SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Pemerintah DKI Jakarta menganggarkan Rp 1,198 triliun untuk biaya pembebasan lahan di Jakarta dalam APBD 2010. Sekitar 500.000 warga Jakarta pun terancam penggusuran.

“500 ribu orang terancam digusur,” jelas Direktur LBH Nurkholis Hidayat dalam jumpa pers di LBH Jakarta, Jl Diponegoro, Minggu (18/4).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembebasan lahan ini terkait program Banjir Kanal Timur (BKT), rumah susun, maupun untuk ruang terbuka hijau. Menurut Staf Litbang LBH Jakarta, Edy Halomoan Gurning, Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan seluruh anggarannya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dalam APBD 2010, ada 42 item pembebasan lahan. Biayanya Rp 1,2 triliun,” ujar Edy.

Edy menambahkan, dana terbanyak digunakan untuk pembebasan lahan BKT. Jumlahnya mencapai Rp 371 milyar.

“Lalu ada pembebasan lahan untuk rusun di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, nilainya Rp 74 milyar,” tambah dia.

Selain itu pembebasan lahan untuk koridor MRT, pembebasan tanah di lokasi waduk Pluit, Jakarta Utara, sama-sama menghabiskan dana Rp 60 miliar.

“Lebih dari 50 persen anggaran digunakan untuk membebaskan lahan di Jakarta Timur,” terangnya.

Namun LBH Jakarta mengaku belum mendapatkan data luas tanah yang akan dibebaskan. “Yang kami dapatkan di APBD memang tidak detil. Dalam beberapa item, lokasi pembebasan lahan tidak jelas alamatnya di mana,” pungkas Edy.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya