dimintai keterangan seputar kehadiran mereka di Ibu Kota pada Senin (15/10).

Ekspedisi Mudik 2024

Dari pemeriksaan sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budi Suharto, berasumsi tak ada aturan yang dilanggar para abdi negara.

Sekda menyebut kunjungan kerja (kunker) yang dilaksanakan di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat itu bisa dipertanggungjawabkan hasilnya. ”Kami sudah konfirmasi Pak Lurah dan camat. Secara visual dan dokumentasi, kunker mereka bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya di Balaikota.

Sekda menyatakan kunjungan memang sedianya digelar dua hari, Senin-Selasa (15-16/10). Ihwal kehadiran lurah dan camat di pelantikan Jokowi pada hari pertama, Budi berkelit hal itu lantaran perubahan jadwal mendadak.

Sekda menyebut Pemerintahan Kecamatan Tambora tiba-tiba membatalkan kunjungan pada Senin. ”Mereka menggesernya dari tanggal 15 menjadi 16. Namun secara prinsip, kunker ini kunker beneran, tidak gojekan,” katanya.

Sekda mengatakan kehadiran lurah dan camat di pelantikan tak masalah asal tak mengganggu agenda kunker. Menurut Budi, PNS boleh-boleh saja mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan, termasuk menghadiri pelantikan Jokowi. ”Kalau memang ada keleluasaan waktu ya silakan. Yang penting kerjanya terpenuhi.”

Sebelumnya, Sekda Kota Solo, Budi Suharto,  Minggu  (14/10/2012), menegaskan tak memberi izin kepada PNS Pemkot Solo untuk menghadiri pelantikan Jokowi-Ahok, Senin (15/10) di Jakarta. Kehadiran 51 lurah dan camat itu menueut Sekda dinilai melanggar karena tidak izin dia. Sementara undangan resmi yang dibawa lurah dan camat itu, bukan termasuk 10 undangan jatah untuk Pemkot.

Sebanyak 51 lurah dan camat di Solo yang menghadiri  pelantikan itu. Berdalih agenda itu merupakan kunjungan kerja (kunker) yang telah disetujui Sekda. Salah satu lurah yang bisa dimintai konfirmasi, Susanta, membenarkan dirinya sedang ada di Gedung DPRD bersama rekan sejawatnya. Ia mengaku mendapat undangan menghadiri acara tersebut. ”Semua dapat undangan resmi satu-satu,” ucap Lurah Manahan itu.

Menurut Susanta, rombongan akan berada di Jakarta hingga Selasa (16/10) ini. Dia menyebut kedatangannya ke Ibu Kota itu juga dalam rangka kunker ke Jakarta Barat (Jakbar). ”Tapi kunkernya baru besok [Selasa]. Hari ini cuma menghadiri pelantikan Pak Jokowi.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya