50.356 Pendaftar Seleksi Mandiri UNS Solo Tak Diterima

 Ilustrasi ujian SBMPTN. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian SBMPTN. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Jumlah pendaftar dalam Seleksi Mandiri (SM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo 2017 sebanyak 51.581 orang.

Solopos.com, SOLO—Pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur SM ditutup Jumat (16/6), pukul 23.50 WIB. Panitia mencatat 51.581 orang yang mendaftar. Jumlah tersebut naik sekitar 25 persen dibanding tahun lalu yang hanya 41.000 orang.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS 2017, Sutarno, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (18/6/6). “Ada kenaikan sekitar 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkap Sutarno yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor (WR) Bidang Akademik UNS tersebut, Minggu.

Sutarno mengakui kenaikan tersebut tidak diduga. Sebelumnya dia memperkirakan jumlah pendaftar jalur SM pada tahun ini menurun. Penyebabnya tahun ini juga ada beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka jalur SM.

“Perkiraan saya dengan makin bertambahnya PTN yang membuka jalur SM maka jumlah pendaftar menurun. Ternyata tidak, malah justru naik,” kata dia. Sutarno memerinci dari 51.581 pendaftar SM UNS itu, sebanyak 31.245 orang mendaftarkan diri untuk bidang IPA atau Saintek, 18.391 mendaftar bidang IPS atau Soshum, dan 1.945 pendaftar Campuran.

Sebelumnya, masa pendaftaran calon mahasiswa baru UNS lewat jalur SM akan ditutup Kamis (15/6/2017). Namun, menjelang penutupan sempat terjadi gangguan akses terkait sistem online sehingga panitia memutuskan memperpanjang pendaftaran hingga Jumat malam. Pada Jumat tersebut tidak ditemukan kendala berarti.

“Pendaftaran hingga Jumat berjalan lancar,” kata dia.

Untuk dapat menjadi pendaftar peserta SM UNS 2017, peserta haruslah menjadi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017. Sutarno mengatakan SM UNS  adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi pengolahan data hasil ujian SBMPTN.

Menurut Sutarno, peserta SM UNS 2017 harus sudah menjadi peserta SBMPTN 2017. “Hasil SM UNS akan diumumkan Kamis [22/6],” ujar dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Kompak Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 26 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Selasa (26/10/2021) kompak naik dari hari sebelumnya, baik untuk cetakan Antam maupun UBS.

Atta Halilintar Absen Nontong Langsung, PSG Pati Malah Menang Telak

PSG Pati berhasil mengandaskan Hizbul Wathan Football Club (HWFC) dengan skor 4-1 dalam lanjutan Liga 2 di Stadion Manahan.

Gempa Bantul Pagi Ini, Hanya Terasa 5 Detik

Gempa magnitudo 3,2 di tenggara Kabupaten Bantul hanya dirasakan selama lima detik.

Gempa Bumi M 3,2 di Tenggara Bantul, Pusat Gempa di Darat

Gempa bumi magnitudo 3,2 terjadi di sebelah tenggara Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa (26/10/2021).

Pamungkas Gelar Konser Musik di Solo, Ini Tanggal dan Harga Tiketnya

Penyanyi Pamungkas yang terkenal dengan lagu To The Bone bakal menggelar konser musik di Solo. Catat tanggal dan harga tiketnya!

Mantap! 1.000 Warga Desa Madu Boyolali Sudah Divaksin Covid-19

Sebanyak 375 warga Desa Madu, Kecamatan Mojosongo, Boyolali mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis kedua jenis Sinovac, Senin (25/10/2021).

Fabio Quartararo, Juara Dunia Baru Moto GP

Pembalap Yamaha Fabio Quartararo mengunci gelar juara dunia Moto GP 2021, Minggu (24/10/2021). Hal itu setelah dia finis keempat dalam balapan di Sirkuit Misano.

Kisah Kampung Matoa Boyolali Bermula dari Mantu

Melihat banyaknya pohon matoa di perkarangan rumah warga Karangduwet, besan dari Klaten menyebut kampung asal pengantin putri sebagai Kampung Matoa.

Doa Sebelum Bekerja Menurut Islam, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa sebelum bekerja menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya supaya diberkahi Allah SWT.

Ultah Terakhir Putri Mako Sebagai Anggota Kekaisaran Jepang

Putri Mako merayakan ulang tahunnya yang ke-30 pada hari Sabtu (23/10), menandai ulang tahun terakhir yang dia miliki sebagai anggota keluarga kekaisaran Jepang.

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

Tes Urine Mendadak, Prajurit TNI Wonogiri Negatif Narkoba

Tes narkoba melalui urine dilaksanakan secara berkala dan pelaksanaannya secara mendadak.

8 Universitas di Indonesia yang Cepat Dapat Kerja

Berikut ini terdapat daftar universitas atau kampus di Indonesia yang lulusan alias alumninya cepat mendapatkan pekerjaan.

Lirik Lagu Rock With You - Seventeen

Berikut ini lirik lagu Rock With You dari Seventeen yang tayang pada Jumat, 22 Oktober 2021 di Youtube dan trending.

Siap-siap! Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (26/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Klaten hari ini, Selasa (26/10/2021) yang berlangsung selama lima jam. Daerah mana saja yang terdampak?