SOLOPOS.COM - Ilustrasi hubungan kucing dan pemiliknya (www.dailymail.co.uk)

Ada lima manfaat kesehatan mempunyai hewan peliharaan.

Solopos.com, SOLO — Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dan ikan mas bisa membuat Anda lebih bahagia dan sehat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dikutip dari Womenshealthmag.com, Jumat (16/9/2016), berikut ini lima manfaat memiliki hewan peliharaan:

Suasana Hati

Ekspedisi Mudik 2024

Hanya setengah jam bermain bersama anjing kesayangan ternyata mendapatkan kebahagiaan hati. Terapi hewan peliharaan dengan kucing juga dapat meyenangkan hati.

Pemilik kucing tidak akan merasa kesepian dan memiliki semangat tinggi daripada mereka yang tidak memiliki kucing. Hal itu bisa jadi karena memeluk hewan seperti kucing dapat melepaskan oksitosin atau hormon cinta dalam tubuh.

Turunkan Hormon Stres

Bermain bersama anjing selama lima menit dapat menurunkan kadar kortisol atau hormon stres. Menurut penelitian, orang yang lelah karena pekerjaan mengatakan merasa lebih santai berada di sekitar hewan peliharaan daripada saat bersama pasangan. Saat bekerja di kantor membawa anjing, tingkat stres orang-orang akan lebih rendah.

Pereda Sakit

Penelitian menunjukkan menghabiskan waktu dengan hewan-hewan dapat membantu meringankan rasa sakit Anda.

Tingkat Kebugaran

Beraktivitas bersama anjing yang sering bergerak bisa membuat tubuh pemiliknya bugar. Mereka juga bisa mendapatkan latihan yang kuat dibutuhkan tubuh.

Jantung

Memiliki hewan peliharaan atau menonton ikan berenang dapat menurunkan denyut jantung dan tekanan darah. Penggemar hewan juga memiliki tingkat kolesterol dan lemak yang rendah.

Menurut penelitian, pemilik kucing kurang berisiko meninggal karena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak memiliki kucing.  Selain itu, pemilik anjing sembilan kali memiliki harapan hidup satu tahun lebih lama setelah mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak memiliki anjing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya