SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Bandeng Juwana Elrina. (Istimewa/Instagram @bandengjuwana)

Solopos.com, SEMARANG — Jangan melewatkan momen berburu oleh-oleh khas saat berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah.

Oleh-oleh atau buah tangan khas bisa menghadirkan nostalgia dengan kampung halaman. Sederet oleh-oleh khas Semarang, seperti bandeng, kue moci, bakpia, lumpia, wingko, dan lain-lain. Silakan Anda memilih sesuai favorit.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebetulnya, tak terlalu sulit berbelanja oleh-oleh di Semarang. Ada kawasan yang bisa menjadi rujukan.

Berikut ini, Solopos.com sajikan rekomendasi tempat berburu oleh-oleh di Semarang:

Ekspedisi Mudik 2024

1. Bandeng Juwana Elrina

tempat oleh oleh semarang
Tangkapan layar Bandeng Juwana Elrina. (Istimewa/Instagram @bandengjuwana)

Rekomendasi pertama tempat berburu oleh-oleh di Semarang, khususnya bandeng. Alamatnya di Jl. Pandanaran No.57, Randusari.

Buka setiap hari pukul 07.00 WIB hingga 20.00 WIB. Tetapi, jam buka dapat berubah sewaktu-waktu saat Idulfitri.

Tempat ini cukup populer di kalangan pemburu kuliner khas atau oleh-oleh di Semarang. Sebanyak 12.500 pengguna Google mengulas tempat ini dan memberi rating 4,5/5.

Baca Juga : Kuliner Sup Ikan Kakap Khas Semarang, Kuahnya Seger Banget

Ada apa saja di Bandeng Juwana Elrina?

“Di lantai 1 adalah area toko yang menjual aneka penganan khas Jawa Tengah, selain lumpia & bandeng. Antrean diatur dengan sistematis. Lantai 2 ada food court yang menyajikan pilihan makanan dengan bahan dasar bandeng dengan harga yang pas di kantong. Bandeng presto paling beken, tapi bandeng asap juga enak. Yang menggunakan kendaraan sebaiknya parkir di area parkir lain karena di lokasi ini parkir hanya muat 4 mobil,” tulis pengguna Google, Esti Hapsari, seperti dilansir, Jumat (29/4/2022).

2. Kampoeng Semarang

tempat oleh oleh semarang
Tangkapan layar Kampoeng Semarang. (Istimewa/Instagram @kampoengsemarang)

Tempat berburu oleh-oleh di Semarang bagian bawah, ada Kampoeng Semarang. Lokasinya di Jl. Kaligawe Raya KM. 1 No. 96, Tambakrejo.

Buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Jam buka dapat berubah sewaktu-waktu ketika Idulfitri. Tempat berburu oleh-oleh di Semarang ini telah diulas lebih dari 8.600 pengguna Google dan mendapatkan rating 4,3/5.

Baca Juga : Kupat Jembut Semarang Jadi Rebutan Tiap Lebaran

“Tempatnya nyaman untuk berbelanja, harga standar, sesuai dengan kualitas dan pelayanan. Oleh-oleh di sini lengkap banget, mulai dari makanan ringan, bakpia, pie, moci, oleh-oleh khas kota lain pun ada. Tas hingga pakaian juga tersedia. Tak lupa tersedia toilet, musala, dan tempat parkir,” tulis pemandu lokal, Putri Mulyasari, lewat ulasannya di Google, seperti dilansir Jumat.

3. Wingko Babad Cap Kereta Api

tempat oleh oleh semarang
Tangkapan layar Wingko Babad Cap Kereta Api. (Istimewa/Instagram @wingkobabadkeretaapi)

Di Semarang tengah, tepatnya tempat berburu oleh-oleh. Lokasinya masih berada dalam kawasan Kota Lama.

Outlet Wingko Babad Cap Kereta Api berada di Jl. Cendrawasih No.14, Purwodinatan Timur. Jam buka beda dari yang lain karena hanya buka tiga hari selama seminggu, yakni dari Kamis-Sabtu pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Tempat oleh-oleh yang satu ini cukup terkenal dan mendapat rating hingga 4,6/5 dari 500 lebih ulasan di Google.

Baca Juga : Suegerr! Es Puter Cong Lik Khas Semarang Resepnya Kacung Cilik

“Toko oleh-oleh Wingko Babat khas Semarang yang legendaris. Lokasi strategis di kawasan Kota Lama Semarang. Rasa wingko juara. Selain wingko babat tersedia juga berbagai makanan tradisional khas Semarang lainnya. Meskipun halaman parkir sempit, tapi ruangan toko nyaman,” ulas Mulia Hidayati, salah seorang pemandu lokal melalui Google, seperti dilansir, Jumat.

4. Lumpia Gang Lombok

tempat oleh oleh semarang
Tangkapan layar Lumpia Semarang Gang Lombok No. 11. Foto diambil Desember 2021. (Istimewa/Beta Subakti)

Berikutnya, tempat berburu oleh-oleh di Semarang berada di Gg. Lombok No. 11, Purwodinatan. Buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jam buka dapat berubah sewaktu-waktu ketika Idulfitri.

Lebih dari 3.000 pengguna Google telah mengulas tempat ini dan memberi rating 4,4/5.

Baca Juga : Nasi Gudeg Koyor, Makanan Legend Khas Kota Lama Semarang

“Salah satu lumpia ter-legend di kota ini, wajib banget buat buah tangan keluarga, teman-teman. Rasanya enggak usah diragukan lagi. Enak. Ada 2 varian basah dan goreng. Ketahanan yang basah 12 jam, untuk yang goreng 24 jam sudah dilengkapi dengan bumbu, daun bawang, plus lombok. Harga update per Feb 2022 adalah Rp20.000 (tapi worth it banget, ukuran jumbo, isian rebung fresh, telur, dan udang, best pokoknya). Pembayaran bisa cash dan transfer via Qris, simple. Service dari koko-kokonya juga ramah dan informatif. Selalu ramai. Harap bersabar, tapi antrean enggak yang lama kok. Wajib lah mampir,” ujar Tony Anhar, salah seorang pengguna Google, seperti dilansir, Jumat.

5. Oleh-Oleh 52 Semarang

tempat oleh oleh semarang
Tangkapan layar pusat Oleh-Oleh 52 Semarang. (Istimewa/Instagram @mitramultianugerah)

Di bagian barat, tepatnya Karangayu, Jl. Jenderal Sudirman No. 134, Cabean,
ada tempat berburu oleh-oleh di Semarang, yakni Oleh-Oleh 52 Semarang.



Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Jam buka dapat berubah sewaktu-waktu ketika Idulfitri.

Baca Juga : Soto Bangkong Legend di Semarang Berawal dari Pikulan Hlo

Telah diulas oleh lebih dari 500 pengguna Google dan mendapatkan rating sebesar 4,4/5.

“Toko oleh-oleh yang besar di Semarang, semua khas kota Semarang ada di sini. Ada moci, lumpia Semarang, tahu bakso, bandeng presto, wingko babat khas Semarang, bakpia, dan masih banyak macam oleh-oleh di sini. Jadi enggak usah terlalu bingung buat beli oleh-oleh keluarga di rumah,” ujar salah seorang pengulas di Google, Dian Cheyo, seperti dilansir pada Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya