SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Lima keluarga asal Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, mengikuti program transmigrasi ke Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Kini lima keluarga tersebut mengikuti tahapan pelatihan sebelum diberangkatkan ke Bulungan pada September mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo Bahtiyar Zunan mengatakan Kabupaten Sukoharjo hanya menerima kuota transmigrasi tahun ini sama seperti 2018, yakni sebanyak lima keluarga. Jumlah tersebut sesuai dengan ketetapan yang diberikan dari Provinsi Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada lima keluarga masuk program transmigrasi dan akan diberangkatkan ke Bulungan, Kalimantan Utara, tahun ini,” kata dia, Rabu (31/7/2019).

Bahtiyar mengatakan lima keluarga tersebut dipilih setelah melalui rangkaian verifikasi oleh tim Pemkab. Mereka sebelumnya masuk dalam daftar antrean untuk mengikuti program transmigrasi.

Mereka telah menyatakan kesanggupannya mengikuti program transmigrasi dan siap meninggalkan tempat asalnya ke tanah rantau.

“Sebelum diberangkatkan ke daerah transmigrasi kelima keluarga ini terlebih dahulu mengikuti proses diklat di balai diklat di Yogyakarta,” katanya.

Selama diklat para peserta transmigrasi akan mendapatkan pembekalan materi. Salah satunya berkaitan dengan kegiatan dan program selama di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Pada intinya para peserta transmigrasi sejak dini harus mendapatkan gambaran mengenai kehidupan di daerah tujuan. “Cara bertahan hidup di daerah transmigrasi perlu dikenalkan karena kondisi geografis alam di Sukoharjo dengan di Kabupaten Bulungan berbeda,” tuturnya.

Pemkab Sukoharjo terus melakukan persiapan dalam proses pemberangkatan peserta transmigrasi. Sebab kelengkapan persyaratan semuanya telah terpenuhi dan tinggal menunggu jadwal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya