SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

ilustrasi. (dok Solopos)

Klaten (Solopos.com)–Sebanyak 50an jamaah calon haji (Calhaj) asal Klaten  menunda keberangkatannya ke tanah suci pada tahun ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Hal tersebut disebabkan oleh berbagai alasan.

Kasi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Klaten, M Yusuf, mengatakan beberapa alasan di antaranya karena faktor kesehatan, dalam kondisi hamil, serta lantaran kebutuhan keluarga yang mendesak.

“Sampai tahap ketiga pelunasan, sekitar 50an orang menunda berangkat. Ada yang alasan karena untuk membiayai biaya sekloah anakanya dulu, sehingga keberangkatannya ditunda atau masuk daftar waiting list,” ungkapnya kepada Espos, Kamis (22/9/2011) di ruang kerjanya.

Selanjutnya, seluruh Calhaj yang menunda keberangkatannya akan dimasukkan dalam daftar keberangkatan jamaah haji tahun berikutnya.  Sementara itu, sebanyak 1.117 Calhaj Kabupaten Klaten terbagi dalam empat kloter akan diberangkatkan pada 20 dan 21 Oktober mendatang.

Di sisi lain, dari total tujuh kuota tambahan, sebanyak empat Calhaj menyatakan menunda keberangkatannya. Karena, hingga batas pelunasan BPIH pada Senin (19/9/2011), keempat Calhaj tersebut tidak menyelesaikan pembayarannya. “Sudah diberi kesempatan, namun tidak digunakan. Sehingga keberangkatannya ditunda,” ungkapnya.

(m103)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya