SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ramadan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Mendekati Ramadan, siapa di antara kalian yang sudah mulai menyusun rencana untuk Lebaran? Mempersiapkan perayaan hari raya Lebaran jauh-jauh hari memang jadi salah satu tips andalan untuk memastikan semua kebutuhan Lebaran bisa terpenuhi dan tentunya menghindari membengkaknya biaya karena hal-hal yang terjadi di luar rencana.

Namun, apa saja yang perlu kamu perhatikan saat menyusun rencana menyambut Ramadan, khususnya Lebaran? Simak tips-tips menyusun rencana Lebaran berikut!

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Atur Keuangan

Faktor keuangan bisa jadi faktor paling penting dalam menjalankan ibadah saat Ramadan serta merayakan hari Lebaran. Untuk itu, sudah sewajarnya jika merencanakan keuangan harus jadi hal pertama yang kamu lakukan sebelum mengatur hal-hal lainnya.

Dalam mengatur keuangan untuk menyambut Ramadan dan Lebaran, ada tiga hal yang harus kamu perhatikan, yakni membuat semua daftar kebutuhan dan pengeluran, kemudian menyusun semua pengeluaran tersebut sesuai dengan skala prioritas, dan terakhir menyesuaikannya dengan anggaran yang kamu miliki.

Ekspedisi Mudik 2024

1. Membuat Daftar Pengeluaran

Dengan menyusun secara detail dan lengkap semua kebutuhan pengeluaranmu, kamu jadi mengetahui seberapa besar anggaran yang harus kamu miliki agar rencana Lebaranmu bisa berjalan sesuai keinginanmu. Buatlah anggaran selengkap mungkin mulai dari kebutuhan konsumsi pada Ramadan hingga Lebaran, anggaran mudik, dana untuk zakat, membeli baju baru dan sebagainya.

2. Menyusun Pengeluaran Berdasarkan Prioritas

Namun, tentunya tak semua hal dalam daftar tersebut bersifat wajib, bukan? Maka dari itu, perlu lebih bijak dengan menyusunnya berdasarkan prioritas. Mulai dari mana kebutuhan yang harus ada dan harus dipenuhi, hingga kebutuhan yang mungkin bisa diganti atau digabung guna menghemat pengeluaran Lebaran, atau bila perlu menghapusnya dalam daftar kebutuhan jika kebutuhan itu bisa ditunda untuk Lebaran atau waktu-waktu selanjutnya.

3. Menyesuaikan Kebutuhan Sesuai Anggaran

Setelah memiliki daftar pengeluaran berdasarkan prioritasnya, kini kamu bisa menyesuaikannya dengan dana yang kamu miliki. Jika jumlah kebutuhan tersebut sesuai dengan jumlah dana, artinya rencana keuanganmu sudah pas. Namun, jika tidak kamu bisa menghapus beberapa kebutuhan yang tidak terlalu prioritas atau mencoba mencari tamabahan dana agar semua kebutuhan Lebaran tersebut bisa terpenuhi. Jangan lupa, sisihkan sebagian dana yang kamu miliki untuk zakat dan juga tabungan darurat, ya!

Mudik Atau di Rumah Saja?

Mudik merupakan salah satu tradisi yang tak lepas dari perayaan Lebaran di Indonesia. Namun, tak semua orang melakukan mudik setiap tahunnya. Apakah kamu memutuskan untuk mudik atau tidak di Lebaran tahun ini?

4. Persiapkan Mudik Jauh-Jauh Hari

Jika kamu memang memutuskan untuk mudik, pastikan kamu sudah mempersiapkan semua kebutuhan mudikmu jauh-jauh hari mulai dari transportasi hingga akomodasi bila diperlukan. Bila perlu, selalu pantau promo Ramadan yang kerap meramaikan perayaan Lebaran, termasuk di aplikasi Traveloka.

Dengan memesan jauh-jauh hari dan menggunakan harga promo, kamu bisa menekan biaya dan membuat perayaan Lebaran jadi lebih hemat. Khawatir rencana mudik berubah sewaktu-waktu? Tak perlu khawatir karena dengan fitur Easy Reschedule kamu bisa mengubah jadwal semua kebutuhan travelling yang kamu pesan di Traveloka untuk digunakan pada waktu lainnya!

5. Lebaran Dalam Kota

Jika kamu memutuskan untuk Lebaran di rumah saja, kamu juga perlu mempersiapkan perayaan Lebaran di rumah, lho. Kamu bisa buat suasana Lebaran di rumah tetap terasa fitri dengan merapihkan dan mendekorasi rumah. Persiapkan juga konsumsi makanan-makanan khas Lebaran untuk buat suasana Lebaran semakin terasa di rumahmu.

Tak punya waktu untuk mempersiapkan itu semua, tak ada salahnya coba staycation di hotel dalam kota. Kamu bisa cari hotel yang menyediakan paket-paket Lebaran dan buat hari Lebaran bersama keluarga tetap seru jadi lebih mudah!

Yuk, mulai susun rencana sambut hari Lebaranmu sekarang juga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya