Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah. (Reuters)

Solopos.com, SOLO – Daftar orang terkaya di ASEAN diisi pengusaha yang datang dari berbagai latar belakang. Mulai dari pengusaha properti, kontraktor, perbankan, hingga pengusaha pakan ternak.

Berikut daftar lima orang terkaya di lima negara Asia Tenggara yang dihimpun Solopos.com dari Detik.com, Sabtu (9/11/2019):

Sultan Hassanal Bolkiah (Brunei Darussalam)

Sultan Hassanal Bolkiah merupakan satu-satunya orang terkaya di ASEAN yang berasal dari kerajaan. Harta kekayaannya ditaksir mencapai US$28 miliar atau sekitar Rp392,4 triliun. Kekayaan itu diperoleh lewat industri minyak dan gas bumi.

Sultan Hassanal Bolkiah tinggal di istana terbesar di dunia. Biaya pembangunannya mencapai US$300 juta atau Rp4,9 triliun.

Robert Budi Hartono (Indonesia)

Robert Budi Hartono merupakan orang terkaya di Indonesia. Namanya tercatat berada di peringkat ke-54 orang terkaya dunia. Dalam catatan Forbes, dia mengantongi kekayaan sebesar US$18,6 miliar atau setara Rp260,6 triliun.

Dhanin Chearavanont (Thailand)

Dhanin Chearavanont merupakan orang terkaya di Thailand dan menempati posisi ke-75 dalam peringkat Forbes. Kekayaannya ditaksir mencapai US$17,6 miliar atau Rp246,6 triliun. Kekayaan itu diperoleh dari perusahaan pakan ternak, khususnya ayam yang diekspor ke luar negeri.

Robert Kuok (Malaysia)

Robert Kuok merupakan orang terkaya di Malaysia dengan harta sekitar US$12,4 miliar atau setara Rp173,7 triliun. Dia merupakan salah satu penisnis Shangri-La Hotels and Resort di berbagai negara. Dia merupakan pemilik Beijing World Trade Center dan bisnis perkebunan sawit dengan Wilmat Internasional.

Robert dan Philip Ng

Kakak beradik Robert dan Philip Ng merupakan orang terkaya di Singapura menurut Forbes. Juragan tanah ini memiliki harta sekitar US$12,1 miliar atau Rp169,5 triliun. Mereka telah membangun lebih dari 700 hotel, mal, dan condotel di Singapura dan Hong Kong.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten