5 Kisah Misteri Alas Purwo, Hutan Tertua di Pulau Jawa
Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. (Detik.com)

Solopos.com, BANYUWANGI – Alas Purwo merupakan hutan terkenal di ujung timur Pulau Jawa tepatnya berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur. Konon, banyak kisah misteri di dalamnya yang belum terpecahkan sampai sekarang.

Penduduk setempat percaya di tempat bersemayam para jin seantero Nusantara. Hutan tertua di Pulau jawa ini menyandang berbagai predikat magis seperti tempat pesugihan, tempat semedi, dan hal mistis lainnya.

Pada zaman dahulu, di hutan inilah para raja sering berkumpul dan bertukar pikiran serta menenangkan diri. Goa Istana ini menjadi tempat yang paling sering dikunjungi untuk bertapa atau mencari ilmu gaib.

Masyarakat setempat percaya bahwa Goa Istana di Alas Purwo dijaga dua prajurit jin yang bertubuh besar. Itulah kenapa banyak orang yang sering bersemedi di gua paling fenomenal di Pulau Jawa ini.

Bakso Bakar Hits Pak'e Ida Solo, Tanpa Pelet Bisa Bikin Lengket

Channel Youtube bernama SI MIMEN mengungkap misteri Alas Purwo Banyuwangi. Dalam kontennya yang berjudul “Menguak Misteri Alas Purwo, Hutan Tertua Di Pulau Jawa” yang diunggah pada (28/9/2019) menceritakan hal mistis yang menyelimuti Alas Purwo.

Pertama soal mitos orang yang  belum tentu bisa keluar setelah memasuki Alas Purwo. Banyak rumor beredar mengenai orang orang yang hilang di hutan tersebut. Bahkan ada juga cerita tentang orang-orang yang penasaran dan masuk Alas Purwo tapi mereka tak bisa keluar dan tertelan selamanya di rapatnya pepohonan. Hal tersebut karena orang-orang tersebut punya niat jahat dan hati yang kotor.

Resep dan Cara Membuat Odading, Jajanan yang Lagi Viral

Belajar Ilmu Gaib

Kedua, Alas Purwo digunakan sebagai tempat belajar ilmu gaib. Terdapat banyak gua di sana yang bisa digunakan untuk mempelajari ilmu gaib. Hal itu terbukti dengan jejak-jejak yang ditinggalkan manusia. Banyak rumor yang beredar bahwa siapa saja yang sudah selesai belajar di Alas Purwo, dia akan sakti luar biasa.

Ketiga, Alas Purwo menjadi tempat favorit semedi bagi Bung Karno. Selain dikenal dengan cerita mistisnya, Alas Purwo juga sering dikaitkan dengan sosok Bung Karno.

Banyak cerita mengenai sang proklamator yang dikisahkan sering mengunjungi hutan ini. Tujuannya untuk bertapa memikirkan bangsa Indonesia. Selain itu Bung Karno juga bersemedi untuk melakukan kontak dengan sang penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul. Namun cerita itu belum terbukti kebenarannya, dan Bung Karno pun tidak pernah bercerita tentang Alas Purwo.

Razia Knalpot Brong di Karanganyar, 110 Motor Disita

Kerajaan Jin

Selanjutnya adalah Alas Purwo sebagai kerajaan jin terbesar. Cerita yang dikenal masyarakat adalah Alas Purwo adalah daerah dimana kerajaan jin berdiri. Bahkan menurut cerita, kerajaan jin di sini begitu besar, megah dan sangat ramai. Bagi orang-orang tertentu yang memiliki kelebihan, mereka bisa melihat kerajaan jin di Alas Purwo ini.

Alas Purwo memang terlihat seperti hutan-hutan pada umumnya, banyak pohon dan sangat lebat. Namun ketika Anda bisa masuk ke dalamnya, tempat ini menunjukkan pemandangan yang beragam. Salah satunya terdapat banyak gua yang menyebar di penjuru hutan. Kabarnya, masing-masing gua tersebut ada penghuninya. (Monica Cahyaningrum/JIBI/Madiunpos.com)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom