SOLOPOS.COM - Makanan khas Brebs, Kupat Glabed dan Sate Blengong. (Instagram)

Solopos.com, BREBES — Kabupaten Brebes yang terletak di sebelah utara Provinsi Jawa Tengah dikenal sebagai daerah penghasil bawang merah dan telur asin. Jika berkunjung ke Brebes, jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas yang lezat.

Ada sederet kuliner maknyus yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Brebes. Dikutip dari laman indonesia-tourism.com, Selasa (15/3/2022), berikut deretan makanan yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Brebes:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Situs Watu Jaran Brebes, Tempat Pesugihan di Bumiayu?

  1. Telur Asin

    Telur asin khas Brebes adalah makanan wajib yang biasa diburu sebagai oleh-oleh. Telur asin ini memiliki ciri khas bagian tengahnya yang mangsir, berwarna oranye dan berminyak.

    Cita rasa yang khas tersebut diperoleh dari proses pembuatan yang memakan waktu minimal 15 hari pengeraman. Bukan hanya telur asin rebus, Anda juga wajib mencicipi telur asin asap yang lezat dari Brebes.

    Baca juga: Misteri Ikan Keramat di Telaga Ranjeng Brebes

  2.  Kupat Glabed

    Kupat glabed juga merupakan salah satu kuliner khas Brebes. Makanan ini berupa ketupat yang disajikan dengan kuah lodeh atau opor yang kental dan gurih.

    Makanan ini akan semakin nikmat jika disantap dengan topping bawang goreng serta remahan kerupuk warna-warni atau mi.

  3. Sate Blengong

    Bukan hal sulit untuk mencari kuliner sate blengong di Brebes. Kebanyakan warung yang menjual makanan khas Brebes ini biasanya mulai beroperasi pada sore menjelang malam. Anda bisa menemukannya di kawasan Alun-Alun Brebes.

    Blengong merupakan unggas hasil perkawinan silang antara bebek dan entok. Tekstur dagingnya mirip seperti bebek yang berserat, tetapi lebih empuk. Biasanya makanan yang satu ini disantap bersama kupat glabed.

    Baca juga: Misteri Jembatan Brug Bodol Bumiayu: Tumbal Pengantin Dikuliti

  4. Rujak Belut

    Rujak belut juga termasuk makanan khas Brebes yang patut dicoba. Makanan ini berisi belut goreng yang disajikan dengan bumbu rujak. Satu porsi rujak belut ini dihargai Rp25.000 dan sudah mendapatkan nasi dan lalapan.

  5. Nasi Lengko

    Nasi lengko juga merupakan kuliner primadona di Brebes. Sajian ini berupa nasi putih dengan timun segar, tauge rebus, serta tempe dan tahu yang disiram bumbu kacang. Harga seporsi makanan khas Brebes ini pun sangat terjangkau, mulai Rp5.000/bungkus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya