Foto ilustrasi (REUTERS/Mike Segar)

Solopos.com, SOLO - Aktivitas yang padat membuat orang semakin banyak mempergunakan gawai pintar seperti smartphone. Bahkan tak jarang orang seolah mengalami ketergantungan dengan smartphone.

Tanpa disadari, ada sejumlah kebiasaan yang membuat komponen smartphone cepat rusak. Baterai menjadi salah satu yang paling banyak dikorbankan.

Berikut rangkuman Solopos.com tentang sejumlah kebiasaan yang bikin smartphone cepat rusak;

Sering Mengisi Baterai di Mobil dan Powerbank

Kebiasaan mengisi daya baterai di mobil hampir sering dilakukan oleh beberapa orang. Padahal kebiasaan ini tidak dianjurkan. Sama halnya dengan melakukan pengisian daya menggunakan powerbank.

Cat Tembok Bergelembung? Top Seal Indaco Solusinya

Mengisi daya baterai handphone di mobil dapat mengurangi usia baterai. Hal ini dikarenakan arus listrik yang tidak sesuai dengan kebutuan handphonemu.

Mengisi Daya Terlalu Sering

Setidaknya, lakukan pengisian daya ketika bateraimu sudah menunjukkan 30 atau 40 persen. Saat sedang mengisi daya baterai, hindari untuk sambil memainkannya.

Catat! Ini Doa Pembuka Rezeki Setiap Hari

Hal ini akan merusak masa baterai, karena baterai tidak terisi dengan baik dan sempurna.

Selain itu, saat terbaik untuk melepaskan pengisian baterai ketika sudah mencapai 40 hingga 80 persen.

Terlalu Banyak Menyimpan Foto

Kebiasaan ini paling sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone. Apalagi di zaman sekarang semua orang sangat suka mengambil foto, tetapi foto yang diambil nyatanya malah memenuhi album bawaan di smartphone.

Kalau sudah demikian, sistem pasti memerlukan sedikit waktu untuk membaca semua foto dan video, akibatnya hal ini bisa memaksa RAM smartphone bekerja ekstra.

Tak Cuma Bikin Relaks, Teh Juga Tingkatkan Fungsi Otak

Untuk mengakali hal ini, gunakan aplikasi Google Photos karena foto dan video yang disimpan di dalamnya memakai memori bawaan dari Google Photos.

Beban RAM Terlalu Berat

Pengguna seringkali juga tidak sadar kalau RAM smartphone sudah melebihi kapasitas pemakaian. Biasanya, hal ini disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang atau gim yang dimainkan terlalu berat untuk spesifikasi smartphone-mu.

Karenanya, biasakan untuk menyisakan ruang RAM smartphone untuk kinerja yang optimal.

Mengabaikan Cache

Seringkali pengguna mengabaikan tentang apa itu cache. Padahal kalau dibiarkan menumpuk, jelas bakal menganggu kinerja Android.

Perlukah Wanita Pakai Bra? Ini Kata Ahli

Cara menghapus cache juga sangat mudah.

Kamu hanya perlu beranjak ke Settings -> Storage -> Cache Data -> lalu hapus cache yang ingin dihapus.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten