Kategori: Solo

5 Startup Peserta Simpul Talenta Solo Berpeluang Kembangkan Bisnis


Solopos.com/Akhmad Ludiyanto

Solopos.com, SOLO — Lima pelaku bisnis startup atau UMKM peserta Simpul Talenta Solo berkesempatan mengembangkan bisnis mereka. Sebelumnya, mereka telah mengikuti rangkaian kegiatan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Solo yang diinisiasi Kementerian Ketenagakerjaan. Tiga kota lainnya yang menyelenggarakan program ini adalah Padang, Banyuwangi, dan Kendari.

Regional Head Simpul Talenta Solo, Ryo Juara mengatakan kelima pelaku startup ini telah mendapatkan akses jaringan. Juga pendampingan yang mengarah kepada investasi pengembangan usaha. Networking pendampingan dan bisa mengarah investasi.

“Ada 10 peserta delegasi startup dalam Kelas Rintisan Simpul Talenta ini. Kemudian dalam prosesnya, ada lima pelaku startup yang sudah mendapatkan akses networking. Juga pendampingan dan bisa mengarah ke investasi,” ujarnya kepada wartawan di BLK Solo, Sabtu (12/12/2020).

Belajar pada UMKM Prakardus, Dari Kreasi Bikin Penghasilan Naik 700 Persen

Bersama Education Manager, M. Abdul Azis dan Networking Manager, Suyud Nugrahawati, Ryo menjelaskan bahwa Simpul Talenta merupakan program untuk merespons dampak wabah Covid-19 bagi pengembangan talenta muda atau startup. Yakni dengan menggunakan pendekatan lokalitas, baik secara potensi bidang yang diangkat maupun ragam kolaborator yang dilibatkan.

Program utama dalam kegiatan ini adalah UpSchool dan Connex. UpSchool berfokus terhadap pelatihan tematik (secara daring) dengan membidik tiga kelas talenta. Pertama adalah Kelas Karier yang ditujukan bagi para pemula/fresh graduate SMK dan perguruan tinggi. Juga pekerja pengalaman jangka pendek dengan tema Digital Fashion Industry.

Wow, Keren! Robot Karya Siswa SMPN 13 Solo Bisa Menyambut Tamu

Kedua, adalah Kelas Rintisan yang ditujukan bagi para delegasi startup atau UMKM dengan tema Kelas Bisnis Digital. Ketiga, adalah Kelas Mahir dengan target peserta para pekerja pengalaman jangka menengah/panjang tema UI/UX Design.

Sedangkan program Connex berfungsi sebagai kanal penyaluran peserta pelatihan. “Connex terdiri atas dua kegiatan utama yakni Talents Talk dan Talent Fest. Semua kegiatan sudah terlaksana, termasuk empat kali forum group discussion [FGD] dengan berbagai tema,” imbuh Ryo.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Arif Fajar Setiadi