5 Tempat Ini Berjuluk Negeri Matahari Tengah Malam, Kok Bisa?

Tempat ini berjuluk negeri Matahari tengah malam, kok bisa?

 Keindahan Finlandia. (JIBI/Bisnis Indonesia)

SOLOPOS.COM - Keindahan Finlandia. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO-Tahukah Anda ada sejumlah tempat di Bumi ini berjuluk negeri Matahari tengah malam? Nah jika penasaran tak ada salahnya traveling ke nnegara-negara yang posisinya dekat dengan lingkaran arktik ini jika kelak pandemi Covid-19 telah berakhir.

PromosiBerminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Tempat-tempat yang dijuluki dengan negeri Matahari tengah malam tersebut jelas memiliki letak geografis yang berbeda sehingga matahari tidak terbenam dan membuat waktu siangnya lebih lama dibandingkan malam hari. Fenomena ini terjadi karena bumi miring pada porosnya sekitar 23 derajat.

Berikut lima tempat yang disebut sebagai negeri Matahari tengah malam, dilansir dari CourtesyFeed dan Bisnis.com pada Selasa (30/11/2021) :

1. Finlandia

Finlandia merupakan salah satu negeri Matahari tengah malam. Ski, bersepeda, panjat tebing, dan hiking adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk bersenang-senang saat mengunjungi negeri matahari tengah malam ini. Pada pertengahan musim panas, selama berbulan-bulan matahari tidak terbenam di Finlandia sehingga banyak orang yang tetap pergi berperahu dan memancing walau sebenarnya waktu sudah malam.

Baca Juga: Telinga Berdenging Pertanda Firasat Buruk? Ini Penjelasan Ilmiahnya

2. Swedia

Saat berada di Swedia, Anda bisa menikmati matahari tengah malam di Stockholm, ibu kota Swedia di mana matahari terbenam sekitar tengah malam dan terbit kembali pada pukul 04.30 pagi. Stockholm sebenarnya terdiri dari 14 pulau, juga terletak di tempat Danau Malaren yang terhubung dengan Laut Baltik. 30% dari Stockholm terdiri dari saluran air sehingga melakukan perjalanan perairan untuk melihat matahari tengah malam adalah hal yang tepat.

3. Kanada

Di Inuvik dan Wilayah Barat Laut, Kanada, siang hari akan muncul selama sekitar 50 hari di musim panas. Kegiatan yang bisa dilakukan saat matahari tidak terbenam adalah dengan memancing, berpartisipasi dalam Great Northern Arts Festival (fitur tahunan pada pertengahan Juli), bermain golf di tundra, dan berpartisipasi dalam Midnight Sun Fun Run (dimulai pada tengah malam pada akhir pekan).

Baca Juga:  Song Hye Kyo dan Jun Ji Hyum Artis Korea Berbayaran Termahal

4. Islandia

Negara yang penuh dengan beragam bentang alam yang indah ini memiliki waktu siang yang lama karena waktu malam hanya dua jam saja. Anda dapat mengunjungi air terjun, gunung berapi, gletser, pergi berkemah dan menyelam sepanjang hari. Selain itu, Anda juga dapat menunggang kuda Islandia atau bermain golf rekreasi di salah satu dari 65 lapangan golf yang tetap buka pada tengah malam.

5. Norwegia

Karena lintang tinggi Norwegia, ada variasi musiman yang besar di siang hari. Selama bulan-bulan musim panas atau dari akhir Mei hingga akhir Juli, matahari tidak pernah sepenuhnya terbenam terkhususnya di Norwegia Utara. Anda dapat memesan tur sepeda, bermain kayak di laut, memancing, bermain golf, atau naik kapal pesiar untuk berendam dengan matahari tengah malam di Norwegia Utara.

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Berikut Ini Sejumlah Fakta Varian IHU yang Ditemukan di Prancis

Belum selesai persebaran virus SARS-CoV-2 varian Omicron di berbagai negara, kini muncul varian baru lain yaitu IHU atau B.1640.2.

WHO Ungkap Penyebab Varian Omicron Lebih Cepat Menular

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan penyebab Covid-19 varian Omicron lebih cepat menular dibandingkan varian lainnya.

Fakta Baju Seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week

Saat menghadiri pagelaran Paris Fashion Week, Arnold memadukan seragam Pemuda Pancasila dengan dalaman kaos hitam.

Viral Video NCT Dream Joget Lagu Koplo, Ndarboy Genk: Kok Bisa Ya?

Ndarboy Genk mengaku heran lagu yang ia populerkan digunakan untuk latar joget boyband asal Korea Selatan, NCT Dream.

Viral! Video Aktor Steven Seagal Cium Mandau, Ini Respons Netizen

Aktor senior asal Amerika Serikat, Steven Seagal, baru-baru ini menjadi perhatian netizen Indonesia karena videonya diduga mengunjungi Suku Dayak di Kalimantan dan mencium Mandau.

Kemenkes Sediakan Pelayanan Bagi Pasien Positif Omicron, Begini Caranya

Teknologi telemedisin Kemenkes ini bertujuan menyediakan akses kesehatan terjangkau secara online dengan fleksibel, terjangkau, dan mudah.

Waspada! Gejala Omicron Bisa Bertahan Lama di Tubuh

Beberapa penelitian menyebutkan varian Omicron ini memiliki gejala yang dapat bertahan lama di dalam tubuh orang yang terpapar virus tersebut.

Jadi Enggak Seram! Jalan Permakaman Dipenuhi Bakul Jajanan dan Mainan

Permakaman yang identik dengan tempat menyeramkan bagi sebagian orang malah digunakan bakul jajanan berjualan.

Joget Mendung Tanpo Udan, Instagram NCT Dream Diserbu Netizen Indonesia

NCT Dream membuat heboh netizen Indonesia dengan joget lagu koplo Mendung Tanpo Udan, yang dipopulerkan oleh Ndarboy Genk.

Doa Agar Anak Rajin Ibadah Salat, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa agar anak rajin ibadah salat yang bisa dibaca oleh para orang tua, dilengkapi dengan latin dan artinya.

Viral! Pria Pamerkan Kekuatan Mistis yang Buat Mandau Terbang

Sosok pria menampilkan kekuatan mistis yang membuat mandau terbang tanpa disentuh.

Tata Cara Salat Jenazah, Lengkap dengan Doa

Berikut tata cara dan doa salat jenazah sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad.

Begini Tanda Seseorang Merasa Klik dengan Orang Lain

Penelitian tentang bagaimana tanda seseorang klik dengan orang lain ini diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

7 Dekorasi Imlek Ini Dipercaya Mendatangkan Keberuntungan

Setiap dekorasi dalam perayaan Imlek memiliki makna tersendiri dan dipercaya dapat membawa keberuntungan pada sebuah rumah berikut penghuninya.

Unik! Bakul Mi Ayam Ini Masak Sambil Joget, Alasannya Bikin Heran

Seorang bakul berjoget saat memasak mi ayam pesanan pembeli, konon agar masakannya lebih lezat.

Awas! Lima Ruam Kulit Ini Menunjukkan Gejala Awal Covid-19

Ada lima jenis ruam kulit yang menunjukkan gejala awal Covid-19, apa saja ya?