SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

AMMAN—Tentara Suriah menyerbu kota Hama, Minggu (31/7) pagi waktu setempat. Tentara menyerang setelah mengepung kota yang diguncang demonstrasi besar itu selama hampir satu bulan.

Menurut kelompok hak asasi manusia, akibat serangan ini sebanyak 50 tewas di kota Hama, dan bila dijumlah dengan seluruh penjuru Suriah mencapai 71 orang yang tewas.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Sejak pertengahan Maret lalu, Suriah diguncang demonstrasi. Unjuk rasa ini mendesak reformasi demokrasi dan kebebasan politik. Mereka juga menuntut mundur Presiden Bashar al-Assad yang sudah berkuasa 11 tahun.
 
Seorang dokter yang menolak di sebut namanya di kota Hama mengatakan warga yang sipil yang tewas lebih dari 50 orang, mungkin mencapai 100 orang. “Mereka tewas untuk siapa, presiden? aku sudah lelah, pertumpahan darah terus terjadi,” katanya.

Jumlah warga yang tewas belum bisa dipastikan. Kantor berita CNN melaporkan ada 50 warga Hama yang tewas, namun kantor berita BBC menyebutkan ada 45 warga yang tewas.

Adapun kantor berita milik pemerintah Suriah, Syrian Arab News Agency mengatakan tentara mengambil tindakan tegas setelah kelompok bersenjata mulai melepas tembakan. Sedangkan kelompok hak asasi manusia menyatakan tentara menyerang setelah tank-tank masuk ke kota Hama.(Tempointeraktif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya