50 Difabel Netra Karanganyar Dapat Bantuan Barang Senilai Rp2 Juta

Bantuang barang yang diberikan menyesuaikan kebutuhan masing-masing difabel netra. Untuk memastikan kebutuhan tersebut, lebih dulu ada pendataan oleh pemerintah desa.

 Kasi Rehabilitasi Sosial Dinsos Karanganyar, Yulinartatmi (kedua dari kiri) menyaksikan penyerahan bantuan program Atensi disabilitas netra kepada salah satu penerima di Desa Jati, Kecamatan Jaten, Karanganyar (Rabu/3/11/2021). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

SOLOPOS.COM - Kasi Rehabilitasi Sosial Dinsos Karanganyar, Yulinartatmi (kedua dari kiri) menyaksikan penyerahan bantuan program Atensi disabilitas netra kepada salah satu penerima di Desa Jati, Kecamatan Jaten, Karanganyar (Rabu/3/11/2021). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 50 penyandang disabilitas alias difabel netra di Karanganyar mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial. Nilai bantuan dalam program bertajuk Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) itu Rp2 juta yang diwujudkan dalam bentuk barang.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kemensos melalui Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Wyata Guna Bandung kepada penerima di Kantor Dinas Sosial Karanganyar, Senin (1/11/2021). Penyaluran bantuan selanjutnya akan dilakukan Dinsos Karanganyar.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Kasi Rehabilitasi Sosial Dinsos Karanganyar, Yulinartatmi, mengatakan barang bantuan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan penyandang/keluarga disabilitas.

Baca Juga: Karanganyar Bersaing dengan 53 Daerah Untuk Jadi Kabupaten Kreatif

“Bantuannya senilai Rp2 juta dan diserahkan dalam bentuk barang yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” ujarnya di sela-sela penyerahan bantuan kepada salah satu penerima di Desa Jati, Kecamatan Jaten, Rabu (3/11/2021).

Ia menjelaskan sebelum bantuan diserahkan telah dilakukan pendataan penerima beserta kebutuhan-kebutuhan mereka. Pendataan ini dilakukan oleh pemerintah desa. Misalnya, penyandang disabilitas netra yang bekerja sebagai tukang pijat dan membutuhkan peralatan, maka Dinsos akan menyediakannya peralatan tersebut dari dana bantuan.

“Ada yang tukang pijat, ada yang jualan bubur, ada yang buka warung. Masing-masing dibantu barang-barang yang sesuai dengan usaha mereka,” jelas Yuli.

Baca Juga: Kisah Pria Karanganyar Hilangkan Motor Pacar, Ketemu Sudah Jadi Istri

Sementara itu, salah satu keluarga disabilitas penerima bantuan di Desa Jati, Sri Suwarti, mengatakan program Atensi ini sangat bermanfaat pengembangan usahanya. Suwarti memiliki usaha warung kelontong yang ia dirikan sejak Desember 2020.

“Kami bersyukur sekali karena bantuan ini bisa menambah kelengkapan dagangan di warung saya. Semoga dengan dagangan yang makin komplet makin banyak pembeli yang berbelanja,” ujar ibu dari Mustofa, penyandang disabilitas netra, tersebut.

Bantuan yang ia terima ini berupa dagangan mi instan, minyak goreng, dan dagangan sembako lainnya.

Baca Juga: Segera Diangkat Jadi PNS, 244 CPNS Karanganyar Diminta Lakukan Ini

Sementara itu, Mustofa juga mengaku senang karena bantuan ini akan menambah kelengkapan warung kelontong ibunya. Sehingga usaha keluarga ini bisa lebih maju dan kesejahteraannya semakin baik. “Semoga semakin komplet dan dagangannya laris,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

+ PLUS Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

Gaya rambut pendek kini menjadi tren di kalangan wanita di Arab Saudi. Ini setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi, mendorong reformasi sosial yang salah satunya tidak lagi mewajibkan wanita mengenakan jilbab.

Berita Terkini

Tertangkap! Ini Dia Maling Sepeda di Depan Masjid Agung Karanganyar

Polres Karanganyar berhasil membekuk lelaki diduga maling sepeda ontel di kawasan Alun-alun Karanganyar yang aksinya sempat terekam kamera CCTV.

Keluarga Remaja Wonogiri yang Hilang Adukan Guru Silat ke Polisi

Keluarga perempuan asal Kabupaten Wonogiri yang sempat hilang hampir setahun, MD, 17, mengajukan laporan pengaduan (Lapdu) ke polisi.

Parpol Koalisi Indonesia Bersatu Di Solo Adakan Pertemuan, Ada Apa?

Tiga parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Solo mengadakan pertemuan selama dua jam di salah satu hotel di Kota Bengawan.

Serunya CFS Wonogiri, Pengunjung hingga Bakul Tengkleng Semuanya Girang

Car free sunday (CFS) di Kota Wonogiri akhirnya digelar, Minggu (26/6/2022).

Espos Plus: Tujuan Konser, Transformasi Jakarta hingga Jackson Effect

Berita terkait tujuan digelarnya konser musik pada zaman dulu dan sekarang, transformasi Jakarta serta The Jackson Effect di hari kematian sang Raja Pop menjadi sajian menu Espos Plus edisi Minggu (26/6/2022).

Sapi Suspek PMK di Karanganyar Dijual Murah, Begini Komentar DPRD

Sejumlah peternak di Karanganyar, Jawa Tengah rela menjual murah ternak sapi lantaran khawatir mati di kandang gara-gara sakit.

Begini Keseruan Ganjar-Rudy Nonton Denny Caknan di Vastenburg Solo

Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo alias Rudy tampak menikmati keseruan konser Trisakti Bulan Bung Karno yang menghadirkan penyanyi Denny Caknan di Benteng Vastenburg Solo.

Beda dari Lainnya! Bugisan Klaten Bikin Paket Wisata Pengelolaan Sampah

Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan berkeinginan menjadi desa wisata di tengah potensi wilayah yang dikelilingi candi dan kental dengan potensi budaya. Namun, keinginan menjadi desa wisata itu terganjal permasalahan sampah.

Jelang Penutupan Untuk Revitalisasi, TSTJ Solo Malah Tambah Ramai

Jumlah pengunjung TSTJ atau Jurug Solo Zoo justru semakin ramai menjelang penutupan untuk revitalisasi yang direncanakan mulai 1 Juli 2022.

Tahap I, Boyolali Peroleh 1.900 Dosis Vaksin dari Kementan

Kabupaten Boyolali mendapatkan dropping 1.900 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dari Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (24/6/2022) sore.

Misterius! Sungai Mungkung Sragen Tercemar Berat, Pemerintah Cari Tahu

DLH Kabupaten Sragen menyebut tingkat pencemaran di Sungai Mungkung Sragen cukup berat apabila dibandingkan dengan sungai lain di Kabupaten Sragen.

Vaksinasi PMK Boyolali Dimulai Besok, Sapi Perah Jadi Prioritas

Vaksinasi menanggulangi persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Boyolali dimulai, Senin (27/6/2022). Vaksinasi PMK di Boyolali diperkirakan akan diselesaikan dalam dua hari.

Lepas 111 Calhaj Menuju Donohudan, Ini Pesan Wabup Boyolali

Pemkab Boyolali melepas 111 calon jemaah haji (calhaj) di kompleks Kantor Bupati Boyolali, Minggu (26/6/2022) pagi.

Karanganyar Akan Terima 2.000 Dosis Vaksin PMK, Sapi Ini Jadi Prioritas

Kabupaten Karanganyar akan mendapatkan alokasi 2.000 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Cerita Bocah Pemulung Cilik Solo: Cari Rongsokan Sejak Usia 3 Tahun

Bocah pemulung cilik di Solo menceritakan kisahnya ikut mencari rongsokan sejak berusia tiga tahun.