SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO -- Penyelenggara UMKM Virtual Expo 2021 akan mengumumkan 50 UMKM yang lolos menjadi peserta ajang pelatihan dan pendampingan berbisnis online ini besok atau Rabu (21/4/2021) mulai pukul 08.30 WIB.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo dan Solopos Group, selaku penyelenggara, akan mengumumkan 50 UMKM peserta tersebut sekaligus dalam event Opening Ceremony KENDUREN (Berkembang dan Berinovasi Menjadi UMKM Keren) UMKM 2021, besok.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ratusan UMKM Soloraya yang sudah mendaftar diminta mengikuti acara tersebut dengan terlebih dahulu melakukan registrasi di link berikut http://bit.ly/KendurenUMKM2021.

Baca juga: Ini Harga Tiket Bus Jakarta-Surabaya H-15 Larangan Mudik

Seperti diketahui UMKM Virtual Expo 2021 adalah kegiatan menuju alias Road to KENDUREN UMKM. KENDUREN UMKM rutin digelar BI sebagai bentuk dukungan pengembangan UMKM.

Pada pembukaan kali ini, event tersebut mengusung tema Kemilau Kartini, Kebangkitan Batik Masa Kini untuk Pemulihan Ekonomi. Acara yang digelar sepanjang hari pada Rabu (21/4/2021) tersebut akan dimulai pukul 08.30 WIB.

Sejumlah pejabat bakal hadir untuk bersama-sama mendukung upaya pengembangan UMKM lewat KENDUREN UMKM. Di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Wali Kota Solo, dan Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Sempat Terpuruk, Pengrajin Gitar Desa Ngrombo Sukoharjo Bergairah Lagi

Tema Batik

Selain itu, hadir pula Kepala Perwakilan BI Jawa Tengah, Pribadi Santoso; Kepala KPw BI Solo, Nugroho Joko Prastowo; dan Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia, Yanti Airlangga. Acara juga bakal dimeriahkan penampilan seniman senior Waljinah dan grup Guyon Waton.

“Sehubungan dengan penyelenggaraan kegiatan UMKM Virtual Expo 2021 yang dipersembahkan oleh Solopos dan KPw BI Solo, peserta yang terpilih akan diumumkan pada tanggal 21 April 2021 saat Opening Ceremony KENDUREN UMKM 2021. Jadi para peserta jangan sampai lupa untuk bergabung,” kata Direktur Bisnis Solopos Group, Suwarmin, kepada Solopos.com, Selasa (20/4/2021).

Dalam rilisnya, KPw BI Solo menyampaikan pemilihan tema tentang batik didasarkan pada keistimewaan batik yang merupakan wastra Indonesia. Batik telah diapresiasi oleh dunia internasional dan sangat berkaitan dengan wanita.

Baca juga: Tragedi India, Anomali Penurunan Covid-19 Indonesia

Untuk mendorong pengembangan batik sebagai kekayaan budaya dan produk unggulan daerah serta untuk memaknai peringatan Hari Kartini, KPw BI Solo, Link Aja, Yayasan Batik Indonesia bersama Wanita Wirausaha FEMINA menyelenggarakan webinar Kreativitas Pengembangan Usaha Batik.

Pengembangan batik yang merupakan produk unggulan daerah di sektor ekonomi kreatif sebagai pertumbuhan ekonomi baru, diharapkan dapat mendorong percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta mendukung program pemerintah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Lantaran itu, Opening Ceremony KENDUREN UMKM, selain menghadirkan sejumlah pejabat, juga diramaikan webinar Kreativitas Pengembangan Usaha Batik.

Baca juga: Sukoharjo Akan Punya 12 Gedung Inklusi

Dibuka untuk Umum

Perajin dan pemilik usaha batik bisa hadir secara virtual di acara ini dengan terlebih dahulu melakukan registrasi di link https://bit.ly/kreatifusahabatik. Khusus webinar akan digelar pada Rabu pukul 13.00-14.30 WIB.

Webinar kali ini menghadirkan narasumber Nita Kenzo (Galeri Batik Jawa), Meity Sutandi (Sales & Marketing Director PT Dwipakencana Lestari Prima atau Parang Kencana), dan Verdy Hendra Permadi (Head of Ecosystem Expansion Group Finarya/LinkAja).

Baca juga: Astronaut Bisa Jadi Kanibal di Antariksa karena Faktor Jarak Tempuh

“Acara terbuka untuk umum. Saatnya Anda berkontribusi aktif dalam pengembangan batik yang lebih maju lewat kreativitas dan penggunaan teknologi digital. Hadiri dan sebarkan info ini kepada rekan wirausaha Anda,” jelas rilis tersebut.

Seluruh rangkaian acara ini bisa disimak secara live di akun Youtube Bank Indonesia Kpw Solo dan Instagram @bank_indonesia_solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya