SOLOPOS.COM - Petugas Dinsos Karanganyar bersama tim Dirjen Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) Kementerian Sosial dan UNS mengunjungi usaha rintisan KPM PKH di Karanganyar Jumat (17/9/2021).(Istimewa-Dinsos Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar bersama tim Dirjen Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) Kementerian Sosial dan UNS mulai memverifikasi ratusan keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) di Karanganyar Jumat (17/9/2021).

Verifikasi bertujuan untuk mengerucutkan jumlah KPM yang layak untuk diberikan pendampingan wirausaha.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: Ingat, Knalpot Brong Jadi Fokus Operasi Patuh Candi di Karanganyar

Kabid Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial Dinsos Karanganyar, Gunarto, mengatakan program tersebut berasal dari Kemensos RI. Program menyasar para KPM PKH di Karanganyar yang sudah memiliki usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk dibantu mengembangkan usaha mereka agar lebih berkembang.

“Programnya namanya kewirusahaan sosial. Nanti para KPM yang sudah memiliki usaha akan didampingi dari UNS dan PSPKKM. Pembinaan lebih mengarah ke strategi pemasaran yang efektif. Pengemasan yang lebih menjual, dan lainnya,” jelas dia kepada Solopos.com.

Baca juga: Gegara Truk Rem Blong di Wonogiri, Tiga Kendaraan Terlibat Kecelakaan

Gunarto mengatakan total KPM PKH di Karanganyar yang diverifikasi tim sejumlah 512 keluarga. Dari seluruh keluarga tersebut, akan diseleksi kembali dan dipilih sekitar 300 keluarga untuk mendapatkan pendampingan. Nantinya setiap keluarga nantinya akan menerima bantuan Rp600.000 untuk mengembangkan usaha mereka.

“Tapi bantuannya itu nanti buka untuk membeli hal besar. Tapi lebih ke pemenuhan hal-hal minor untuk mengembangkan usaha mereka seperti perizinan dan lainnya,” imbuh dia.

Gunarto menjelaskan, program pendampingan KPM PKH akan dilakukan pada Oktober 2021. Pihaknya saat ini masih terus memetakan usaha yang dimiliki KPM PKH yang berpotensi berkembang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya