5 Negara yang Tetapkan Tanggal Kedaluwarsa Sertifikat Vaksin Covid-19

Saat ini semakin banyak negara mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan tanggal kedaluwarsa untuk sertifikat vaksin.

 Ilustrasi vaksin virus corona. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin virus corona. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Jika Anda berencana bepergian ke luar negeri pada 2022, sebaiknya ketahui ada sejumlah negara menetapkan tanggal kedaluwarsa vaksin Covid-19. Ini artinya bagi para pelaku perjalanan yang hendak masuk ke negara tersebut harus memerlukan suntikan penguat atau booster Covid-19 sebelum pergi.

PromosiSiaran Digital April 2022, Pemerintah Jamin Ketersediaan Set Top Box

Saat ini semakin banyak negara mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan tanggal kedaluwarsa untuk sertifikat vaksin. Keputusan ini bisa dimengerti lantaran kemampuan melindungi vaksin Covid-19 memang ada batas waktunya alias tidak berlaku seumur hidup.

Berikut 5 negara yang menerapkan tanggal kedaluwarsa vaksin Covid-19 seperti dilansir dari Times of India dan Bisnis.com pada Minggu (28/11/2021) :

1. Kroasia

Kroasia menjadi negara pertama yang menetapkan masa berlaku maksimum sertifikat vaksin Covid-19. Awalnya, negara menetapkan persyaratan bahwa pelancong harus divaksinasi lengkap tidak lebih dari sembilan bulan sebelum kedatangan, yang kini telah diperpanjang menjadi satu tahun sebelum kedatangan.

Baca Juga: Para Artis Ini Tetap Terlihat Cantik Setelah Melahirkan Anak

2. Austria

Pada bulan Agustus, Austria mengumumkan bahwa sertifikat vaksinnya hanya berlaku selama sembilan bulan setelah vaksinasi penuh, yang kemudian diperpanjang menjadi sekitar satu tahun. Sesuai situs web Pariwisata Austria, sertifikat vaksin berlaku selama 360 hari setelah dosis kedua untuk vaksin 2 dosis. Selanjutnya, sesuai dengan otoritas Austria, vaksin yang hanya memerlukan satu dosis, akan tetap berlaku sejak hari ke-22 setelah dosis itu, dan selama 270 hari sejak tanggal vaksinasi. Selain itu, mereka yang telah pulih dari Covid-19 akan diizinkan masuk ke negara itu hingga 180 hari sejak infeksi.

3. Swiss

Swiss juga membuka perbatasannya bulan lalu untuk pelancong yang divaksinasi penuh. Namun, sesuai laporan terbaru, otoritas kesehatan Swiss kemungkinan akan mempertimbangkan bahwa seseorang divaksinasi penuh hanya untuk jangka waktu 12 bulan sejak tanggal vaksinasi lengkap.

Baca Juga: Mengenal Varian B.1.1.529 yang Disebut Memiliki Jumlah Mutasi Tinggi

4. Vietnam

Karena Asia terus terbuka untuk pariwisata, negara-negara mengadopsi pendekatan yang hati-hati. Vietnam adalah salah satu negara yang bergerak maju dengan pendekatan yang lambat dan hati-hati. Sesuai laporan, negara itu akan memulai program percontohan pada bulan depan, yang akan menawarkan sejumlah terbatas turis asing yang divaksinasi penuh masuk bebas karantina ke Phu Quoc, sebuah wilayah yang dikenal dengan pantainya yang indah. Namun, ada tangkapan dan itu adalah pelancong harus menerima suntikan vaksin kedua setidaknya 14 hari sebelumnya, atau belum lebih dari 12 bulan sebelum kedatangan.

5. Israel

Seperti diberitakan sebelumnya, Israel baru-baru ini memperketat pembatasan untuk Covid-19 Green Pass negara itu, yang diperlukan untuk memasuki tempat-tempat dalam ruangan. Sesuai laporan terbaru, tiket untuk mereka yang telah menerima suntikan vaksin Covid-19 atau mereka yang telah pulih dari Covid-19, sekarang akan tetap berlaku hanya selama enam bulan, setelah tanggal pemulihan mereka atau vaksinasi selesai.

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Kemenkes Sediakan Pelayanan Bagi Pasien Positif Omicron, Begini Caranya

Teknologi telemedisin Kemenkes ini bertujuan menyediakan akses kesehatan terjangkau secara online dengan fleksibel, terjangkau, dan mudah.

Waspada! Gejala Omicron Bisa Bertahan Lama di Tubuh

Beberapa penelitian menyebutkan varian Omicron ini memiliki gejala yang dapat bertahan lama di dalam tubuh orang yang terpapar virus tersebut.

Jadi Enggak Seram! Jalan Permakaman Dipenuhi Bakul Jajanan dan Mainan

Permakaman yang identik dengan tempat menyeramkan bagi sebagian orang malah digunakan bakul jajanan berjualan.

Joget Mendung Tanpo Udan, Instagram NCT Dream Diserbu Netizen Indonesia

NCT Dream membuat heboh netizen Indonesia dengan joget lagu koplo Mendung Tanpo Udan, yang dipopulerkan oleh Ndarboy Genk.

Doa Agar Anak Rajin Ibadah Salat, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa agar anak rajin ibadah salat yang bisa dibaca oleh para orang tua, dilengkapi dengan latin dan artinya.

Viral! Pria Pamerkan Kekuatan Mistis yang Buat Mandau Terbang

Sosok pria menampilkan kekuatan mistis yang membuat mandau terbang tanpa disentuh.

Tata Cara Salat Jenazah, Lengkap dengan Doa

Berikut tata cara dan doa salat jenazah sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad.

Begini Tanda Seseorang Merasa Klik dengan Orang Lain

Penelitian tentang bagaimana tanda seseorang klik dengan orang lain ini diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

7 Dekorasi Imlek Ini Dipercaya Mendatangkan Keberuntungan

Setiap dekorasi dalam perayaan Imlek memiliki makna tersendiri dan dipercaya dapat membawa keberuntungan pada sebuah rumah berikut penghuninya.

Unik! Bakul Mi Ayam Ini Masak Sambil Joget, Alasannya Bikin Heran

Seorang bakul berjoget saat memasak mi ayam pesanan pembeli, konon agar masakannya lebih lezat.

Awas! Lima Ruam Kulit Ini Menunjukkan Gejala Awal Covid-19

Ada lima jenis ruam kulit yang menunjukkan gejala awal Covid-19, apa saja ya?

Demam di Musim Hujan dan Banjir Bisa Jadi Tanda 7 Penyakit Ini

Keluhan seperti demam dan tidak enak badan sering kali terdengar di musim hujan dan banjir.

Viral! Aksi Heroik Sejumlah Santri Gagalkan Pencurian Motor

Viral video aksi heroik sejumlah santri yang berhasil mengagalkan pencurian motor di tempat parkir Jalan Raya Pasar Nongkojajar, Mesagi, Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Viral Video Ridho DA Suruh Istri Makan Bekas Jilatan, Netizen: Jorok!

Video viral Ridho DA yang meminta istrinya untuk memakan jajanan yang habis ia jilat mendapatkan kritikan netizen.

Fakta-Fakta Varian BA.2, Virus Baru yang Disebut Son of Omicron

Meskipun informasi mengenai varian BA.2 masih sedikit, berikut fakta-faktanya yang perlu Anda ketahui.

Catat, Ini Tiga Bahan untuk Mengatasi Jerawat

Ada sejumlah bahan untuk mengatasi jerawat.