5 Tradisi Perayaan Iduladha di Indonesia

Hari Raya Iduladha atau yang biasa disebut Hari Raya Kurban akan dilangsungkan di Indonesia, Minggu (11/8/2019). Tak hanya penyembelihan hewan kurban saja, sebagian masyarakat Indonesia di berbagai daerah juga merayakannya dengan tradisi.

5 Tradisi Perayaan Iduladha di Indonesia

SOLOPOS.COM - Gerebeg Gunungan di Masjid Kauman, Yogyakarta [Instagram-tsabbitnurfadli].jpeg

Solopos.com, SOLO – Hari Raya Iduladha atau yang biasa disebut Hari Raya Kurban akan dilangsungkan di Indonesia, Minggu (11/8/2019). Tak hanya penyembelihan hewan kurban saja, sebagian masyarakat Indonesia di berbagai daerah juga merayakannya dengan tradisi.

Berikut tradisi-tradisi di daerah, sebagaimana yang telah dihimpun Solopos.com, Sabtu (10/8/2019) melalui berbagai sumber.

1. Grebeg Gunungan, Yogyakarta
Grebeg gunungan merupakan upacara yang diadakan oleh masyarakat Keraton Yogyakarta untuk memeringati berbagai acara besar seperti Hari Raya Idulfitri, kelahiran Nabi Muhammad atau biasa disebut Maulid Nabi, dan beberapa hari besar seperti Iduladha.

Dalam acara ini sebagaiman dilansir Suara.com, tiga buah gunungan yang terdiri dari hasil Bumi akan diarak dengan rute halaman Keraton dan berakhir di Masjid Gedhe Kauman. Setelah masyarakat diperbolehkan mengambil gunungan yang berisi hasil Bumi.

2. Mantenan Sapi, Pasuruan
Untuk memeringati Hari Raya Iduladha, warga Pasuruan mempunyai cara yang unik yang disebut Mantenan Sapi. Dalam tradisi ini, sapi-sapi yang akan disembelih akan diperlakukan seperti pengantin.

Sapi-sapi tersebut dibersihkan sampai bersih, setelah itu dirias dengan bunga-bunga. Tak hanya itu, sapi-sapi tersebut akan dikenakan kain putih di tubuhnya dan diarak mengelilingi kampung hingga berakhir di masjid.

Dilansir melalui Detik.com, Sabtu (10/8/2019), tradisi ini sudah berlangsung selama puluhan tahun, namun beberapa waktu lalu sempat dihentikan dan dimulai kembali sejak 2013 lalu.

3. Kaul dan Abda’u, Maluku Tengah
Tradisi yang berada di Maluku Tengah ini kabarnya sudah berlangsung selama ratusan tahun lalu, yakni setelah terbentuknya pemerintahan otonom yang bersyariat Islam sekitar 1600 Masehi. Menurut warga Maluku Tengah yang merayakan tradisi ini, ritual Kaul merupakan ritual sakral yang terinspirasi dari Nabi Ibrahim dan anaknya, Ismail.

Rangkaian acaranya terdiri dari menggendong kambing dengan kain adat dan agama, kemudian diajak berkeliling dengan diiringi zikir dan selawat, dan berakhir di masjid.

4. Mepe Kasur, Banyuwangi
Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Desa Kamiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi saat peringatan 1 Zulhijah atau tepat 10 hari sebelum hari raya Iduladha.

Hal itu dilakukan dengan menjemur kasur secara bersamaan di sepanjang rumah warga setempat untuk dijadikan ritual agar dijauhkan dari bencana dan penyakit dan bagi pasangan suami istri dipercaya akan memberikan kelanggengan.

5. Toron, Madura
Tradisi Toron diperingati oleh warga Madura sebagai perayaan di hari raya Iduladha. Di hari tersebut, warga Madura berbondong-bondong untuk melakukan mudik, bersilaturahmi, dan berkumpul bersama keluarga.

Berita Terkait

Berita Terkini

FKSPN Karanganyar Kembali Mediasi Pekerja dengan Perusahaan

Dari dua permasalahan yang diadukan sejak 2020 tersebut, muncul kesepakatan bersama terkait nominal pesangon yang diterima pengadu.

Mengecat Pesawat Terbang Tak Semudah Mengecat Gapura Buat Tujuhbelasan

Pengecatan adalah bagian dari proses perawatan karena selama beroperasi, pesawat akan terpapar suhu ekstrem, sangat dingin atau sangat panas.

Jadi Tersangka Aksi Bikini, Dinar Candy Dikenai Wajib Lapor

Dinar Candy terancam hukuman 10 tahun penjara.

Viral Polisi Bantu Pedagang Tua Jualan Koran di Gemblegan Solo, Netizen Terenyuh

Aksi polisi yang membantu pedagang berjualan koran di Solo terekam video viral di media sosial dan menuai pujian netizen.

Warga Terpapar Covid-19 di Wonogiri Ditempatkan di Isolasi Terpusat

Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri sudah membuat satu tempat isolasi terpusat, yakni di Gedung PGRI Kecamatan Wonogiri.

Baliho AHY Disoal, Demokrat Sebut Dulu untuk Melawan Moeldoko

Baliho dipasang sejak lama bukan untuk kepentingan Pilpres melainkan digunakan melawan KSP Moeldoko yang sempat melakukan kudeta.

Update Covid-19 Indonesia: Hari Ini Tambah 35.764, Pasien Sembuh 39.726

Dengan tambahan 35.764 kasus, jumlah total kasus Covid-19 yang ditemukan di Indonesia sejak Maret 2020 hingga hari ini menjadi 3.568.331 kasus.

Eks Menkes Sarankan Presiden Jokowi Divaksinasi Nusantara

Vaksin Nusantara dinilai sudah membuktikan keampuhannya sampai tahap uji klinis fase 2 dan akan segera masuk fase 3.

Belum Beroperasi, RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Tunggu Alat-alat Kesehatan

Proses penataan Gedung Madinah Asrama Haji Donohudan (AHD) menjadi RS darurat Covid-19 (RSDC) masih berlangsung.

Akhir Agustus, Vaksinasi Covid-19 di Boyolali Ditarget 70%

Percepatan vaksinasi tersebut ditujukan untuk mengimbangi Kota Solo yang realisasi vaksinasinya sudah mencapai 60%-70%.

Gubernur Ganjar Jamin Stok Vaksin Jateng Ditambah Setiap Pekan

Penambahan stok vaksin setiap pekannya dilakukan menyusul tingginya antusiasme warga Jateng dalam mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

FOTO : Hujan Deras, Sejumlah Kendaraan Mogok di Depok

Genangan air akibatkan kendaraan mogok di Jl. Margonda Raya, Depok, Jabar