5 Tempat Angker di Gunung Semeru, Penuh Misteri Lur

Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, memiliki pesona keindahan sekaligus aura mistis yang kuat dan terkenal angker.

 Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. (Bisnis.com)

SOLOPOS.COM - Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. (Bisnis.com)

Solopos.com, LUMAJANG — Gunung Semeru yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, yang memiliki keindahan alam memesona ternyata juga menyimpan sejuta misteri.

Salah satu gunung berapi aktif ini menawarkan destinasi pendakian yang indah sekaligus menantang. Sampai saat ini sudah banyak pencinta alam yang menaklukkan gunung ini.

Keindahan alam di Gunung Semeru ini sempat diperlihatkan di film 5 Cm yang dibintangi Fedi Nuril, Denny Sumargo, serta Raline Shah. Film tersebut memperlihatkan sejumlah spot indah nan memesona yang ternyata juga dikenal angker.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Selasa (7/12/2021), berikut lima tempat angker dan misterius di Gunung Semeru:

Baca juga: Kokoh! Ini Satu-Satunya Rumah Selamat saat Erupsi Gunung Semeru

Arcopodo

Arcopodo merupakan tempat favorit bagi pendaki Gunung Semeru untuk beristirahat. Wilayah ini merupakan tanah datar yang luas, sehingga cocok dipakai mendirikan tenda.

Konon, di sana ada dua arca prajurit Majapahit yang berada di sana. Namun kabarnya hanya ada beberapa orang saja yang bisa melihat benda tersebut. Keduanya dianggap sebagai penjaga Gunung Semeru.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, 3 Gunung Berapi di Indonesia Siaga, 11 Waspada

Kali Mati

Kali mati merupakan salah satu spot favorit karena memiliki pemandangan yang indah. Konon dulu ada seorang pendaki yang hampir meninggal di sana, namun akhirnya terbangun karena pertolongan makhluk gaib.

Ranu Kumbolo

Keindahan Ranu Kumbolo yang merupakan danau di Taman Nasional Gunung Semeru sudah terkenal di kalangan pendaki. Danau ini merupakan rute termudah menuju ke puncak Gunung Semeru. Tetapi siapa sangka di balik keindahannya, danah yang disebut sebagai surganya Gunung Semru ini memiliki kisah misteri tentang makhluk halus yang menjelma menjadi emas. Hal ini pun memunculkan mitos untuk memancing di tempat tersebut.

Baca juga: Misteri Gunung Merapi: Pasar Bubrah – Bunker Kaliadem, Angker Gaes!

Kawasan Kelik

Tempat ini merukana lokasi misterius yang kabarnya membuat banyak pendaki kesurupan maupun mengalami kejadian misterius lainnya.

Puncak Mahameru

Lokasi ini dianggap sebagai tempat persemayaman para dewa. Berdasarkan cerita yang berkembang, Gunung Semeru ini dibawa langsung oleh Dewa Wisnu dari India. Gunung ini pun sampai saat ini diyakini umat Hindu sebagai tempat kediaman para dewa.

Berita Terkait

Berita Terkini

Jelajah Pasir Putih dan Pesona Mistis di Pantai Gondo Mayit Blitar

Karena misteri soal keberadaannya di Pantai Gondo Mayit di Blitar, banyak orang penasaran dengan apa itu rajah.

Kota Malang Bakal Larang Perdagangan Daging Anjing, Pertama di Jatim

Kota Malang akan menjadi kota pertama di Jawa Timur (Jatim) yang melarang perdagangan daging anjing untuk dikonsumsi.

Waspada! Omicron Terdeteksi di Malang, Tiga Warga Terkonfirmasi

Sebanyak tiga warga Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron.

Gempa Bumi Magnitudo 4,1 Guncang Surabaya

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 terjadi di Bangkalan, Jawa Timur (Jatim), yang efeknya dirasakan warga Surabaya, Sabtu (15/1/2022).

Waspada Omicron, Pemkab Pasuruan Aktifkan Lagi Tempat Karantina

Pemkab Pasuruan sudah mulai mengantisipasi kemunculan kasus Omicron dengan menyiapkan ruang karantina.

Pancur Pitu, Destinasi Wisata Menarik di Lereng Gunung Pandan Madiun

Objek Wisata Pancur Pitu di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun menjadi wisata alternatif yang menarik dengan keindahan alam serta kolam air dengan tujuh pancurannya.

1 Kasus Omicron Ditemukan di Madiun: Seorang TKI Pulang dari Hong Kong

Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun mengungkapkan kasus pertama Covid-19 varian Omicron di wilayahnya.

Miris! Kafe di Banyuwangi Gelar Acara Striptis Gadis di Bawah Umur

Sebuah kafe di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), digerebek aparat kepolisian karena menggelar pertunjukan striptis yang diperankan perempuan di bawah umur.

Hujan Deras, Pos Kamling di Madiun Ambrol dan Hanyut ke Sungai

Hujan deras yang mengguyur Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim), Kamis (13/1/2022) sore, membuat sejumlah fasilitas warga rusak, salah satunya pos kamling.

Polisi Tetapkan Terduga Pelaku Tendang Sesajen di Semeru Jadi Tersangka

Polda Jatim menetapkan pria diduga menendang sesajen di Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jatim, HF, sebagai tersangka kasus penistaan agama.

2 Tahun Lebih Belum Ditangkap, Anak Kiai Jombang DPO Kasus Pencabulan

Polda Jatim menerbitkan surat DPO terhadap MSA, 40, putra seorang kiai ternama di Jombang, Jatim karena diduga tersangkut kasus pencabulan santriwatinya pada 2019.

Polisi Tangkap Terduga Pelaku yang Tendang Sesajen di Gunung Semeru

Tim gabungan menangkap terduga pelaku yang menendang sesajen di area Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, HF, di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Waduh! Kawanan Kera Liar Rusak Buah Durian Segulung Madiun

Kawanan kera liar merusak buah durian Madiun di perkebunan milik warga di Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun sehingga mengakibatkan kerugian jutaan rupiah.

Jangan Ngaku Pecinta Durian Kalau Belum Cicip Durian Segulung Madiun

Bagi Anda pecinta dan penikmat buah durian, tidak ada salahnya mengunjungi Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun untuk menikmati cita rasa khas durian lokal.

Viral Sesajen Ditendang di Semeru, Ini Respons Dosen UB

Kasus viral sesajen ditendang di Semeru dinilai dari sisi pendekatan komunikasi dakwah kurang tepat dan jauh dari sikap bijaksana.

Sidang Sengketa Pilkades di Madiun Rampung, Ini Hasilnya

Sengketa Pilkades Gandul di Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim) telah diputuskan TP3KD Kabupaten Madiun.