5 Pantai Paling Indah yang Ada di Jawa Timur
Deburan ombak Pantai Klayar. (Instagram/@pantaiklayarpacitan)

Solopos.com, SOLO -- Dengan beribu kepulauannya, Indonesia selalu menawarkan keindahan laut yang sangat mempesona. Tidak hanya harus selalu ke Sulawesi atau Bali saja, Pulau Jawa pun memiliki banyak sekali pantai yang tidak kalah indahnya, khususnya di Jawa Timur. 

Berikut adalah beberapa pantai terindah yang ada di Jawa Timur. 

Baca Juga: Sugar Daddy di Indonesia Terbanyak Kedua di Asia, Prestasi atau Ironi?

Pantai Papuma, Jember 

Pantai Papuma di Jember (Instagram/@ditarosita2).

Selain terkenal di Jawa Timur, Pantai Papuma ini seringkali disebut sebagai pantai terindah di seluruh Pulau Jawa. Pantai ini dapat diakses melalui Kota Jember yang kemudian menuju ke Tanjung Papuma. 

Umumnya, pantai ini menjadi getaway ketika akhir pekan atau liburan pendek. Untuk menikmati pantai ini, Anda dapat menyewa beberapa penginapan yang berjarak sangat dekat dari Pantai Papuma.

Baca Juga:  5 Kota Penghasil Perempuan Cantik di Indonesia, Solo Masuk Hlo

Pantai ini menawarkan pasir putihnya dengan pemandangan bebatuan dan laut yang sangat jernih. 

Teluk Ijo, Banyuwangi

pantai indah di jawa timur
Teluk Ijo di Banyuwangi (Instagram/@zerryfrq_).

Pantai Teluk Ijo atau yang umumnya dikenal dengan Green Bay dari Banyuwangi berlokasi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Untuk ke lokasi pantai dari pusat kota Banyuwangi pun hanya berjarak 90 km. Seperti namanya, Teluk Ijo memiliki air laut jernih yang berwarna hijau toska dan juga pasir putih. 

Baca Juga:  5 Hotel Bersejarah di Pulau Jawa, di Solo Ada?

Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung di Banyuwangi (Instagram/@evylia22).

Tidak hanya Teluk Ijo, kabupaten di Jawa paling timur ini pun masih memiliki beberapa pantai indah lainnya. Salah satunya adalah Pantai Plengkung atau yang biasa disebut pantai G Land. Pantai Plengkung ini sudah lama menjadi tempat berselancar karena ombaknya yang memiliki tinggi rata-rata empat hingga enam meter sepanjang tiga km. 

Pantai Plengkung dapat dituju melalui beberapa cara. Jika Anda menggunakan transportasi darat, Anda bisa bermalam di Kota Banyuwangi sebelum menuju Kaliapit, dan ke arah Pancur. Alternatif lainnya adalah menggunakan transportasi laut. Dari pusat kota Banyuwangi, Anda dapat menuju Grajagan dan menyewa speedboat untuk menuju ke Pantai Plengkung. 

Baca Juga:  5 Kuliner Wajib Saat Berwisata ke Tawangmangu, Nomor Berapa Favoritmu?

Pantai Klayar, Pacitan 

pantai pacitan
Deburan ombak Pantai Klayar. (Instagram/@pantaiklayarpacitan)

Pantai Klayar berlokasi di Desa Donorojo, Pacitan ini hanya erjarak sekitar 35 km saja dari pusat kota. Selain pasir putihnya, Pantai Klayar memiliki keunikan khusus, yakni bebatuan yang menyerupai sphinx dan air mancur alaminya. 

Akses Pantai Klayar ini pun tidak terlalu sulit. Jika Anda berkendara dari di Yogyakarta, Anda dapat langsung menuju arah Wonosari dan langsung menuju Pacitan. 

Baca Juga:  5 Hal Menarik dari Keraton Solo: Ada Tempat Bertemunya Ratu Laut Selatan dan Raja

Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung 

Wisatawan menikmati kolam air asin Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung, Minggu (29/11/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)
Wisatawan menikmati kolam air asin Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung, Minggu (29/11/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Pantai yang sudah cukup dikenal di Desa Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur ini menjadi incaran wisatawan lokal khususnya di masa pandemi. Selain pesona pantainya sendiri, Pantai Kedung Tumpang memiliki kolam alami yang dapat Anda nikmati ketika air laut sedang surut. Kolam alami ini terbuat karena arus ombak kencang yang melewati bebatuan karang di pantai. 

Nah, lima pantai ini hanyalah sebagian kecil dari beberapa pantai indah di Jawa Timur lainnya yang masih banyak lagi. Berlibur untuk menikmati laut tidak harus jauh-jauh bukan?

Baca Juga: Pantas Pada Betah! Ternyata Solo Kota Paling Nyaman di Indonesia

Dan, untuk buat rencana liburan jelajahi berbagai pantai terindah di Jawa Timur, kamu bisa dengan mudah temukan kebutuhan akomodasi di aplikasi Traveloka! 

Selain banyak pilihan hotel, Anda juga bisa booking villa atau pun akomodasi lainnya sesuai dengan kebutuhan liburan Anda. Dan yang terpenting, Anda juga bisa gunakan fitur Traveloka CleanAccommodation untuk pastikan akomodasi yang Anda pilih telah menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan sesuai dengan anjuran otoritas setempat. Dengan begitu, liburan ke pantai-pantai terindah di Jawa Timur jadi bisa lebih aman dan nyaman!

Baca Juga:  5 Tempat Paling Angker di Wonogiri, Ada yang Jadi Sarang Genderuwo

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom