5 Universitas Negeri dengan Kampus Terluas, 4 Ada di Sumatra
Universitas Andalas Padang salah satu universitas negeri dengan kampus terluas (Unand)

Solopos.com, SOLO — Ratusan perguruan tinggi negeri (PTN) mulai universitas, institut, sampai politeknik berdiri di berbagai daerah. Beberapa univeritas negeri di Indonesia disebut memiliki kampus terluas.

Bahkan ada yang luas kampusnya lebih besar dari beberapa negara di dunia. Kampus luas tentu bisa membuat nyaman mahasiswa. Tentu harus didukung berbagai sarana seperti jalan sampai dengan angkutan atau bus mahasiswa.

Bisa dibayangkan bila kampus universitas negeri sangat luas tidak ada angkutan, tentu akan merepotkan. Berikut 5 universitas negeri di Indonesia yang memiliki kampus terluas sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, beberapa waktu lalu.

5. Universitas Indonesia

UI
Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia disebut memiliki kampus seluas 320 hektare. Kampus UI ada di Salemba, Jakarta dan di Depok, Jawa Barat. Di kampus Depok , tidak semua lahannya digunakan sebagai bangunan kampus.

Sebanyak 75 persen lahan Universitas Indonesia digunakan sebagi hutan kota dan delapan buah danau alam. Sisanya 25 persen dari luasnya dimanfaatkan untuk bangunan universitas negeri ini.

33 Hari Karantina, 1 OTG Positif Covid-19 Dari Klaster Gowa di Sragen Akhirnya Sembuh 

Sejarah panjang dicatat kampus ini karena cikal bakalanya ada sejak zaman kolonial Belanda. Di laman UI disebutkan program Studi yang terdapat di UI saat ini berjumlah 291 program studi.

Mahasiswa yang kuliah di kampus universitas negeri ini sebanyak 47.166 orang dan 309 orang mahasiswa asing yang mengikuti program bergelar maupun nongelar.

4. Universitas Sumatera Utara

kampus terluas
Universitas Sumatra Utara (USU)

Kampus yang lebih akrab disebut USU ini berada di urutan keempat sebagai univeritas negeri dengan kampus terluas. USU memiliki kampus seluas lebih dari 300 hektare di Kwala Bekala sekitar 15 km dari kampus Padang Bulan. Luas kampus Kwala Bekala ini tiga kali dari kampus Padang Bulan.

Kampus Kwala Bekala dikembangkan sebagai kampus yang humanis (nyaman, aman dan menyenangkan, berskala pejalan kaki), hemat energi, sehat dan ramah lingkungan.

Dengan kampus yang cukup luas, USU menyediakan bus yang diberi nama Linus di Kampus Padang Bulan. Ada 8 bus dengan 16 halte pemberhentian bus yang disebut Zona Lintas USU. Bus ini selalu beroperasi setiap hari, tetapi dalam waktu yang berbeda-beda.

Unik, Ini Penampakan Batik Motif Corona Bikinan Pengrajin Kulonprogo Jogja

Kampus ini setidaknya punya 16 fakultas di antaranya FISIP, Hukum, Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kehutanan, Keperawatan, dan MIPA. Jumlah mahasiswa di kampus ini pada 2018 mencapai 38.699 mahasiswa dan 9.318 mahasiswa baru.

Mereka menempuh studi di 157 program studi. Pada 2018, ada 8.599 mahasiswa yang lulus dari USU. Kampus ini memiliki dosen yang mencapai 1.604 orang.

3. Universitas Andalas

kampus terluas
Universitas Andalas (Unand)

Universitas kebanggaan warga Sumatra Barat ini menjadi kampus terluas ketiga di Indonesia. Kampus ini memiliki luas sekitar 500 hektare. Sejarah Universitas Andalas dimulai pada 1948 ketika ada beberapa kampus di Sumatra Barat. Seiring berjalannya waktu perguruan tinggi di Sumatra Barat itu digabungkan menjadi Universitas Andalas.

Kampus Universitas Andalas tersebar di berbagai daerah. Upaya menggabungkan kampus dilakukan sejak 1960-an. Lantas pada 1986 mulailah dibangun kampus di wilayah perbukitan Limau Manis, Kecamatan Pauh, sekitar 15 km dari Padang, ibu kota Sumatra Barat.

Kampus Universitas Andalas ini mencakup area seluas 500 hektar. Kampus ini menghadap ke Kota Padang dengan pemandangan Samudera Hindia yang biru membentang di sebelah barat.

Heboh Diskusi Bertema Pemberhentian Presiden yang Dimoderatori Mahasiswa UGM, Makar?

Pada bagian timur berjajar Bukit Barisan. Di sisi utara dan selatannya terdapat lembah yang masing-masingnya dialiri oleh anak sungai.

Di laman Universitas Andalas disebutkan bangunan di Kampus Unand Limau Manis ini memiliki arsitektur yang unik: kombinasi dari model atap tradisional Minangkabau (tanduk kerbau).

Selain di Limau Manis, Unad juga punya kampus II di Payakumbuh sekitar 120 km dari Padang dan kampus III di Dharmasraya, sekitar 200 km dari Padang.

Pada 2018, Unad memiliki 31.337 mahasiswa aktif yang menempuh pendidikan di 122 program studi. Mahasiswa baru pada 2018 tercatat 7.380 orang dan lulusan 6.616 orang.

2. Universitas Riau

kampus terluas
Universitas Riau (Unri)

Universitas Riau atau sering disebut Unri berada di urutan kedua universitas negeri dengan kampus terluas. Luas kampus Unri mencapai 700 hektare. Kampus Unri berada di Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru Pekanbaru.

Kampus ini memiliki beberapa fakultas misalnya MIPA, FISIP, Teknik, Kedokteran, Pertanian, Ekonomi & Bisnis. Menariknya, Unri juga punya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Pohon Berumur Ratusan Tahun di Pasar Bunder Sragen Ditebang, Hii… Ada Kerumunan Lebah

Dikutip dari laman Unri, kampus ini bermula dari munculnya Yayasan Universitas Riau pada 1962. Pada awalnya hanya ada 2 fakultas di Unri dan dari waktu ke waktu jumlah fakultas terus bertambah.

Tercatat pada 2018 lalu kampus terbesar kedua di Indonesia ini menjadi tempat studi untuk 35.979 mahasiswa di 95 program studi. Pada 2018 ada 6.970 mahasiswa baru dan 7.544 lulusan. Dosen yang mengajar di Unri mencapai 1.222 orang.

1. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya
Universitas Sriwijaya (Unsri)

Universitas negeri yang berada di Sumatra Selatan ini punya kampus terluas di Indonesia. Awalnya, univeritas negeri ini punya kampus di kawasan Bukit Besar, Palembang.

Lantas pada 1982 dilakukan pengembangan dengan membebaskan lahan seluas 712 hektare, di Indealaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (sekarang Ogan Ilir).

Dikutip dari laman Univeritas Sriwijaya disebutkan pembangunan kampus baru Universitas Sriwijaya dilakukan pada 1989 dan berakhir pada tanggal 31 Desember 1993. Kampus di Indealaya yang menjadi kampus terbesar itu mulai digunakan untuk kegiatan akademik pada 1995.

Siswi SD di Madura Viral, Curhat Orang Tua Berutang Demi Belajar Online

Dengan luas kampus mencapai 712 hektare, Universitas Sriwijaya disebut-sebut menjadi kampus terluas di Asia Tenggara. Bahkan, luas kampus itu lebih besar dari beberapa negara di dunia seperti Vatikan yang hanya 44 hektare atau Monako dengan luas 202 hektare.

Berdasarkan data 2018, Universitas Sriwijaya memiliki 110 program studi. Kampus ini pada 2018 menerima 7.934 mahasiswa baru. Tercatat ada 25.853 mahasiswa aktif di Universitas Sriwijaya dengan lulusan sebanyak 6.280 orang pada 2018.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho