SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Wilayah rentan rawan pangan di Wonogiri bertambah dari empat kecamatan menjadi lima kecamatan. Lima kecamatan itu Manyaran, Paranggupito, Giritontro, Pracimantoro dan Kismantoro. Satu kecamatan tambahan tahun ini yakni Kecamatan Manyaran.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Ketahanan Pangan Wonogiri, Safuan, saat ditemui wartawan di Pemkab Wonogiri, Jumat (30/11/2012). Untuk itu, pihaknya akan memberi bantuan ke lima kecamatan tersebut pada akhir Desember.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Sasaran kami tetap warga miskin. Bantuan akan kami berikan akhir Desember. Tapi, untuk jumlahnya, kami masih menunggu data dari lima kecamatan terkait jumlah KK [kepala keluarga] miskin yang akan diberi bantuan,” katanya saat ditemui seusai rapat koordinasi dengan Camat di lima kecamatan.

Ia menambahkan pemberian bantuan itu untuk membantu cadangan pangan masyarakat yang semakin menipis karena belum ada panen di lima kecamatan tersebut. Bantuan beras itu diambilkan dari cadangan beras kabupaten yang disimpan di Gudang Bulog Ngadirojo sebanyak 100 ton. Sebelumnya, pada 2011, cadangan beras kabupaten sebanyak 100 ton telah disalurkan ke empat kecamatan sebanyak 70 ton untuk 7.000 KK.

Safuan menambahkan satu KK tersebut mendapat bantuan 10 kilogram. Menurutnya, Kecamatan Manyaran itu dimasukkan dalam pendataan karena bertambahanya KK miskin di wilayah tersebut. Hal itu, lanjut dia, sesuai Pendataan Progam Perlindungan Sosial (PPLS) pada 2011, jumlah total KK miskin di Kecamatan Manyaran menjadi sekitar 3.700 KK. Sedangkan sebelumnya dibawah 3.000 KK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya