Tutup Iklan

5 Tips Agar Tidak Tertular Covid-19 Saat Naik Transportasi Umum

Meski pun sarana transportasi umum telah didisinfektan oleh operator, tetap saja penumpang harus waspada supaya tidak tertular Covid-19.

 Ilustrasi naik transportasi umum. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi naik transportasi umum. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Risiko tertular Covid-19 saat naik transportasi umum memang tinggi. Padahal moda transportasi satu ini masih jadi andalan sejumlah kelompok masyarakat untuk menunjang mobilitas mereka, baik ke sekolah maupun ke tempat kerja.

Meski pun sarana transportasi umum telah didisinfektan oleh operator untuk meminimalkan penularan, tetap saja Anda sebagai penumpang harus waspada supaya tidak tertular Covid-19. Selalu pastikan bahwa Anda tetap menerapkan protokol kesehatan baik saat naik kendaraan publik ini maupun setelah tiba di tujuan.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, mengingatkan masyarakat pengguna transportasi umum untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular. Pasalnya, moda transportasi umum menjadi salah satu dari tiga ruang publik yang berpotensi sebagai kluster baru persebaran Covid-19, selain kantor dan restoran, karena sulitnya menerapkan jaga jarak aman selama didalam kendaraan umum.

Baca Juga: Lebih 50 Persen Penyintas Mengalami Long Covid-19, Apa Penyebabnya?

“Salah satu yang paling penting diperhatikan, ketika kita berada di situasi berisiko tinggi seperti ketika kita hendak dan saat menggunakan angkutan umum, perlindungan kesehatan individu juga merupakan tanggung jawab semua pihak termasuk para pengguna moda transportasi baik darat, laut maupun udara,” kata Reisa dalam keterangannya di Graha BNPB, Jakarta, seperti dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, belum lama ini.

Baca Juga: Panci Gosong Jangan Buru-Buru Dibuang, Begini Cara Membersihkannya

Dalam Survey Sosial Demografi Dampak Covid-19 yang dilakukan BPS, Reisa menyebutkan banyak masyarakat yang belum patuh melakukan jaga jarak fisik selama di dalam kendaraan umum. “Baru 38,11% yang telah melakukan jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain, bahkan sebagian mengaku tidak menerapkan jaga jarak fisik,” terangnya.

Mengutip dari smartcity.jakarta.go.id dan dilansir Bisnis.com, Rabu (27/10/2021), berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak tertular Covid-19 saat naik transportasi umum:

1. Memakai masker dengan benar

Salah satu cara agar tidak tertular Covid-19 saat naik transportasi umum adalah selalu ingat untuk memakai masker. Masker memiliki fungsi untuk mencegah penularan Covid-19. Gunakanlah masker minimal 3 lapis untuk melindungi saluran pernapasan dari penyebaran virus corona di udara.

2. Tidak berbicara selama berada di transportasi umum

Baik berbicara dengan sesama penumpang dan melalui HP menjadi aktivitas yang dilarang selama pandemi di transportasi umum. Sebab penularan Covid-19 dapat terjadi melalui droplet yang keluar dari mulut ketika bersin maupun berbicara.

Baca Juga: Kombinasi Gagal Ginjal dan Stroke Seperti Oddie Agam, Picu Kefatalan?

3. Jaga jarak dengan penumpang

Bila sedang mengantre naik kereta, bus dan pesawat, sebaiknya jaga jarak dengan penumpang lain. Menjaga jarak dengan penumpang lain menjadi cara ampuh untuk mencegah penularan Covid-19.

4. Jaga kebersihan tangan

Hal ini dilakukan dengan rajin mencuci tangan di tempat yang disediakan di beberapa halte atau stasiun, atau juga dapat menggunakan hand sanitizer. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, serta permukaan area yang sering disentuh banyak orang selama berada di halte, stasiun, dan di dalam kendaraan.

5. Menggunakan jaket dengan penutup kepala

Langkah ini dapat memaksimalkan perlindungan dari Covid-19 misalnya dengan menggunakan jaket bertudung. Tetaplah memakai masker dan laksanakan tips lainnya.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Kematian Novia Widyasari Jadi Sorotan, Kata Diperkosa Trending Twitter

Kata diperkosa terkait kasus kematian Novia Widyasari trending di Twitter, begitu pula dengan tagar noviawidyasari yang telah menuai 4.805 tweet.

Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar gunung berapi biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi letusan, namun lain halnya dengan wisatawan.

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Galon Isi Ulang Disebut Mengandung BPA, Benarkah Berbahaya bagi Tubuh?

Di Amerika Serikat dan Uni Eropa, larangan kandungan BPA pada kemasan pangan diterapkan untuk produk bayi dan food contact material.

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.

Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang.

+ PLUS Anjuran Pimpinan MTA Soal Menyantuni Anak Yatim

Siapa tahu sedekah kita untuk anak-anak yatim itulah yang akan menyelamatkan kita dari siksa api neraka dengan rida Allah.

Mengawali Gerakan Literasi Halal

Negara memiliki kewajiban untuk menghadirkan produk halal yang siap dikonsumsi masyarakat.

Viral! Perempuan Mirip Vanessa Angel, Netizen Sebut Reinkarnasi

Seorang perempuan yang berjoget Tiktok diangap memiliki wajah yang mirip Vanessa Angel menjadi viral dan menyebutnya reinkarnasi

Pria dengan Weton Ini Mudah Selingkuh, Cek Yuk!

Nah, kalau pasanganmu mudah selingkuh coba dicek apakah dia merupakan salah satu pria dengan weton Jawa ini.

Studi Ungkap Plastik Picu Penyakit Kardiovaskular dan Kolesterol

Paparan bahan kimia terkait plastik, seperti bahan kimia dasar bisphenol A dan plasticizer ftalat, dapat picu dan tingkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Galon Isi Ulang Terancam Hilang Karena BPA, Ini Dampak BPA pada Tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat meresap ke dalam makanan atau minuman dari wadah yang dibuat dengan BPA.

Mitos Larangan Menikah Anak Pertama dengan Ketiga, Ada yang Percaya?

Terdapat mitos di Jawa soal larangan menikah antara anak pertama dengan ketiga yang dikenal nikah lusan. Adakah yang percaya?

Adakah Doa untuk Minta Jodoh dengan orang yang Dicintai dalam Islam?

Apakah kira-kira ada dan diperbolehkan doa meminta berjodoh dengan orang yang kamu cintai? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!