SOLOPOS.COM - Truk milik Polres Klaten pengangkut sembako yang akan dibagikan ke 503 ODP miskin keluar dari Makodim 0723/Klaten, Senin (30/3/2020). (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Sebanyak 503 orang dalam pemantauan (ODP) corona miskin di Klaten memperoleh bantuan sembako, Senin (30/3/2020). Bantuan tersebut disalurkan pengelola posko peneriman logistik bencana Covid-19 tahun 2020 yang berpusat di Makodim 0723/Klaten.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, ratusan paket sembako diberikan secara simbolis jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Klaten yang dipimpin Bupati Sri Mulyani.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ratusan sembako diangkut truk dari Dalmas Polres Klaten (dua unit), truk Kodim Klaten (satu unit), truk milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten (satu unit), dan mobil jenis ranger double cabin milik Kodim Klaten.

6 Cara Ampuh Mencegah Penularan Virus Corona

Paket sembako yang dibagikan kepada ODP corona miskin di Klaten berupa beras, gula, telur, teh, susu, dan lainnya. Nantinya bantuan itu dikirim langsung ke warga yang termasuk ODP corona Klaten.

“Bantuan ini disalurkan langsung yang terkena dampak corona. Sasarannya warga yang kurang mampu [503 ODP miskin]. Bantuan langsung dikirim secara door to door [agar tepat sasaran],” terang Bupati Klaten saat ditemui wartawan di Makodim 0723/Klaten.

Sukarelawan yang membagikan paket sembaki itu dibekali standar operasional prosedur. Bupati Klaten juga mengimbau warga yang mampu ikut berdonasi.

Tambah Lagi, Pemudik ke Klaten Jadi 7.861 Orang

“Di sini, saya mengimbau ke warga yang mampu di Klaten, dipersilakan menyalurkan bantuan ke sini [posko peneriman logistik bencana Covid-19 tahun 2020],” sambung Sri Mulyani.

Dandim 0723/Klaten, Letkol (Kav) Minarso, mengatakan 500-an ODP corona Klaten yang memperoleh bantuan sembako betul-betul tergolong warga miskin.

Pendataan ODP corona miskin di Klaten tersebut melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas, bidan desa, dan sukarelawan.

“Kami sudah menyiapkan 850 paket sembako. Hari ini [kemarin], kami salurkan 503 paket ke ODP miskin,” terang Minarso.

Darurat Corona: Ini  Cara Aman Beli BBM di SPBU

Sasaran Penerima Bantuan

Nantinya bantuan paket sembako bakal diberikan kepada warga miskin lain yang terdampak wabah corona. Ini merupakan misi kemanusiaan di tengah pandemi.

“Kemungkinan besar, ODP ini akan terus bertambah. Ke depan, penyaluran sembako juga disalurkan ke yang lainnya. Seperti para pedagang kecil yang terdampak persebaran virus corona. Kami pun akan terus membuka posko ini [posko dibuka mulai empat hari lalu]. Ini misi kemanusiaan di tengah persebaran virus corona,” katanya.

Ini Wujud APD Jas Hujan Karya FK UNS Solo

Salah satu warga Klaten Tengah, Ny. Agus, merasa berkewajiban memberikan bantuan melalui posko peneriman logistik bencana Covid-19 tahun 2020 di Kodim 0723/Klaten. Diharapkan, dengan bantuan tersebut dapat membantu warga yang betul-betul membutuhkan.

“Saya berharap semuanya bisa selamat,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com di Makodim 0723/Klaten, berbagai elemen masyarakat di Klaten telah memberikan bantuan, baik berupa sembako dan uang. Hingga Senin (30/3) siang, sudah terkumpul 2.045 kilogram beras, 190 dus mi instan, 43 kilogram gula pasir, 51 dus minyak goreng, 15 bungkus kecap, dan 45 paket sembako.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya