TIPS HIDUP SEHAT : 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kulit & Rambut
Ilustrasi minum air kelapa (magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO — Sudah sejak lama air kelapa dianggap manjur sebagai pelepas dahaga. Bukan hanya di Indonesia, tetapi di seluruh penjuru dunia.

Air kelapa juga dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Bukan hanya merupakan penyegar dahaga, air kelapa juga bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diambil dari air kelapa untuk kulit dan rambut seperti dilansir Magforwomen, Selasa (26/11/2013).

Membuat Rambut & Kulit Lembut

Jika Anda memiliki rambut keriting yang sulit diatur, cobalah mencuci rambut dengan air kelapa setelah keramas. Air kelapa berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut keriting dan kasar.

Jika kulit Anda terasa kering dan kasar oleskan pula air kelapa untuk membantu melembutkan tangan Anda.

Membuat Kulit & Rambut Bersinar

Air kelapa mengandung banyak vitamin B. Zat itu membantu memperbaiki jaringan yang telah usang di kulit dan rambut. Caranya adalah dengan minum air kelapa secara teratur sehingga nutrisi dari air kelapa dapat membantu kulit dan rambut Anda dari dalam.

Mencegah Dehidrasi Rambut & Kulit

Pengaruh sinar matahari dan polusi selama berjam-jam dapat berpengaruh negatif bagi kulit dan rambut karena menyebabkan dehidrasi. Cara untuk mengatasinya adalah dengan minum air kelapa. Kalium yang terkandung di dalamnya dapat membantu menutrisi lebih cepat menuju kulit kepala.

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah salah satu alasan utama penyebab kulit dan rambut rusak. Kalium yang dalam air kelapa mudah dibawa oleh aliran darah dan membantu menurunkan tekanan darah.

Sebagai Anti-Bakteri dan Anti-Jamur

Selama musim hujan, ada risiko tinggi terkena infeksi jamur dan bekteri pada kulit yang membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkannya. Minum air kelapa dapat membantu pemulihan lebih cepat bahkan ketika Anda memiliki infeksi jamur pada kulit.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom