5 Polres di Jateng Naik Level, Salah Satunya Klaten

Kelima Polres yang naik level tersebut yakni Polres Cilacap, Polres Magelang, Polres Pati, Polres Batang, dan Polres Klaten.

 Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi (tengah) berfoto bersama dengan Irwasda Polda Jateng Kombes Untung (kanan) dan Kapolres Batang AKBP Mochmad Irwan Susanto (kiri) seusai acara Studi Kelayakan Pengkajian Peningkatan Tipe Polres Batangdari Tipe D menjadi Tipe C di Mapolres Batang, Selasa (17/5/2022). ANTARA/Kutnadi

SOLOPOS.COM - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi (tengah) berfoto bersama dengan Irwasda Polda Jateng Kombes Untung (kanan) dan Kapolres Batang AKBP Mochmad Irwan Susanto (kiri) seusai acara Studi Kelayakan Pengkajian Peningkatan Tipe Polres Batangdari Tipe D menjadi Tipe C di Mapolres Batang, Selasa (17/5/2022). ANTARA/Kutnadi

Solopos.com, BATANG — Kepala Polda Jateng Irjen Polisi Ahmad Lutfhi mengusulkan lima kepolisian resor (polres) di wilayahnya yang kini masih tipe D menjadi tipe C kepada Mabes Polri.

Kelima Polres tersebut yakni Polres Cilacap, Polres Magelang, Polres Pati, Polres Batang, dan Polres Klaten.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Kepala Polda Jateng Irjen Polisi Ahmad Lutfhi di Batang, Selasa (17/5/2022), mengatakan bahwa pertimbangan untuk menaikkan tipe polres tersebut karena melihat perkembangan wilayah.

Hal ini dalam rangka pengamanan akselerasi pembangunan proyek strategis nasional yang harus diimbangi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

“Seperti halnya di Kabupaten Batang ‘kan banyak proyek strategis nasional yang harus diimbangi harkamtibmas yang lebih kondusif. Tentunya hal ini potensi polres akan lebih besar,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Kapolda Jateng-Achmad Purnomo Layat ke Rumah Duka Pakde Presiden Jokowi

Kapolda mengatakan saat ini di Batang hanya ada 12 kepolisian sektor (polsek) yang tersebar di 15 kecamatan sehingga polda mendorong agar tiga wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Pecalungan, Kandeman, dan Banyuputih sudah berdiri polsek sendiri.

“Kami sudah rapatkan agar subpolsek itu menjadi polsek. Kami tidak ingin pada saat (Polres Batang) naik tipe C, masih ada subsektor,” katanya.

Ketika mengusulkan polres tipe D menjadi tipe C, kata Irjen Pol. Achmad Lutfhi, pihaknya segera menyiapkan sarana dan prasarana serta personel.

“Jadi, dalam 1 tahun itu, kami akan melakukan kajian. Kenapa ini perlu dilakukan kenaikan tipe? Karena berdasarkan perkembangan wilayah, di antaranya dalam rangka pengamanan akselerasi pembangunan nasional,” katanya.

Baca Juga: Wisatawan Membeludak, Polres Klaten Terjunkan Tiga Tim Patroli Khusus

“Saya tidak ingin pada saat naik tipologi (Polres Batang) masih menjadi subsektor karena itu akan rawan. Jadi, minimal semua sudah terkendali,” lanjut Kapolda.

Kepala Polres Batang AKBP Mochamad Irwan Susanto mengatakan kebijakan menaikkan tipe polres tersebut karena mempertimbangkan untuk mengakselerasikan sarana dan prasarana dengan Pemerintah Kabupaten Batang untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Kapolda, kata dia, sudah berjanji mengakselerasi kemudian berkomunikasi dengan Biro Perencana Umum dan Anggaran Polda Jateng dan Ortala Mabes Polri.

Baca Juga: Kakak Adik Lumpuh di Bayat, Kapolres Klaten Beri Santunan & Kursi Roda

“Penambahan jumlah polsek dan personel itu sebenarnya sudah sejak lama oleh Pak Kapolda sebelum adanya kenaikan tipe ini. Hanya saja karena memang keterbatasan anggaran, kemudian dampak pandemi sehingga ini menjadi terhambat,” katanya.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Diduga Mutilasi Anak Kandung, Ayah Terancam Penjara 15 Tahun

Arharubi, 42, terancam hukuman 15 tahun karena diduga tega memutilasi anak kandungnya sendiri yang berusia 10 tahun.

Sejarah Hari Ini: 4 Juli 1776 Kemerdekaan Amerika Serikat

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 4 Juli.

Boyolali Jadi Daerah Wabah, Berapa Total Ternak Suspek PMK?

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Total ternak suspek PMK di Boyolali saat ini sekitar 4.642.

Faktor Penyebab Hubungan Inses dan Dampaknya Bagi Keturunan

Kelainan genetik yang berujung meninggalnya bayi seusai dilahirkan merupakan salah satu dampak buruk dari hasil hubungan sedarah atau inses.

Iduladha di Indonesia & Arab Saudi Berbeda, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Di bawah ini terdapat penjelasan ilmiah terkait perbedaan Hari Raya Iduladha di Indonesia dan Arab Saudi menurut Kementerian Agama RI.

Mengembalikan Musik Metal ke Jantung Klenengan

Rencana konser grup band rock progresif Dream Theater dan rencana penyelenggaraan lagi Rock in Solo pada 2022 layak disebut ikhtiar mengembalikan musik metal ke jantung klenengan.

Kenapa Iduladha 2022 di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda?

Kira-kira kenapa Hari Raya Iduladha di Indonesia dan Arab Saudi jatuh pada tanggal yang berbeda? Ini jawaban dan penjelasan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Ridwan Kamil dan Komunikasi Politik Menuju 2024

Pengelolaan citra atau image management yang dilakukan oleh Ridwan Kamil terlihat unik.

Bayi Hasil Hubungan Inses Kakak-Adik Meninggal Setelah Dilahirkan

Bayi laki-laki dengan kelainan genetik hasil hubungan inses antara kakak dan adik kandung di Dustlik, Uzbekistan, meninggal dunia dua jam setelah dilahirkan.

Narasi Kontra Polarisasi di Tengah Manuver Politik

Politikus dan cendekiawan berulang kali memperingatkan bahaya polarisasi, terutama yang berbasis keagamaan, terhadap demokrasi Indonesia.

Jangan Biarkan Taman Siswa Lenyap dari Ingatan

Sayang jika Taman Siswa sampai lenyap dari ingatan. Perlu ada gerakan penyelamatan Taman Siswa.

Taman Siswa dan Sisa-Sisa Romantisisme

Tanggal 3 Juli 2022 tepat seabad Perguruan Nasional Taman Siswa berdiri. Pada 3 Juli 1922, Ki Hajar Dewantara mendirikan perguruan nasional tersebut di Kota Jogja. Kini tersisa romantisisme dari idealisme Taman Siswa.

Peugeot e-Expert Hydrogen Kendaraan Van Serba Listrik

Peugeot menguji coba kendaraan listrik jenis van angkut berbahan bakar Hydrogen e-Expert, yang dilengkapi teknologi elektrifikasi

Keren! Mahasiswa ITNY Raih Juara II Lomba Cipta Puisi Nasional

Mahasiswa FTSP ITNY, Deandra Marhaendra, berhasil meraih Juara II dalam Lomba Cipta Puisi Nasional.

Sejarah Hari Ini: 3 Juli 1608, Kota Quebec Kanada Didirikan

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 3 Juli.