5 Tips Jaga Imunitas Tubuh agar Terhindar dari Penularan Virus dan Penyakit
sumber: freepik.com

Sistem imun merupakan jaringan sel dan organ yang secara kompleks bekerja sama untuk melindungi tubuh dari infeksi. Tingkat stres, tidur, diet, dan olahraga, berperan penting dalam kekuatan respon imun tubuh terhadap virus dan penyakit. Seiring bertambahnya usia, kemampuan respons imun semakin berkurang, yang pada gilirannya berkontribusi pada lebih banyak infeksi dan kanker.

Itulah sebabnya menjaga imunitas tubuh, jangan dianggap sepele. Terlebih lagi saat ini kita dihadapkan dengan virus Corona yang menurut catatan Worldometer telah memakan korban jiwa lebih dari 4.000 orang di seluruh dunia. Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memelihara sistem kekebalan tubuh?

  1. Diet antioksidan dan tinggi serat

Mengikuti diet yang kaya antioksidan sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. Antioksidan berperan untuk memerangi radikal bebas sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan adalah sumber makanan yang sarat dengan nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh. Untuk hati yang sehat, sayuran seperti kale, brokoli dan kubis adalah pilihan yang tepat. Hati yang sehat memastikan proses detoksifikasi alami tubuh berjalan dengan baik.

  1. Selalu jaga kebersihan tubuh

Menjaga kebersihan tubuh dapat dimulai dari sering mencuci tangan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menjaga tangan Anda tetap bersih adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal penyakit. Pastikan Anda mencuci tangan selama 20 detik menggunakan air mengalir dan sabun sebelum menyiapkan makanan atau makan, serta setelah batuk, bersin, menggunakan kamar mandi, atau menyentuh area publik.

  1. Tidur cukup dan hindari begadang

Kebiasaan sehat lain yang vital untuk mengatur fungsi kekebalan tubuh adalah tidur 8 jam penuh setiap malam. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 22.000 orang menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam per malam atau yang memiliki kelainan tidur lebih mungkin menderita pilek dan infeksi pernapasan lainnya.

  1. Jangan malas berolahraga!

Olahraga teratur adalah salah satu pilar hidup sehat. Fungsinya dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, membantu mengontrol berat badan, dan melindungi terhadap berbagai penyakit. Sama seperti diet sehat, olahraga juga dapat memungkinkan sel-sel dan zat-zat sistem kekebalan tubuh bergerak bebas dan melakukan tugasnya secara efisien.

  1. Mulai mengonsumsi sarang walet

Sejak 1200 tahun lebih, sarang walet dipercaya sebagai obat mujarab untuk menyembuhkan banyak penyakit berat, juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Kini, semua manfaat sarang walet tersebut dapat Anda temukan dalam program sehat Realfood. Program sehat ini berupa minuman sehat sarang burung walet pertama di Indonesia yang disupervisi oleh ahli gizi dan nutrisi yang berpengalaman serta diproses secara modern di fasilitas yang steril dan sudah sesuai dengan standar ISO 22000, bersertifikat Halal dan BPOM, informasi selengkapnya di Realfood.

Realfood tidak menggunakan bahan pengawet, pemanis buatan, dan pewarna. Program Realfood bisa tahan selama 12 bulan dalam suhu ruangan karena diproduksi di fasilitas yang steril dan modern serta menggunakan teknologi vakum. Untuk hasil maksimal, program sehat berdurasi minimal 12 hari per bulan ini, harus dikonsumsi secara rutin setiap hari saat perut sedang kosong, paling tidak satu jam sebelum sarapan atau tiga jam setelah makan malam, agar penyerapan zat-zat aktif dari program Realfood bisa maksimal.

Terdapat beberapa pilihan program sehat Realfood yang bisa Anda pilih. Diantaranya adalah Stay Fit, Forever Young, Forever Young+, Royal Wellness, Wonder Mom dan Pure Wellness. Di tengah kondisi yang sekarang ini, dengan wabah virus corona yang sedang melanda, Anda bisa menjalankan program sehat yang Stay Fit atau Royal Wellness. Berkat kandungan asam amino tirosin dan asam amino lisin dapat membantu daya tahan tahan tubuh anak-anak dan remaja dibawah 17 tahun tetap terjaga. Sedangkan kandungan yang ada di dalam Royal Wellness sendiri yaitu asam sialat yang berfungsi membantu menjaga daya tahan tubuh dan metabolisme tubuh. Selain itu program Royal Wellness juga cocok bagi penderita maag, karena bisa membantu menetralkan asam lambung.

Menjaga sistem kekebalan tubuh rupanya tidak hanya akan membuat Anda aman dari serangan virus, namun juga membantu Anda mencegah penyakit berat, serta merupakan cara alami yang dapat membantu Anda menua dengan anggun.

Sumber: realfood.co.id


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho