SOLOPOS.COM - Teh chamomile. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Ada sejumlah minuman herbal untuk kembalikan indera penciuman yang hilang.  Gejala ini sering terjadi pada penderita Covid-19.

Salah satu gejala yang umum ditemui pada penderita Covid-19 adalah hilangnya indera penciuman. Gejala ini disebut juga dengan anosmia. Penderita sama sekali tidak bisa mencium aroma bahkan yang tajam menyengat sekalipun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak perlu panik ketika indera penciuman hilang, karena bisa dikembalikan dengan cara alami. Seperti mengonsumsi makanan sehat dan minuman herbal. Banyak minum air putih juga bisa mengembalikan indera penciumanmu lho.

Baca Juga: Positif Covid-19, Jangan Asal Konsumsi Obat-Obatan

Ekspedisi Mudik 2024

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini minuman herbal untuk kembalikan indera penciuman yang hilang seperti dikutip dari Detik.com, Kamis (1/7/2021):

1. Teh bawang putih

Bawang putih umumnya digunakan untuk membumbui masakan karena bisa menambah cita rasa makanan yang lebih nikmat. Namun, bawang putih ternyata juga bisa digunakan untuk kembalikan indera penciuman yang hilang. Minuman herbal ini disebut teh bawang putih.

Cara membuat teh bawang putih juga mudah dilakukan. Kamu hanya memerlukan 2-3 siung bawang putih yang digeprek atau cincang, kemudian direbus bersama 1 gelas air putih. Setelah mendidih, saring air rebusan bawang putih itu ke dalam gelas.

Kalau ingin menambahkan 1 sendok teh madu juga bisa. Teh bawang putih ini bisa juga digunakan untuk mengembalikan indra penciuman. Karena, bawang putih mengandung zat antibakterial dan anti-inflamasi yang tinggi.

2. Teh chamomile

Sejak lama teh bunga chamomile digunakan untuk media pengobatan herbal. Segelas teh chamomile hangat disebutkan mampu mengurangi gejala demam dan infeksi karena virus. Selain itu, teh chamomile juga baik dikonsumsi untuk melancarkan sistem pernapasan dan hidung tersumbat.

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Penyebab Upil Menumpuk Saat Bangun Tidur

Salah satu cara mengembalikan indra penciuman juga bisa dengan mengonsumsi teh chamomile. Seduh satu gelas teh chamomile dan konsumsi setiap pagi hari.

3. Air lemon

Lemon mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk menjaga imunitas tubuh. Menurut beberapa sumber, lemon juga bisa digunakan untuk kembalikan indera penciuman yang hilang. Karena, rasa asam lemon dapat membantu mengaktifkan reseptor penciuman dan pengecapan.

Biasanya, air jeruk lemon ini dikonsumsi sebagai minuman hangat. Cara membuatnya juga mudah, hanya dengan mencampuran air lemon dan air hangat. Agar makin nikmat, kamu bisa mencampurkan madu. Konsumsi dua kali sehari hingga kondisi membaik.

4. Cuka apel

Selama ini cuka apel sering dikonsumsi untuk program diet dan kecantikan wajah. Selain itu ternyata cuka apel juga menjadi salah satu cara untuk kembalikan indera penciuman karena Covid-19. Karena cuka apel mengandung zat antimikroba dan anti-inflamasi.

Baca Juga: Ini Tips Efektif WFH Sesuai Zodiak Anda

Bagaimana cara mengonsumsinya? Masukkan 2 sendok teh cuka apel yang rasanya asam segar ke dalam gelas, lalu seduh menggunakan segelas air hangat. Bisa juga kamu tambahkan madu dan aduk hingga merata. Konsumsi seduhan cuka apel ini sebanyak dua kali sehari.

5. Wedang jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang biasa digunakan untuk media pengobatan tradisional. Karena jahe mengandung zat antiinflamasi dan oksidan yang tinggi. Jahe juga memiliki sensasi hangat di tubuh, sehingga baik untuk meredakan gejala flu.

Di Indonesia, minuman jahe biasa disebut wedang jahe. Berupa jahe putih atau merah yang dibakar kemudian diseduh dengan air panas. Agar rasanya makin nikmat, biasanya ditambahkan susu atau madu.

Wedang jahe juga bisa kamu konsumsi untuk mengembalian indra penciuman karena Covid-19. Minum wedang jahe ini dua kali sehari secara rutin sampai penciumanmu kembali.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya