5 Wisata Kuliner Lezat Khas Kota Purwokerto, Yuk Icip!

Wisata kuliner Purwokerto termasuk salah satu tujuan menarik para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Banyumas.

 Mendoan khas Banyumas. (Liputan6.com)

SOLOPOS.COM - Mendoan khas Banyumas. (Liputan6.com)

Solopos.com, BANYUMAS — Sebagai ibu kota dari Kabupaten Banyumas, Kota Purwokerto memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri, salah satunya dalam hal kuliner. Mengutip dari Liputan6.com, kuliner Purwokerto termasuk salah satu tujuan menarik para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Wisata kuliner Purwokerto bahkan memberi identitas tersendiri bagi kota yang terkenal dengan logat Bahasa Jawa ngapak ini.  Kuliner di Purwokerto sendiri punya ragam jenis dan cita rasa, mulai dari makanan ringan hingga berat. Berikut ini 5 wisata kuliner khas Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

PromosiKenaikan TDL Pelanggan 3.000 VA Berpotensi Tambah Beban Industri

Sroto Sokaraja

Menu kuliner ini adalah yang laing banyak dicari, khususnya bagi para pencinta soto. Sroto Sokaraja ini banyak ditemui di sepanjang jalan kota Purwokerto dan daerah lain di Kabupaten Banyumas. Berbeda dengan soto di daerah lain yang menggunakan nasi, Sroto Sokaraja diisi dengan potongan ketupat. Potongan ketupas dicampur dengan irisan daging ayam atau sapi, sohun, tauge, daun bawang dan aneka kerupuk.

Baca Juga: Cilacap Tak Gegabah Uji Coba Pembukaan Objek Wisata

Campuran ini kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi atau ayam yang gurih. Sroto Sokaraja ini begitu istimewa dengan tambahan kacang pada kuahnya yang memberi tekstur kental dan segar.

Sate Bebek Tambak

Selain soto, hidangan yang bisa ditemukan di wisata kuliner Purwokerto adalah sate bebek, Sate ini terbuat dari daging bebek yang lembut, Bebek yang digunakan adalah bebek muda sehingga memiliki daging yang empuk. Sate bebek tambak ini biasanya disuguhkan dengan dua macam bumbu.

Bumbu sate bebek di antaranya adalah bumbu kecap dengan potongan cabe rawit pedas dan bumbu kacang yang kental. Ada puluhan pedagang mulai dari model warung kecil, tenda, hingga restoran yang menjajakan sate bebek ini

Baca Juga: Yanti Kristina, Penjual Serabi di Banyumas Ini Ternyata Sarjana

Mendoan

Meskipun tempe mendoan ini umum ditemukan di berbagai daerah, namun Mendoan khas Kota Purwokerto memiliki keunikan yang sudah paten, yaitu ukurannya yang lebar. Mendoan pada dasarnya adalah olahan tempe yang digoreng dengan dibaluti tepung dan digoreng setengah matang sehingga teksturnya masih terasa lembut. Jenis tempe yang digunakan tidak padat seperti tempe biasa. Tempe yang digunakan adalah lembaran tempe yang tipis dan lebar serta dibungkus dengan daun pisang. Adonan tepungnya tidak menggunakan tepung terigu, melainkan tepung beras.

Kraca

Wisata kuliner khas Purwokerto ini adalah olahan keong sawah yang dimasak dengan bumbu kuah pedas yang terbuat dari cabai, garam, pala, merica, bawang, lada dan rempah lainnya. Bumbu rempah yang kuat ini memberi sensasi pedas dan panas hingga tenggorokan.

Kudapan ini banyak ditemui di sepanjang jalan Purwokerto dan Banyumas. Kraca paling sering ditemui saat bulan Ramadan tiba.

Baca juga: Kuliner Lezat Tersembunyi di Sukoharjo Ternyata Nasi Goreng Pak Basiyo, Rasanya Josss!

Tegean

Merupakan salah satu wisata kuliner Purwokerto yang sekilas mirip dengan sayur bening biasa. Kuliner ini memang sederhana namun sudah tidak asing lagi bagi warga Purwokerto. Tegean ini merupakan sayur bening yang berisi bermacam-macam sayuran, diracik menggunakan bumbu sederhana. Tagenan biasanya berisi bayam, kecambah, katuk, wortel, kedelai hitam dan jagung. Tegean biasanya diberi bumbu bawang merah dan bawang putih, beberada ada yang dicampur dengan daging sapi atau ayam

Sumber: Liputan6.com

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

+ PLUS Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Berita Terkini

Menteri PUPR: Cepat Tutup Tanggul Jebol di Semarang Pakai Karung Pasir!

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memerintahkan agar tanggul yang jebol di Semarang lekas ditutup memakai karung pasir terlebih dahulu.

Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun 4 Truk di Alas Roban Batang

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Jalan Lingkar Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022) siang.

Tabrakan Karambol 4 Truk di Alas Roban, 1 Meninggal

Tabrakan karambol yang melibatkan empat truk terjadi di Alas Roban, Kabupaten Batang, Jateng, Kamis (26/5/2022).

BKSDA Jateng Sebut Jejak Satwa Liar di Banjarnegara Bukan Tapak Harimau

Warga di Desa Penawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menemukan jejak satwa liar di area persawahan dan kebun sekitar hutan Jlegong desa setempat.

Cegah Air Masuk, Pembangunan Tanggul Darurat di Tanjung Emas Dikebut

Pembangunan tanggul laut darurat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dikebut.

Ngeri! Begini Kronologi Penganiayaan Hingga Korban Tewas di Jepara

Begini kronolohi kejadian sekelompok warga menganiaya tiga pemuda hingga akhirnya satu korban meninggal dunia.

Banjir Rob, 4 Kapal Batal Bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Empat kapal gagal bongkar muat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, karena banjir rob yang menggenangi kawasan itu.

2 Pelaku Penganiayaan Hingga Korban Tewas di Jepara Dibekuk di Bekasi

Aparat Polres Jepara berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia di Desa Bandanpete, Kecamatan Nalumsari.

Demak, Konon Kota Pelabuhan Terkaya di Jalur Sutra Pesisir Jawa

Selain Semarang, Demak menjadi salah satu daerah pesisir Jawa yang terendam banjir rob sejak awal pekan ini, dimana daerah yang dahulunya kota pelabuhan terkaya di jalur sutra tersebut konon sangat terkenal karena menjadi simpul penting dalam lalu lintas perdagangan di jalur rempah. 

Pembagian Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Kota Semarang, Cek Yuk!

Berikut ini terdapat daftar pembagian wilaya zonasi SMA negeri di Kota Semarang dalam PPDB 2022 berdasarkan SK dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.

Ada Bengkel Gratis, Warga Terdampak Rob Semarang Hemat Ratusan Ribu

Posko bengkel service gratis yang berlokasi di sebelah Kelurahan Tanjung Emas, membuat warga tak perlu merogok kocek dalam untuk reparasi kerusakan motor akibat banjir rob.

Raih Medali di SEA Games, 2 Mahasiwa Udinus Dapat Uang Pembinaan

Dua mahasiswa Udinus Semarang, Dinda Putri Lestari, dan Reinaldy Atmanegara, sukses meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games 2021 di Vietnam.

3.600 Karung Pasir Disiapkan untuk Tutup Tanggul Jebol di Semarang

Sebanyak 3.600 karung pasir disiapkan untuk menutup lubang tanggul PT Lamicitra Nusantara, Semarang, yang jebol.

Cek Penanganan Banjir Rob di Semarang, Menteri PUPR Instruksikan Ini

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, meninjau langsung penanganan banjir rob di Kota Semarang yang terjadi sejak Senin (23/5/2022).

Salah Sasaran! Incar Babi Hutan, Pemburu di Banjarnegara Tembak Petani

Seorang pemburu babi hutan di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), ditangkap polisi setelah salah sasaran atau salah tembak petani pencari rumput.

BRI Buka Suara Soal Kasus Bansos Ditilap ASN di Kecamatan Ngaringan

BRI Cabang Purwodadi, akhirnya buka suara menggenai kasus dana bantuan sosial atau bansos yang diduga ditilap ASN di Kecamatan Ngaringan.