SOLOPOS.COM - Ilustrasi naik transportasi umum. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Risiko tertular Covid-19 saat naik transportasi umum memang tinggi. Padahal moda transportasi satu ini masih jadi andalan sejumlah kelompok masyarakat untuk menunjang mobilitas mereka, baik ke sekolah maupun ke tempat kerja.

Meski pun sarana transportasi umum telah didisinfektan oleh operator untuk meminimalkan penularan, tetap saja Anda sebagai penumpang harus waspada supaya tidak tertular Covid-19. Selalu pastikan bahwa Anda tetap menerapkan protokol kesehatan baik saat naik kendaraan publik ini maupun setelah tiba di tujuan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, mengingatkan masyarakat pengguna transportasi umum untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular. Pasalnya, moda transportasi umum menjadi salah satu dari tiga ruang publik yang berpotensi sebagai kluster baru persebaran Covid-19, selain kantor dan restoran, karena sulitnya menerapkan jaga jarak aman selama didalam kendaraan umum.

Baca Juga: Lebih 50 Persen Penyintas Mengalami Long Covid-19, Apa Penyebabnya?

Ekspedisi Mudik 2024

“Salah satu yang paling penting diperhatikan, ketika kita berada di situasi berisiko tinggi seperti ketika kita hendak dan saat menggunakan angkutan umum, perlindungan kesehatan individu juga merupakan tanggung jawab semua pihak termasuk para pengguna moda transportasi baik darat, laut maupun udara,” kata Reisa dalam keterangannya di Graha BNPB, Jakarta, seperti dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, belum lama ini.

Baca Juga: Panci Gosong Jangan Buru-Buru Dibuang, Begini Cara Membersihkannya

Dalam Survey Sosial Demografi Dampak Covid-19 yang dilakukan BPS, Reisa menyebutkan banyak masyarakat yang belum patuh melakukan jaga jarak fisik selama di dalam kendaraan umum. “Baru 38,11% yang telah melakukan jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain, bahkan sebagian mengaku tidak menerapkan jaga jarak fisik,” terangnya.

Mengutip dari smartcity.jakarta.go.id dan dilansir Bisnis.com, Rabu (27/10/2021), berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak tertular Covid-19 saat naik transportasi umum:

1. Memakai masker dengan benar

Salah satu cara agar tidak tertular Covid-19 saat naik transportasi umum adalah selalu ingat untuk memakai masker. Masker memiliki fungsi untuk mencegah penularan Covid-19. Gunakanlah masker minimal 3 lapis untuk melindungi saluran pernapasan dari penyebaran virus corona di udara.

2. Tidak berbicara selama berada di transportasi umum

Baik berbicara dengan sesama penumpang dan melalui HP menjadi aktivitas yang dilarang selama pandemi di transportasi umum. Sebab penularan Covid-19 dapat terjadi melalui droplet yang keluar dari mulut ketika bersin maupun berbicara.

Baca Juga: Kombinasi Gagal Ginjal dan Stroke Seperti Oddie Agam, Picu Kefatalan?

3. Jaga jarak dengan penumpang

Bila sedang mengantre naik kereta, bus dan pesawat, sebaiknya jaga jarak dengan penumpang lain. Menjaga jarak dengan penumpang lain menjadi cara ampuh untuk mencegah penularan Covid-19.

4. Jaga kebersihan tangan

Hal ini dilakukan dengan rajin mencuci tangan di tempat yang disediakan di beberapa halte atau stasiun, atau juga dapat menggunakan hand sanitizer. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, serta permukaan area yang sering disentuh banyak orang selama berada di halte, stasiun, dan di dalam kendaraan.

5. Menggunakan jaket dengan penutup kepala

Langkah ini dapat memaksimalkan perlindungan dari Covid-19 misalnya dengan menggunakan jaket bertudung. Tetaplah memakai masker dan laksanakan tips lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya