Ilustrasi korban pembunuhan (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Para tokoh pemimpin negara atau pemimpin organisasi penting biasanya selalu tampil dengan kawalan ketat. Namun, kawalan itu terkadang mampu ditembus orang-orang yang ingin mencelekai para pemimpin.

Sepanjang sejarah, ada beberapa tokoh pemimpin di dunia yang diserang, bahkan sampai tewas terbunuh. Beberapa pembunuhan tokoh pemimpin itu kini menjadi kasus terkenal yang dikenang orang banyak.

Berikut adalah lima pemimpin dunia yang tewas dibunuh:

John F. Kennedy. (Reuters)
John F. Kennedy. (Reuters)

1. John F. Kennedy
Presiden ke-35 Amerika Serikat (AS) tewas dibunuh saat sedang berkeliling di ota Dallas, Texas, AS bersama istrinya, Jackie, 22 November 1963. Ia ditembak pada bagian leher dan kepala di hadapan ribuan orang yang menyambutnya.

Dikutip dari Okezone, serangan yang membunuh Kennedy diyakini berasal dari balik jendela lantai VI sebuah gedung percetakan buku sekolah. Senjata maut itu terdaftar sebagai milik Lee Harvey Oswald yang ditangkap setengah jam setelah pembunuhan oleh petugas kepolisian bernama J.D. Tippit. Oswald yang menampik keterlibatannya, menjadi tersangka cuma beberapa jam setelah diinterogasi.

Anwar Sadat. (Britannica.com)
Anwar Sadat. (Britannica.com)

2. Anwar Sadat
Anwar Sadat adalah presiden ketiga Mesir yang harus mengakhiri hidupnya dengan kisah tragis. Anwar Sadat dibunuh saat menonton parade militer memperingati Perang Yom Kippur 1973, 6 Oktober 1981.

Liputan6.com melaporkan pelaku pembunuhan presiden Mesir adalah anggota organisasi Jihad Islam yang menolak Perjanjian Camp David antara Israel dan Mesir yang merupakan perjanjian damai antara Mesir dan Israel. Pembunuhan Sadat mengawali pemerintahan 3 dekade Hosni Mubarak, yang kala itu menjabat wakil presiden.

Aleksandr II. (Wikimedia.org)
Aleksandr II. (Wikimedia.org)

3. Aleksandr II
Kaisar Rusia, Aleksandr II, yang bertakhta sejak 7 September 1855 dibunuh para anggota kelompok teroris Narodnaya Volya, 13 Maret 1881. Pembunuhannya bahkan dilakukan di depan umum.

Mohandas Karamchand Gandhi. (Biography.com)
Mohandas Karamchand Gandhi. (Biography.com)

4. Mahatma Gandhi
Mohandas Karamchand Gandhi atau yang dikenal sebagai Mahatm Gandi adalah seorang pemimpin gerakan nasionalis India melawan pemerintahan Inggris. Meski dianggap sebagai Bapak India, ada beberapa orang yang tak menyukai kebijakan Gandi.

Pada 30 Januari 1948, Gandhi yang berusia 78 tahun ditembak seorang ekstremis bernama Nathuram Godse saat akan berangkat ke Birla House, New Delhi, dalam acara pertemuan doa.Godse dan rekan konspiratornya, Narayan Apye, lantas dijatuhi hukuman mati pada 15 November 1949.

Indira Gandhi. (Indiatoday.com)
Indira Gandhi. (Indiatoday.com)

5. Indira Gandhi
Indira Gandhi menjabat sebagai perdana menteri India selama tiga periode berturut-turut, sejak 1966 hingga 1977. Ia tewas terbunuh pada 1984 dalam aksi teror yang dilakukan dua pengawal yang memeluk ajaran Sikhisme.

Aksi itu dipicu oleh instruksinya yang memerintahkan tentara menyerang Kuil Emas di Punjab. Kuil itu dijadikan markas para pengikut Sikh yang menginginkan Punjab sebagai negara merdeka.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten