SOLOPOS.COM - Sukarelawan pendukung dari berbagai organisasi mendeklarasikan dukungan mereka kepada Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 di Wedangan Latar Ombo Balekambang Solo, Senin (5/6/2023) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO–Ratusan orang dari berbagai organisasi relawan melakukan deklarasi pendukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024, Senin (5/6/2023) sore. Mereka mengatasnamakan Aliansi Relawan Ganjar (ARG).

Aksi mereka digeber di Wedangan Latar Ombo Balekambang Solo sekitar pukul 14.30 WIB. Pantauan Solopos.com, Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, tidak tampak hadir. Begitu juga kader PDIP Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Gibran dan sang istri, Selvi Ananda, beberapa hari terakhir sedang berkunjung ke Korea Selatan. Aksi diawali dengan longmarch atau kirab para relawan dengan membawa bendera merah putih dan bendera organisasi masing-masing.

Mereka berkeliling mulai dari Balekambang ke Simpang Empat Balekambang, lalu ke arah timur, dan belok kiri menuju Simpang Empat Gondang. Selanjutnya rombongan kirab menuju Pasar Depok dan finish di Wedangan Latar Ombo.

Koordinator Lapangan Deklarasi Dukungan Bersama kepada Ganjar Pranowo, Tedy Saputro, saat diwawancara wartawan mengatakan deklarasi diikuti sejumlah relawan pendukung Jokowi, Gibran dan Ganjar Pranowo.

“Ini kegiatan relawan pendukung Pak Ganjar di Soloraya. Ada 39 organisasi relawan. Mereka ingin menyatakan dukungan ke Pak Ganjar yang beberapa waktu lalu diklaim organisasi mereka mendukung Prabowo,” ujar dia.

Tedy tidak tahu persis organisasi sukarelawan apa saja yang sebelumnya diklaim mendukung Prabowo sebagai capres. Namun, salah satunya, menurut dia, organisasi sukarelawan Bolo Pasar Solo yang dipimpin oleh Suwarjo.

Organisasi ini menjadi salah satu yang ikut ketika 15 koordinator relawan menyatakan dukungan kepada Prabowo di Angkringan Omah Semar. Tedy sendiri yang merupakan Ketua Umum Jari Tangan diajak untuk aktif di acara itu.

“Seperti Bolo Pasar. Organisasi-organisasi itu [yang diklaim mendukung Prabowo] saya tidak begitu mengenal. Saya sebagai salah satu organ yang mendukung Pak Ganjar diajak ikut mengkoordinasi kegiatan siang ini,” terang dia.

Tedy menjelaskan melalui deklarasi bersama diharapkan masyarakat bisa memahami bahwa sikap para relawan itu tidak utuh menjadi satu. Ada sebagian sukarelawan yang mendukung Prabowo, sebagian lain mendukung Ganjar.

“Jadi tidak serta merta semua mendukung ke sana. Tapi ada perpecahan, sebagian mendukung Pak Prabowo, sebagian masih tetap ada yang mendukung Pak Ganjar. Dulu mereka relawan Pak Jokowi, dan Mas Gibran,” papar dia.

Tapi, menurut Tedy, ada juga kelompok relawan pendukung Ganjar yang ikut serta dalam deklarasi bersama. Para relawan mendukung karena Ganjar dinilai sebagai sosok yang mampu melanjutkan kerja Jokowi.

“Teman-teman merasa sosok yang mampu melanjutkan kerja-kerja Pak Jokowi adalah Pak Ganjar. Dan orang yang setipe atau selaras dengan gaya Pak Jokowi yang santun yang lebih lemah lembut itu adalah Pak Ganjar,” urai dia.

Sedangkan Koordinator Aliansi Relawan Ganjar (ARG) Jateng, Andarwati, mengatakan deklarasi bersama pendukungan untuk Ganjar Pranowo di Wedangan Latar Ombo Balekambang Solo merupakan inisiasi dari ARG.

“Kami ditugaskan untuk membuat setiap progam acara di Jateng. Acara ini sebagai pendukungan ke Pak Ganjar. Relawan-relawan di Soloraya menyerahkan bendera relawan kepada PDIP sebagai bentuk pendukungan,” ujar dia.

Hadir dalam acara itu Pengurus DPC PDIP Solo yang juga Fraksi PDIP DPRD Solo, Y.F. Sukasno; Penasihat ARG Jateng, Widi Wicaksono dan kakak kandung dari Ganjar Pranowo, yaitu Prikuntadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya