5 Orang Mendaftar Cakades Karangduren Boyolali, 2 Di Antaranya Suami-Istri

Lima orang mendaftar sebagai calon kepala desa (cakades) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Karangduren, Kecamatan Sawit, Boyolali, 29 Juni mendatang.

5 Orang Mendaftar Cakades Karangduren Boyolali, 2 Di Antaranya Suami-Istri

SOLOPOS.COM - ilustrasi pilkades, pemilihan kepala desa. (Solopos-Whisnu Paksa)

Solopos.com, BOYOLALI -- Lima orang mendaftar sebagai calon kepala desa (cakades) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Karangduren, Kecamatan Sawit, Boyolali, 29 Juni mendatang.

Dua di antaranya lima orang pendaftar tersebut diketahui berstatus suami istri. Sang suami merupakan petahana, Haryanto, yang sudah dua periode menjabat sebagai Kades Karangduren.

Tahun ini Haryanto maju untuk masa jabatan periode ketiga. Dia mengajak istrinya, Siti Rahayu, yang berprofesi sebagai guru pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk ikut menjajal peruntungan maju sebagai cakades.

Haryanto membenarkan dia dan istrinya sudah mendaftar diri sebagai cakades meski tidak bersamaan. “Saya daftar pada hari Kamis [23/5/2019] sementara istri saya baru selesai mendaftar keesokan harinya [Jumat. 24/5/2019] di batas akhir masa pendaftaran cakades,” ujar Haryanto kepada Solopos.com, Jumat.

Keduanya memang sengaja tidak mendaftar dan mengurus berkas persyaratan di waktu bersamaan lantaran kesibukan masing-masing. Siti yang berprofesi sebagai guru baru bisa mengurus pendaftaran sepulang mengajar sehingga prosesnya lebih lama daripada sang suami.

Bakal melawan sang istri, Haryanto mengaku tetap optimistis akan memenangi kontestasi pilkades tahun ini. “Kalau saya tidak lolos kan bisa juga untuk jaga-jaga istri yang lolos,” imbuhnya.

Sebelumnya kabar mengenai Haryanto yang mengajak istrinya bersama-sama bertarung di pilkades santer terdengar di kalangan warga Karangduren. Kades petahana tersebut beralasan perlu mencari lawan ketimbang melawan kotak kosong jika sepi pendaftar.

Sekretaris Desa Karangduren, Suciman, menyebutkan hingga Jumat siang panitia pilkades sudah menerima lima pendaftar. Mereka adalah petahana Haryanto dan istrinya Siti Rahayu, serta tiga orang penantang lain yaitu Eko Budianto, Eni Setyowati, dan Sukamto.

Suciman mengatakan di desanya dimungkinkan akan terjadi ujian pilkades karena ada sembilan orang yang mengambil formulir pilkades.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).

Inilah Tanda-Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Rider sepeda motor wajib mengetahui kondisi ban saat berkendara karena ban menjadi salah satu komponen inti yang memberikan jaminan keselamatan.  

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)