SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/andrewjpearce.com)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/andrewjpearce.com)

Setiap pengusaha atau entrepreneur akan menemui banyak sekali tantangan. Karena itu, bagaimana cara Anda mengatasinyalah yang akan menentukan apakah bisnis Anda akan sukses atau gagal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut adalah lima tips sukses dari Adam Nelson dan Lee Rhodes, para pebisnis peraih penghargaan dari Entrepreneur Magazine.

Kemampuan networking

Ekspedisi Mudik 2024

Kembangkan kemampuan networking Anda dan keluarlah untuk berdiskusi dengan banyak orang. “Cari orang di mana Anda bisa belajar darinya,” kata Adam Nelson. Menurutnya, kadang apa yang tidak Anda butuhkan hari ini, kemungkinan akan dibutuhkan besok.

Jangan mudah dipengaruhi

Selalu saja ada orang yang tidak percaya pada kemampuan Anda, terutama saat bisnis baru berjalan. Kadang Anda memang butuh saran dan pendapat orang yang lebih paham seputar bisnis, namun kadang Anda juga harus percaya pada keputusan dan kemampuan sendiri. Karena pada dasarnya, yang benar-benar paham akan bisnis Anda adalah Anda sendiri.

Berani ambil risiko

Tak ada pengusaha sukses yang tak berani mengambil risiko, karena itulah jangan pernah takut untuk mencoba, kata Nelson.

Sembunyikan kelemahan

Jika Anda tidak menguasai sesuatu, pastikan Anda memiliki seseorang yang ahli sebagai partner. Misalnya, Anda adalah orang yang lebih senang melihat semuanya secara keseluruhan dan tidak menyukai detail, tapi menurut Lee Rhodes dalam bisnis, perhatian pada setiap detail adalah penting.

Jangan takut berbagi

Menurut Nelson, jangan pernah takut untuk berbagi atau menceritakan ide-ide Anda. Mungkin mereka tidak dapat membantu Anda, tapi siapa tau orang lain bisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya