SOLOPOS.COM - Ilustrasi kambing. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Masyarakat Desa Purwodadi, Tepus mulai mewaspadai keberadaan anjing liar yang memangsa ternak warga

 

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Masyarakat Desa Purwodadi, Tepus mulai mewaspadai keberadaan anjing liar yang memangsa ternak warga. Pasalnya dalam beberapa hari terakhir ada lima ekor kambing yang mati karena digigit hewan liar tersebut.

Baca juga : PETERNAKAN GUNUNGKIDUL : Duh, Serangan Hewan Buas Terus Terjadi

Kepala Desa Purwodadi, Sucipto mengakui matinya lima kambing milik warga karena serangan anjing liar bukan hal yang baru karena hampir terjadi setiap tahun. Dia menyontohkan, di tahun lalu ada belasan kambing warga yang mati karena digigit kawanan anjing liar.

“Tahun lalu serangan terjadi Dusun Pulegundes I, Pulegundes II, Puleireng, serta Dusun Bengle II. Untuk tahun ini, serangan baru menyasar di Dusun Sureng yang lokasinya dari Pantai Siung hingga Ngondo,” kata Sucipto saat dihubungi wartawan, Rabu (9/8/2017).

Dia menjelaskan, masyarakat bisa mengenali jika kambing mati karena dimangsa anjing liar terlihat dari ciri-ciri serangan. Sama seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya, pada kambing mati terdapat luka gigitan di bagian leher. “Kawanan itu tidak memakan sampai habis karena yang dimakan hanya sebagian saja, kemudian ditinggal pergi,” ujarnya.

Sucipto menduga serangan terjadi karena stok makanan di alam bebas telah habis sehingga kawanan anjing liar itu menyerang ternak. Terlebih lagi, lanjut Sucipto, keberadaan ternak-ternak tersebut diperlihara di sekitar ladang pertanian yang letaknya jauh dari pemukiman warga.

“Sudah saya instruksikan untuk meningkatkan kewaspadaan. Kalau menemukan hewan ini, saya juga meminta untuk dibunuh saja,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya