SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian SBMPTN. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Jumlah pendaftar dalam Seleksi Mandiri (SM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo 2017 sebanyak 51.581 orang.

Solopos.com, SOLO—Pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur SM ditutup Jumat (16/6), pukul 23.50 WIB. Panitia mencatat 51.581 orang yang mendaftar. Jumlah tersebut naik sekitar 25 persen dibanding tahun lalu yang hanya 41.000 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Demikian disampaikan Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS 2017, Sutarno, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (18/6/6). “Ada kenaikan sekitar 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkap Sutarno yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor (WR) Bidang Akademik UNS tersebut, Minggu.

Sutarno mengakui kenaikan tersebut tidak diduga. Sebelumnya dia memperkirakan jumlah pendaftar jalur SM pada tahun ini menurun. Penyebabnya tahun ini juga ada beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka jalur SM.

“Perkiraan saya dengan makin bertambahnya PTN yang membuka jalur SM maka jumlah pendaftar menurun. Ternyata tidak, malah justru naik,” kata dia. Sutarno memerinci dari 51.581 pendaftar SM UNS itu, sebanyak 31.245 orang mendaftarkan diri untuk bidang IPA atau Saintek, 18.391 mendaftar bidang IPS atau Soshum, dan 1.945 pendaftar Campuran.

Sebelumnya, masa pendaftaran calon mahasiswa baru UNS lewat jalur SM akan ditutup Kamis (15/6/2017). Namun, menjelang penutupan sempat terjadi gangguan akses terkait sistem online sehingga panitia memutuskan memperpanjang pendaftaran hingga Jumat malam. Pada Jumat tersebut tidak ditemukan kendala berarti.

“Pendaftaran hingga Jumat berjalan lancar,” kata dia.

Untuk dapat menjadi pendaftar peserta SM UNS 2017, peserta haruslah menjadi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017. Sutarno mengatakan SM UNS  adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi pengolahan data hasil ujian SBMPTN.

Menurut Sutarno, peserta SM UNS 2017 harus sudah menjadi peserta SBMPTN 2017. “Hasil SM UNS akan diumumkan Kamis [22/6],” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya