SOLOPOS.COM - Alun-Alun Kidul Jogja. (Visitingjogja.jogjaprov.go.id)

Solopos.com, SOLO – Kota Jogja yang dijuluki sebagai Kota Pelajar, ternyata juga memiliki tempat wisata yang beragam. Jogja bukan hanya menampilkan keindahannya pada siang hari, namun di malam hari pun keindahan objek wisata di Jogja enggak boleh kamu lewatkan.

Dengan keindahan yang sudah dikenal bahkan hingga mancanegara, cukup banyak turis lokal maupun asing yang datang ke Jogja untuk menikmati berbagai wisatanya. Bahkan tak jarang, mereka memutuskan untuk menginap di Jogja selama beberapa hari agar tidak melewatkan wisata alam maupun wisata budaya yang ada di Jogja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut beberapa wisata malam yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Jogja.

  1. Bukit Bintang

wisata malam jogja
Bukit Bintang Jogja. (Pictagram)

Bukit Bintang merupakan wisata malam yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Jogja. Kamu bisa melihat pemandangan dari titik yang cukup tinggi sembari melihat cahaya lampu kota Jogja yang menawan.

Bukan hanya itu, Bukit Bintang juga sering dimanfaatkan sejumlah pasangan sebagai tempat memadu kasih. Selain karena tempatnya yang ciamik, lokasinya yang strategis juga menjadi alasan mengapa tempat ini sering dikunjungi.

Sama dengan The Manohara Hotel di Jl. Affandi No. 35, Gejayan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki lokasi strategis, membuat hotel ini layak untuk dijadikan tempat menginap ketika sedang berkunjung ke Jogja.

Selain sebagai tempat beristirahat, ornamen The Manohara Hotel yang menyerupai Candi Borobudur dan dikemas dalam desain yang modern, menjadikan hotel ini terlihat ikonik dan memanjakan mata.

  1. Malioboro

malioboro wisatawan libur lebaran 2023, wisata malam jogja
Papan nama Jl. Malioboro yang menjadi salah satu lokasi berfoto wisatawan di kawasan Malioboro, Kota Jogja. (Antara/Dok)

Belum lengkap rasanya bila ke Jogja namun tidak berkunjung ke Malioboro. Malioboro yang terletak di pusat kota, menjadikan kawasan ini sangat terkenal dan sering dikunjungi turis lokal maupun asing.

Cahaya lampu yang menyinari jalanan yang membentang dari Tugu Jogja hingga perempatan Kantor Pos Jogja itu menambah keindahan Malioboro dan menciptakan suasana romantis di malam hari.

Hal ini membuat Malioboro cocok dijadikan salah satu rekomendasi wisata malam di Jogja. Ditambah kendaraan yang tidak boleh melintas saat malam hari, membuat kamu lebih bebas untuk menikmati pemandangan kota Jogja.

Setelah lelah berjalan di sepanjang jalan Malioboro, kamu bisa melepas penat sembari menikmati kemewahan The Manohara Hotel. Hotel ini memiliki lima tipe kamar super nyaman yang bisa kamu pilih.

“Kita [The Manohara Hotel] memiliki lima tipe kamar, ada tipe Deluxe Twin, Deluxe Double, Grand Deluxe, Premier Balcony, dan Manohara Suite,” ungkap Public Relation (PR) The Manohara Hotel, Devi, kepada Solopos.com, Kamis (25/5/2023).

Devi menjelaskan fasilitas di The Manohara Hotel sangat lengkap dan nyaman. Kamarnya pun dilengkapi kasur grade A terbaik yang disesuaikan dengan karakter hotel sehingga istirahatmu semakin syahdu.

  1. Taman Pelangi

wisata malam jogja
Taman Pelangi Jogja. (Visitingjogja.jogjaprov.go.id)

Di sini, kamu tidak perlu menunggu hujan untuk melihat pelangi. Tempat ini disebut Taman Pelangi karena dipenuhi berbagai bentuk dan warna lampion yang menyerupai indahnya pelangi. Kamu juga bisa mencoba berbagai wahana yang ada di tempat wisata ini sembari menikmati indahnya malam Jogja yang penuh warna.

Selain itu, kamu juga bisa mampir ke food court yang tersedia untuk mengisi perut laparmu setelah bermain wahana. Namun, bila kamu masih merasa makanan di sana tidak cukup mengganjal perutmu, kamu bisa berkunjung ke Bodhi Restaurant di The Manohara Hotel yang memiliki menu dengan cita bintang lima.

  1. Benteng Vredeburg

tempat wisata bernuansa horor di yogyakarta, wisata malam jogja
Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. (Harian Jogja/Sunartono).

Berada dekat dengan kawasan Titik Nol Kilometer, menjadikannya salah satu tempat wisata yang mudah dijangkau dan layak untuk kamu datangi. Suasana lampu khas Jogja yang bersinar di malam hari, membuatnya pantas dijadikan wisata malam.

Benteng Vredeburg cukup menarik perhatian wisatawan karena ini merupakan sebuah museum yang bisa dijadikan tempat rekreasi, sekaligus tempat untuk menambah ilmu. Di sana kamu bisa mendapatkan informasi terkait budaya, sejarah, hingga nilai-nilai luhur kepejuangan yang dikemas dalam nuansa edutainment, sehingga sangat cocok untuk generasi muda.

Jika membicarakan wisata edukasi, tentu tak akan lepas dengan candi. Namun biasanya candi tidak buka hingga malam hari, sehingga bagi para pelancong harus menyiapkan waktu yang pas untuk berkunjung.

Tapi kalau kamu tetap ingin merasakan atmosfer seperti di candi, kamu enggak perlu khawatir tentang waktu berkunjung. Kamu bisa datang dan menginap di The Manohara Hotel untuk merasakan sensasi seperti berada di candi.

Sebagai bagian dari PT. Taman Wisata Candi yang juga mengelola Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko, The Manohara Hotel bakal membuat kamu bisa merasakan nuansa seperti berada di kompleks candi. Namun, hotel Ini tetap dikemas dengan gaya modern, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada di sana.

  1. Alun-alun Kidul

alun-alun kidul, wisata malam jogja
Pohon beringin kembar di Alun-Alun Kidul Jogja. (visitjogjaprov.go.id)

Jogja memiliki dua alun-alun, salah satunya Alun-alun Kidul yang berlokasi di belakang Keraton Jogja. Alun-alun ini sering dipenuhi masyarakat untuk mencari hiburan atau jajanan murah.

Saat malam hari, salah satu objek wisata andalan di Jogja ini semakin terlihat meriah karena diterangi kelap-kelip lampu odong-odong yang mengelilingi alun-alun. Di sana, kamu bisa bermain berbagai permainan dan mencicipi jajanan, seperti jagung bakar ataupun roti bakar dengan ditemani hangatnya jahe dari wedang ronde.

Saat tubuh mulai merasakan dinginnya malam, kamu juga bisa menghangatkan tubuhmu dengan meminum kopi. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menyereput kopi adalah Mahayana Coffee Shop yang memiliki lokasi yang sama dengan The Manohara Hotel.

wisata malam di jogja hotel manohara
Salah satu kamar di The Manohara Hotel di Jl. Affandi No. 35, Gejayan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Lokasinya yang dekat dengan kampus-kampus di Jogja, membuat kafe ini cocok dijadikan tempat untuk mengerjakan tugas, bersantai, atau sekadar berkumpul dengan teman-teman.



Selain coffee shop, The Manohara Hotel juga memiliki berbagai fasilitas menarik lainnya, seperti restoran, gym, spa, hingga kolam renang dengan panjang 38 meter yang menjadikannya kolam renang terpanjang di Jogja. Selain itu, area rooftop-nya pun tidak kalah menarik.

Hotel ini merupakan hotel bintang empat dan memiliki 119 kamar dengan berbagai tipe yang tentu saja bergaya candi. Mulai dari kamu menginjakkan kaki di lobi hotel, kamu sudah disambut dengan ornamennya yang tidak lepas dari candi.

Hal lainnya yang membuat hotel ini menarik karena selalu memberikan promo spesial setiap bulannya.

“Karena kita [The Manohara Hotel] merupakan bagian dari PT. Taman Wisata Candi, jadi kita juga join di program-program candi,” jelas Devi.

Selain itu, lanjut Devi, The Manohara Hotel juga bisa memberikan additional experience bagi tamu, biasanya mereka meeting, dinner, dan barbeque-an di hotel, namun dengan suasana yang tiada duanya.

“Misal mereka mau dinner di Ramayana sambil melihat tari Ramayana, kita bisa mengakomodasi mereka ke sana,” jelasnya.

Untuk mengetahui berbagai promonya, kamu bisa langsung berkunjung ke laman mereka di Themanoharahotelyogyakarta.com dan mendapatkan semua informasinya.

Selain kelima wisata malam yang wajib kamu datangi saat di Jogja tadi, The Manohara Hotel juga menjadi tempat yang tidak boleh kamu lewatkan untuk menginap saat ke Jogja. Rasakan sensasi meningap yang tiada duanya di The Manohara Hotel dengan beragam kemewahan dan kenyamanannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya