SOLOPOS.COM - Ilustrasi interaksi ibu dan anak (freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Mengajari anak supaya disiplin tidak bisa dilakukan secara instan. Tak jarang para orang tua menemukan momen merasa cukup kebingungan untuk mencari cara yang benar untuk membuat buah hati mereka menjadi disiplin.

Pada dasarnya, tidak ada anak yang buruk, yang ada adalah kebiasaan yang buruk. Oleh sebab itu, orang tua perlu menyadari bahwa anak-anak akan meneladani apa yang ayah dan ibu mereka contohkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan pernah melakukan kekerasan dalam mendidik anak supaya disiplin karena hal itu bisa memicu kebencian dan trauma dalam diri anak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: Tegang hingga Nangis Saat Disuntik Warnai Vaksinasi Anak SD di Boyolali

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menanamkan sikap disiplin pada anak kita? Dilansir dari Unicef, baru-baru ini, profesor sosial anak dan keluarga dari Universitas Oxford, Lucie Cluver, memberi saran-saran sebagai berikut:

1. Waktu 1-on-1

Anda dapat memberikan waktu 20 menit sehari, atau bahkan 5 menit untuk fokus kepada anak Anda. Dalam kurun waktu itu, Anda dapat berkomunikasi sambil menggabungkannya dengan aktivitas lain. Tapi ingat, harus fokus kepada anak Anda. Cara ini baik untuk membangun hubungan dengan anak Anda dan menyampaikan nasihat-nasihat yang baik kepadanya.

2. Berikan Pujian Positif

Terkadang orang tua terlalu fokus pada perilaku buruk anak-anak dan melontarkan perkataan yang cenderung negatif. Padahal mungkin saja, tindakan buruk tersebut dilakukan oleh anak-anak untuk mendapatkan perhatian Anda. Oleh sebab itu, fokuslah pada perbuatan baik yang dilakukan anak dan berikanlah pujian yang positif, karena pujian tersebut dapat membangun perkembangan anak.

Baca juga: Multifungsi, Ini Tips Menata Kamar Anak Agar Nyaman

3. Berikan Harapan yang Jelas

Berikanlah informasi kepada anak Anda untuk memperbolehkan apa yang mereka ingin lakukan. Jika Anda ingin memberikan sebuah instruksi, pastikan instruksi tersebut bersifat jelas sesuai dengan kemampuan anak Anda.

4. Alihkan Perhatian Secara Kreatif

Jika anak Anda sedang mengalami kesulitan, alihkan perhatian mereka dengan aktivitas yang lebih positif. Dengan ini, Anda dapat mengalihkan energi mereka ke perilaku yang lebih positif.

5. Gunakan Konsekuensi yang Tenang

Berikan kesempatan bagi anak Anda untuk melakukan hal yang benar, dan jelaskan konsekuensi dari perilaku buruk mereka. Jika anak Anda masih tidak menurut, lanjutkan konsekuensinya dengan tenang tanpa menunjukkan kemarahan. Jika anak Anda menurut, berikanlah pujian positif.

Baca juga: Anak Stres akibat PJJ, Ini Tips Genjot Minat Belajar ala Kak Seto

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya