5 Wisata Alam Banyumas yang Memukau

Terletak di kaki salah satu gunung tertinggi  di Jawa Tengah, Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas dikenal dengan sebutan kawasan seribu curug dan destinasi wisata yang berpotensi tinggi.

 Curug Jenggala (Instagram/@fennyliaa)

SOLOPOS.COM - Curug Jenggala (Instagram/@fennyliaa)

Solopos.com, BANYUMAS — Terletak di kaki salah satu gunung tertinggi  di Jawa Tengah, Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas dikenal dengan sebutan kawasan seribu curug dan destinasi wisata yang berpotensi tinggi. Pesona alam dan keindahan destinasi wisata di Banyumas menjadi daya tarik tersendiri dan sayang jika dilewatkan.

Berikut ini 5 destinasi wisata yang ada di Kabupaten Banyumas

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Telaga Kumpe

Wisatawan bisa menikmati kendahan Telaga Kumpe sembali menghirup kesejukan udaranya, Lokasi wisata ini sangat cocok untuk melepas penat dan sejenak menyingkir dari segala kesibukan. Seperti yang telah diberitakan oleh Solopos.com sebelumnya, Telaga Kumpe ini berlokasi di ujung utara Kecamatan Cilongo, tepatnya berada di Desa Gununglurah. Telaga Kumpe ini memiliki keasrian alam yang dikelilingi dengan perbukitan hijau serta suasana alam khas pedesaaan yang terasa kuat

Baca Juga:Asyik! Ada Bus Pariwisata Gratis di Purwokerto

Selain memiliki pesona keindahan alam, Telaga Kumpe ini  juga memiliki aura kemistisan karena wilayah tersebut dikelilingi oleh sejumlah petilasan, seperti Bukit Krangenana  yang merupakan tempat  petilasan Mbah Sapu Jagad bernama petilasan Tabat Waru yang diyakini sebagai penjaga telaga. Kemudian ada petilasan Telaga Nangka, Rantansasi dan Watu Rajut yang merupakan makam kiai yang tidak diketahui namanya.

Hutan Pinus Limpakuwus

Merupakan wisata alam yang berada di lereng selatan Gunung Slamet dan berada di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain udaranya yang sejuk, deretan pinus yang tinggi membuat pemandangannya cocok untuk diabadikan dalam telpon pintar.

Mengutip dari Okezone.com, hutan pinus ini juga terdapat wahana permainan, seperti taman bermain, camping ground, dan spot-spot yang Instagramable. Di hutan pinus ini ada jembatan gantung yang membentang di antara pohon dan kiri kanannya dibatasi jaring, sehingga aman dinaiki wisatawan. Menaiki jembatan ini sambil menikmati hutan sangat mengasyikkan. Ini juga salah satu spot terbaik untuk swafoto.

Objek wisata ini buka dari pukul 08.00 hingga 15.30 WIB dengan protokol kesehatan. Tiket masuknya Rp10.000 per orang.

Baca Juga:Yanti Kristina, Penjual Serabi di Banyumas Ini Ternyata Sarjana

Bukit Watu Meja

Jika berada di ketinggian Bukit Watu Meja, pengunjung bisa menyaksikan panorama alam yang sangat indah dan menyejukan, pemandangan alam perbukitan yang asri dengan pemandangan Gunung Slamet dan Sungai Serau membuat tempat ini menjadi spot terbaik untuk dijadikan tempat berswafoto dan kegiatan fotografi lainnya.

Curug Bayan

Berada di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden. Curug Bayan ini sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar 2 km dari pusat wisata Baturraden. Biaya masuknya juga terjangkau, hanya Rp7.000 per orang dan Curug Bayan sendiri tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 7 meter. Saat musim kemarau tiba, debit air akan semakin berkurang namun berbalik saat musim hujan, debit airnya akan meluap.

Namun justru saat debit air berkurang menjadi waktu yang tepat bagi pengunjung untuk bermain air di Curug Bayan karena arusnya tidak terlalu deras, bahkan bisa digunakan untuk berenang. Pihak pengelola juga membuat kolam buatan yang disesuaikan dengan kemampuan berenang  pengunjung.

Baca Juga: Pemkab Banyumas Uji Coba Pembukaan Objek Wisata

Curug Jenggala

Seperti yang suidah diberitakan Solopos.com, Curug Jenggala ini masuk dalam area hutan wilayah Banyumas Timur. Untuk measuki area ini pengunjung hanya membayar biaya karcis sebesar Rp5.000. Tepat di depan curug, ada spot foto yang menarik berupa gardu pandang yang berbentuk hati, lambang sebuah cinta.

Sumber: Solopos.com, Okezone.com

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      PHK Besar-Besaran Indosat dan Senjakala Layanan Telepon & SMS

      PHK Besar-Besaran Indosat dan Senjakala Layanan Telepon & SMS

      Disrupsi teknologi mengancam keberlangsungan operator telekomunikasi. Kini, semakin jarang orang yang memanfaatkan layanan telepon dan SMS akibat gempuran instant messenging seperti WhatsApp yang menawarkan layanan lebih praktis dan hemat tentunya.

      Berita Terkini

      Mobil Tabrak Pohon di Depan Kodam Diponegoro, 1 Nyawa Melayang

      Kecelakaan tunggal mobil tabrak pohon terjadi di depan Markas Kodam IV Diponegoro dan menyebabkan satu orang meninggal dunia.

      Pendukung Anies Baswedan Capres 2024 Gelar Deklarasi di Semarang

      Sukarelawan pendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 menggelar deklarasi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

      Alpokat Kalibening, Varietas Ambarawa yang Pernah Dipamerkan di Istana Negara

      Alpokat Kalibening atau Alpokat Pangeran yang pernah dipamerkan di Istana Negara meramaikan Gelar Buah Nusantara 2022 di Gunungpati, Kota Semarang.

      Kecelakaan Maut di Tol Semarang-Solo, Polisi: Sopir Alami Microsleep

      Kapolres Semarang, AKB Yovan Fatika, menyebut sopir minibus mengalami microsleep hingga menyebabkan kecelakaan maut di Tol Semarang-Solo, Sabtu (24/9/2022).

      Diduga Tenggelam, Nelayan Cilacap Tiba-Tiba Hilang saat Cari Benur

      Seorang nelayan di Cilacap diduga tenggelam di perairan laut wilayah Karangkandri saat mencari benur.

      Kronologi Truk Bermuatan Kelapa Seruduk Sepeda Motor di JLS Salatiga

      Berikut kronologi kecelakaan maut truk bermuatan kelapa yang menerjang sepeda motor di JLS Salatiga, Sabtu (24/9/2022).

      Semarang & Kendal Diguyur Hujan Es, BMKG: Dipicu Awan Kumulonimbus

      Berikut penjelasan BMKG terkait fenomena hujan es yang melanda wilayah Kendal dan Kota Semarang pada Jumat (23/9/2022) malam.

      Minibus Tabrak Truk di Tol Semarang-Solo, Ini Daftar Korban Meninggal

      Kecelakaan maut melibatkan minibus Elf dengan truk di Tol Semarang-Solo menyebabkan lima orang meninggal dunia.

      Truk Muatan Kelapa Seruduk Sepeda Motor di Salatiga, Tiga Orang Meninggal

      Kecelakaan terjadi di jalan lingkar Salatiga (JLS) saat sebuah truk berpelat nomor K-8639-Y bermuatan kelapa diduga mengalami gagal fungsi rem saat turun dari arah Magelang.

      Kronologi Kecelakaan Maut di Tol Semarang - Solo, 5 Nyawa Melayang

      Kecelakaan maut terjadi di Tol Semarang - Solo antara minibus Elf yang menyundul truk pengangkut kayu. 5 orang meninggal dunia karena kecelakaan tersebut.

      Kecelakaan Maut di Tol Semarang - Solo: Minibus Sundul Truk, 5 Meninggal

      Kecelakaan maut terjadi di Tol Semarang - Solo antara minibus Elf yang menyundul truk pengangkut kayu. 5 orang meninggal dunia karena kecelakaan tersebut.

      Cerita Penjual Akik di Pasar Dargo Semarang, Bertahan Meski Tak Semanis Dulu

      Penjual batu akik di Pasar Dargo, Kota Semarang, tetap bertahan meski minat pembeli mulai menurun drastis.

      Semarang & Kendal Diguyur Hujan Es, Warga: Saya Kira Ada yang Lempar

      Sebagian warga Kota Semarang dan Kabupaten Kendal dikejutkan dengan turunnya hujan es pada Jumat (23/9/2022) malam.

      Perawatan Wajah di Semarang Kian Diminati, Immoderma Buka Cabang Baru

      Klinik kecantikan Immoderma Skin Clinic memperluas jaringan pasarnya di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

      Dinkes: Penderita Alzheimer di Kota Solo Tertinggi se-Jateng

      Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng menyatakan jumlah penderita penyakit alzheimer di Kota Solo menjadi yang tertinggi se-Jateng.