5 Langkah Pulihkan Data & File Penting Hilang di Laptop dengan Mudah
Ilustrasi perempuan dan laptop (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Sederhana, cepat dan simpel hanya lima langkah saja kamu bisa mengembalikan semua data dan file yang sangat penting hilang atau terhapus di dalam laptop dengan metode ini.

Proses penyimpanan data penting sekarang ini memang kebanyakan disimpan pada laptop atau komputer padahal ini sangat rawan memang. Kerusakan pada laptop baik dari sisi hardware dan software-nya akan membuat data anda hilang dalam sekejap, maka dari itu kami sarankan anda melakukan backup berkala di hardisk eksternal misalkan.

Tapi, jika kondisi ini sudah terlanjur anda alami, maka cara satu satunya adalah mencari cara bagaimana memulihkannya dengan kondisi utuh tanpa ada yang kurang satu apapun.

Cara yang paling populer digunakan saat ini adalah dengan menggunakan bantuan pihak kedua yakni penyedia layanan data recovery. Tapi kelemahannya adalah tidak semua jenis perangkat data recovery ini bisa berhasil memulihkan data anda secara utuh.

Kami akan memberikan satu rekomendasi data recovery software free alias gratis yang bisa anda coba. Di mana tingkat pemulihan data dan file menggunakan software ini lebih besar dibandingkan dengan perangkat lunak serupa.

EaseUS Data Recovery Wizard adalah nama software milik EaseUS, ya ini adalah salah satu perangkat lunak pemulihan data terbaik di dunia saat ini yang bisa anda coba dengan gratis. Tapi kelemahan mode free ini adalah anda hanya bisa mengembalikan data atau file dengan ukuran maksimal 2GB, sedangkan versi pro anda bisa mengembalikan data dengan ukuran tidak terhingga alias unlimited.

Jika anda ingin mencoba kami sarankan gunakan yang mode free dulu tidak masalah, jika dirasa work maka bisa update ke pro. Di mana jika dibandingkan dengan harga dengan nilai file anda yang sudah bertahun tahun di kumpulkan sangat jauh tidak sebanding.

Bahkan saat ini EaseUS sedang memberikan diskon 50% di sini yang bisa anda gunakan saat ini juga. Tidak hanya file berupa dokumen, namun foto, kemudian video juga bisa anda kembalikan cepat dan juga mudah.

Apa saja kelebihan dari software EaseUs ini ?

1. Mampu Memulihkan Data yang Hilang

Perangkat ini, mampu dengan sempurna mengembalikan data anda yang hilang dalam kondisi PC rusak permanen. Data berupa dokumen dengan format apa saja bisa di pulihkan kembali, apalagi hanya foto dan video dan ukurannya juga tidak terbatas.

2. Pemulihan Partisi

Melakukan pemulihan partisi yang tiba tiba menghilang, atau terhapus, sampai bahkan tidak dapat diakses bisa dengan EaseUS hanya beberapa langkah saja akan kembali dengan sempurna.

3. Pemulihan File Terformat

Kerennya lagi, ini software bisa mengembalikan banyak file yang dimana dalam ketidaksengajaan atau secara sengaja anda format kemudian terhapus dan bisa anda kembalikan dengan utuh.

4. Pemulihan Media Penyimpanan

HDD kamu rusak ? jangan khawatir kamu bisa menggunakan bantuan dari EaseUS Data Recovery Wizard ini dimana proses pemulihan HDD yang rusak sampai tidak bisa kalian akses akan sangat cepat prosesnya.

5. Pemulihan Data Darurat

Ini yang sangat keren, meskipun kondisi ini kejadiannya tidak akan sering banget tapi tidak menutup kemungkinan tiba tiba PC kalian kehilangan semua data karena kesalahan install perangkat baru yang ada virusnya.

Virus yang merusak file dan membuat data kalian hilang akan bisa dikembalikan lagi oleh Data Recovery Wizard ini dengan cara cepat dan ringkas. Ini adalah kelebihan lain yang tidak akan kalian temukan di software data recovery manapun.

Untuk panduan dasar kami akan berikan sedikit tutorial kepada anda secara sekilas dalam menggunakan perangkat EaseUS ini yuk cek dibawah.

Langkah Pulihkan Data & File Penting Hilang di Laptop

1. Instal dulu perangkat lunak atau software EaseUS

2. Kemudian buka, dan jalankan di PC anda.

3. Kemudian Pilih Lokasi untuk Mulai Menemukan Data bisa anda cek digambar dibawah ini.

EaseUS Data Recovery Wizard

Silahkan pilih lokasi di mana anda kehilangan data dari dan mulai memindai.

Anda dapat menentukan lokasi file seperti Desktop, Perpustakaan, atau Dokumen atau anda dapat memilih hard drive, partisi, atau perangkat penyimpanan eksternal untuk dipindai.

4. Pindai Komputer atau Perangkat Anda

Perangkat lunak EaseUS akan dengan cepat memindai dan mendaftar semua file di lokasi yang dipilih yang baru saja dihapus atau dikosongkan dari Recycle Bin.

Kemudian itu akan memulai pemindaian lain secara otomatis. Ini akan menemukan lebih banyak file yang hilang dengan benar-benar mencari seluruh area data perangkat penyimpanan anda daripada hanya memindai direktori file.

Namun, ini akan membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan.

Coba gunakan filter, akan lebih mudah mencari data.

5. Pratinjau dan Pulihkan File yang Hilang

Perangkat lunak ini memungkinkan anda untuk melihat semua file yang dapat dipulihkan setelah pemindaian.

Anda dapat memfilter menurut jenis file atau lokasi. Setelah file memfilter, melihat pratinjau, dan memilih semua file penting yang ingin

Anda pulihkan, tekan tombol ‘Pulihkan’ untuk segera mendapatkan kembali data Anda.

Catatan Penting:
JANGAN simpan file kembali ke partisi hard drive yang sama atau perangkat eksternal tempat Anda kehilangan datanya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom