SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MESIR– Sebanyak 50 anak-anak dinyatakan tewas dalam insiden tabrakan antara bus dengan kereta api di Mesir.

Karena kecelakaan ini, Menteri Transportasi Mesir, Mohammed Mansour memutuskan mundur dari kabinet.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Menteri Mohammed Mansour menyatakan mengundurkan diri sebagai bentuk tanggung jawab politik terhadap insiden ini,” ujar juru bicara Kabinet Magdi Radi seperti dilansir Mena News, Sabtu (17/11/2012) waktu setempat.

Untuk sementara waktu, posisi Mansour akan diambil alih oleh Menteri Urusan Listrik Hassan Younis. “Ini merupakan pertama kalinya menteri mengundurkan diri dan presiden menerima permintaan itu, sejak kabinet ini dimulai pada 2004,” lanjut Younis.

Insiden terjadi pada Sabtu waktu setempat, ketika bus yang membawa 60 anak yang hendak berwisata ini dihantam oleh kereta api di Provinsi Assiut yang terletak di pusat Mesir. Saat ini, bus wisata ini terjebak di tengah rel kereta api di wilayah Manfalut, sekitar 356 km sebelah selatan Kairo.

Anak-anak yang menjadi korban berusia antara 4-6 tahun. Mereka berasal dari satu sekolah taman kanak-kanak setempat.

Oleh media setempat, kecelakaan ini digambarkan sebagai peristiwa yang mengerikan. Jasad anak-anak yang menjadi korban tewas sempat tergeletak di sejumlah lokasi sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit terdekat.

Menanggapi insiden ini, Presiden Mesir Mohamed Morsi telah memerintahkan perdana menteri, menteri kesehatan dan menteri pertahanan, serta Gubernur Assiut untuk segera menawarkan bantuan kepada seluruh keluarga korban.

Sedangkan Menteri Transportasi Mesir Rashad al-Meitini langsung mengundurkan diri pasca tragedi ini. Dalam pernyataannya, Rashad mengaku dirinyalah yang bertanggung jawab atas insiden ini.

Sementera itu, Presiden Morsi juga dikabarkan telah menerima pengunduran diri Direktur Otoritas Kereta Api Mesir.

Diketahui bahwa jaringan rel di Mesir tergolong buruk karena kurangnya perawatan dan pengelolaan yang buruk. Sejarah kecelakaan kereta terburuk di Mesir terjadi pada Februari 2002 silam, dimana saat itu 360 penumpang kereta tewas akibat kebakaran yang melanda kereta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya