Tutup Iklan

5 Kabupaten di Jateng Ini Akan Terima BLT Desa dan Sembako 3 Bulan

Pemerintah memutuskan memberikan BLT Desa dan sembako bagi rumah tangga miskin ekstrem di lima kabupaten prioritas masing-masing provinsi.

 Ilustrasi bantuan sembako. (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bantuan sembako. (Antara)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak lima kabupaten di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ini menjadi sasaran program bantuan rumah tangga miskin ekstrem tahun 2021. Pemerintah pusat akan mengucurkan BLT Desa dan sembako selama tiga bulan.

Lima kabupaten di Provinsi Jateng itu Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Banjarnegara. Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, menyampaikan pemerintah memilih tujuh provinsi sebagai daerah prioritas penanggulangan kemiskinan pada 2021. Masing-masing provinsi hanya dipilih lima kabupaten.

Pemerintah memutuskan memberikan BLT Desa dan sembako bagi rumah tangga miskin ekstrem di lima kabupaten prioritas masing-masing provinsi itu dengan pertimbangan tahun 2021 segera berakhir. Data provinsi dan kabupaten prioritas diambil dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2020.

Baca Juga : Heroik, Damkar Wonogiri Evakuasi Anak Kucing Terjebak di Gorong-Gorong

“Untuk program khusus di sisa tahun tahun 2021 ini kami akan menggunakan program yang ada yaitu Program Sembako dan BLT-Desa. Untuk memberikan tambahan bantuan bagi kelompok miskin ekstrem di lima kabupaten (di masing-masing provinsi) prioritas ini,” kata Ma’ruf saat memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem dengan Gubernur Jateng dan lima Bupati di Jateng itu secara luring, seperti dikutip dari suara.com, Kamis (7/10/2021).

Ma’ruf menerangkan data kelompok penerima manfaat mengacu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial dan daftar nama yang digunakan Kementerian Desa untuk menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) desa. Ma’ruf menekankan agar data tersebut terus diperbaiki sehingga akurat.

“Saya minta agar perbaikan data terus dilakukan sehingga pelaksanaan program pada 2022 sampai 2024 dapat menggunakan data rumah tangga miskin ekstrem lebih mutakhir dan akurat,” ujar dia.

Baca Juga : Misteri 4 Tiang Baja di Wonogiri Tak Bisa Dicabut Ternyata Dekat Makam

Ma’ruf juga menjelaskan skema pemberian uang tunai tambahan ini akan dilakukan selama tiga bulan terakhir tahun 2021. Tahun depan, lanjut dia, pemerintah akan menekankan kembali pelaksanaan program pemberdayaan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kapasitas rumah tangga miskin ekstrem.

“Saya minta saudara-saudara sekalian mempelajari berbagai macam program yang dilaksanakan pemerintah pusat dan mengupayakannya berbagai program tersebut dapat diterima rumah tangga miskin ekstrem di lima kabupaten prioritas.”

Seperti dilansir dari suara.com, Kamis (7/10/2021), Kabupaten Brebes memiliki tingkat kemiskinan ekstrem 10,34% dan jumlah penduduk miskin ekstrem 197.520 jiwa. Kabupaten Pemalang memiliki tingkat kemiskinan ekstrem 9,52% dengan jumlah penduduk miskin ekstrem 124.270 jiwa.

Baca Juga : Wow… Ada 5,2 Juta Batang Rokok di Bea Cukai Surakarta, dari Mana?

Kabupaten Banyumas memiliki tingkat kemiskinan ekstrem 6,83% dengan jumlah penduduk miskin ekstrem 116.330 jiwa. Kabupaten Kebumen memiliki tingkat kemiskinan ekstrem 7,68% dengan jumlah penduduk miskin ekstrem 92.190 jiwa.

Kabupaten Banjarnegara memiliki tingkat kemiskinan ekstrem 7,23% dengan jumlah penduduk miskin ekstrem 67.010 jiwa. Total penduduk miskin ekstrem di Jawa Tengah 581.968 jiwa pada 2021.


Berita Terkait

Espos Plus

Data Jadi Urat Nadi Ekonomi Digital, Kepercayaan adalah Jantungnya

+ PLUS Data Jadi Urat Nadi Ekonomi Digital, Kepercayaan adalah Jantungnya

Bagi perusahaan siber, privasi, keberlanjutan, perlindungan hukum, dan keamanan fisik berjalan beriringan dengan kepercayaan karena semuanya saling berhubungan.

Berita Terkini

Hidden Canyon, Mutiara Tersembunyi di Kaki Pegunungan Muria

Alasan penamaan tersebut karena ngarai tersebut berada di tempat tersembunyi dan memang belum banyak diketahui keberadaanya oleh banyak orang karena akses jalannya yang sulit.

Januari 2022 Puncak Musim Hujan, Jateng Siaga Banjir

BMKG memprediksi puncak musim hujan terjadi pada Januari 2022 dan mengingatkan warga Jateng waspada karena termasuk wilayah siaga banjir.

Saung Diterjang Banjir, Kakek di Brebes Terseret Arus Sungai Pemali

Seorang kakek di Brebes, Jawa Tengah (Jateng), dikabarkan hanyut akibat banjir yang melanda Sungai Pemali.

Innalillahi! Bus Rombongan Warga Toroh Grobogan Nyemplung ke Sungai

Bus rombongan warga Desa Genengadal, Kecamatan Toroh terguling dan masuk sungai di Desa Jeketro, Kecamatan Gubug, Grobogan.

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bus Sudiro di Tol Semarang-Solo

Bus PO Sudiro Tungga Jaya jurusan Jakarta-Yogyakarta mengalami kebakaran di tol Semarang-Solo, Bergas, Kabupaten Semarang.

Angkut 30 Penumpang, Bus Sudiro Tunggal Kebakaran di Tol Semarang-Solo

Gangguan mesin menyebabkan bus PO Sudiro Tunggal mengalami kebakaran saat melintasi tol Semarang-Solo, tepatnya di Kabupaten Semarang.

PLN Bagikan Gerobak Molis kepada UKM Jateng, Dorong Produktivitas Usaha

PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik (molis) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada pelaku UKM di Jateng untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Polres Kudus Gerebek Tempat Produksi Minuman Keras Jenis Arak

Jajaran Polres Kudus menggerebek tempat produksi minuman keras atau miras di sebuah gudang, di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus.

Sidak Wali Kota Semarang Viral, Warganet Ramai Ikutan Usul Ini

Unggahan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat melakukan sidak di Kantor Kelurahan Bulusan, di akun instagram pribadinya mendadak viral.

Sejarah Vihara Buddhagaya Semarang

Vihara Buddhagaya di Semarang, Jawa Tengah, memiliki sejarah panjang karena didirikan sejak 500 tahun lalu, tepatnya saat keruntuhan Majapahit.

Indahnya Sunrise di Taman Posong Lereng Sindoro Temanggung

Wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memiliki pesona wisata alam yang indah dan masih baru seperti Taman Posong.

Wisata Makam Apung di Pantai Sayung, Tak Tersentuh Air Laut

Demak memiliki objek wisata religi berupa makam apung milik Mbah Mudzakir yang konon tidak pernah terendam air laut meski terjadi gelombang tinggi.

Tragedi Berdarah! 5 Warga Slawi Tewas Diracun Dukun Pengganda Uang

Kisah tragis kali ini tentang tragedi berdarah yang merenggut lima nyawa warga Slawi akibat ulah dukun pengganda uang.

Banyak Tambang Ilegal di Merapi Rusak Lingkungan, Ganjar Pranowo Pusing

Gubernur Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat tidak sembarangan menerbitkan izin usaha penambangan karena banyak yang merusak lingkungan dan membuatnya pusing.

Kontroversi Gelar Kartini, Mestinya R. Ay Bukan RA, Begini Ceritanya

Gelar RA yang disematkan kepada Kartini sebagai tokoh emansipasi wanita di Indonesia kurang tepat, karena dalam budaya Jawa gelar Kartini mestinya R.Ay.

Wisata Seru ke Wonosobo: Romantis, Eksotis & Magis

Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki sederet objek wisata alam yang romantis, eksotis, dan magis.