Tutup Iklan

5 Jenis Ventilasi Rumah yang Sehat

Sistem ventilasi rumah yang ideal harus bisa menyalurkan udara secara maksimal, menyediakan celah bukaan yang cukup, dan mampu menyaring debu atau udara kotor yang masuk

 Ilustrasi ventilasi udara (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ventilasi udara (freepik)

Solopos.com, SOLO — Rumah yang sehat bukan hanya punya ciri-ciri rumah ramah lingkungan, tetapi juga memiliki sistem sirkulasi udara yang baik. Oleh karena itu, sistem ventilasi rumah menentukan seberapa sehat hunian tinggalmu.

Sistem ventilasi rumah yang ideal harus bisa menyalurkan udara secara maksimal, menyediakan celah bukaan yang cukup, dan mampu menyaring debu atau udara kotor yang masuk. Sistem ventilasi rumah sendiri terbagi kedalam menjadi dua, yaitu sistem ventilasi rumah alami dan sistem ventilasi rumah mekanis. Berdasarkan jenisnya, ada banyak variasi ventilasi yang bisa digunakan. Berikut lima jenis ventilasi dikutip dari dekoruma.com, Senin (12/07/2021), yang bisa membuat rumah lebih sehat untuk dihuni.

Baca Juga: 5 Tips Menata Dapur Minimalis Supaya Tampak Rapi

1. Jendela ventilasi
Jendela ventilasi merupakan vetilasi rumah permanen yang umumnya dipasang di atas jendela utama pada rumah-rumah di wilayah tropis. Hal yang sering menjadi kesalahan dalam penggunaan ventilasi rumah ini adalah ukuran dan jumlahnya tidak disesuaikan dengan luas ruangan. Minimal ventilasi rumah berjenis ini luasnya harus mencakup 5% dari luas ruangan.  Dalam pemasangannya, usahakan boven dipasang saling berhadap-hadapan (cross ventilating) sehingga udara atau hawa panas dapat langsung keluar-masuk dan tidak mengendap di dalam ruangan.

2. Loster, ventilasi yang dekoratif
Ventilasi rumah yang satu ini dapat memberikan tampilan yang berbeda pada rumahmu. Celah-celah pada ventilasi rumah ini sengaja dibentuk untuk memperlihatkan sebuah pola atau motif tertentu. Ukiran celah ini yang membuat loster juga berfungsi sebagai dekorasi ruangan. Selain itu, ventilasi rumah ini juga terbuat dari berbagai variasi material, seperti kayu, semen, ataupun keramik. Karena keunikannya ini, loster adalah salah satu ventilasi rumah yang juga bisa digunakan sebagai variasi sekat ruangan atau pagar rumah.

Mengontrol Intensitas Cahaya Masuk

3. Ventilasi dengan jalusi
Jalusi merupakan salah satu jenis ventilasi rumah alami yang dipasang pada jendela horizontal. Ventilasi rumah yang satu ini tersusun atas kisi-kisi, yang diantaranya terdapat celah untuk jalur masuknya udara dan cahaya.

Penggunaan jalusi sebagai ventilasi rumah dapat mengontrol intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah karena material penyusunnya mampu menyerap dan memantulkan cahaya berlebih. Dengan strukturnya yang berkisi, ventilasi rumah ini mampu menyaring udara kotor yang masuk. Jalusi juga mudah untuk dibuka dan ditutup, sehingga penggunaanya dapat diatur sewaktu-waktu, sesuai dengan kebutuhan ruang.

Baca Juga: Mau Beli Rumah, Ini Tips Pilih Lokasi Perumahan yang Ideal

4. Jalur ventilasi di atap
Pada rumah yang menerapkan sistem ventilasi mekanis, biasanya ventilasi rumah yang digunakan adalah kipas penghisap (exhaust fan). Penyaring udara ini dipasang di atas plafon di tiap-tiap ruangan, terhubung dengan jalur aliran udara yang berpusat pada Heat Recovery Unit (MVHR) yang diletakan loteng.

Pada mesin tersebut, udara yang telah terhisap terlebih dahulu diekstraksi. Hasilnya, udara yang bersih akan disalurkan kembali ke dalam ruangan, sedangkan udara yang tercemar akan dibuang ke luar rumah. Ventilasi rumah dengan sistem mekanis sangat efektif dalam membersihkan udara yang terkontaminasi, bahkan bisa menjebak debu dan serangga.

5. Ventilasi di dapur dan kamar mandi
Dapur dan kamar mandi di rumah memang sebaiknya memiliki sistem ventilasi rumah sendiri. Aktivitas yang dilakukan di dapur dan kamar mandi menghasilkan uap air yang bertemperatur tinggi. Untuk itu, diperlukan sebuah sistem ventilasi rumah khusus pada kedua ruangan tersebut untuk menghilangkan uap air yang panas yang muncul saat memasak ataupun saat menggunakan air panas di kamar mandi.

Apabila uap air yang panas tidak dibuang atau disalurkan keluar, maka udara panas akan melingkupi sekitar dapur dan kamar mandi. Hal ini dapat menganggu jalur udara bersih yang mengalir di dalam ruangan, sehingga ruangan menjadi terasa pengap.

Berita Terkait

Berita Terkini

Duh! Pemotor Maling Celana Dalam Wanita, Netizen Malah Salahkan Pemilik

Si pelaku yang mengendarai motor jenis matic dan mengenakan helm menarik celana dalam wanita yang dijemur di depan rumah.

Berat Badan Tentukan Risiko Terkena Flu, Ini Penjelasannya

Sebenarnya, orang-orang dari semua kelompok umur sama-sama punya risiko terkena flu.

Profil Ika Masriana, Tiktoker yang Di-bully Gegara Tanda Lahir di Wajah

Berikut profil tiktoker Ika Masriana yang di-bully lantaran memiliki tanda lahir di wajahnya dan pernah disebut mirip monyet.

Salut! Demi ke Sekolah, Bocah Ini Lewati Laut dengan Styrofoam

Untuk menuju sekolah, seorang bocah diketahui memanfaatkan busa kotak putih atau styrofoam untuk menopang tubuhnya saat mengarungi laut.

Ngeden Ternyata Memicu Pendarahan Otak, Waspada!

Tips kesehatan kali ini membahas tentang efek mengejan yang bisa memicu pendarahan otak.

Cara Mudah Atasi Tabung Gas Mendesis atau Bocor

Tidak perlu panik bila menghadapi masalah tabung gas mendesis atau bocor. Berikut ini beberapa cara mengatasi masalah itu.

Ibu Positif Covid-19, Bolehkan Berikan ASI Eksklusif ke Buah Hati?

Diperlukan dukungan baik kepada ibu menyusui agar tetap memberikan ASI eksklusif kepada bayinya apa pun status kesehatan sang ibu.

Hari Paru Sedunia 2021, Momen Kampanye Kesehatan Paru

Kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan masih menjadi perhatian dunia.

Setor Tunai Sampai Bikin 5 Teller Kerepotan, Jumlah Uangnya Bikin Warganet Halu

Alhasil sejumlah warganet pun mempertanyakan mengapa nasabah tersebut tak dilayani di loket khusus setoran tunai di atas Rp50 juta.

Dialami Tukul Arwana, Apakah Pendarahan Otak Bisa Sembuh?

Seperti dialami presenter Tukul Arwana, kira-kira apakah pendarahan otak bisa sembuh? Begini jawaban dari dokter.

Sering Minum Multivitamin Setiap Hari? Waspadai Efeknya

Tak sedikit orang berpikir bahwa minum multivitamin setiap hari bermanfaat untuk kesehatan tubuh mereka.

Viral! Formulir Pekerjaan Berisi Syarat Mesum, Disuruh Foto Tak Senonoh

Seorang pelamar kerja mendapatkan sesuatu yang tak wajar saat mengisi formulir, dia mendapati pertanyaan berbau pornografi.

Miris! Tiktoker Cantik ini Dibully Gegara Miliki Tanda Lahir di Wajah

Meski mempunyai wajah rupawan, Tiktoker Ika Masriana sering mendapatkan bully-an lantaran memilliki tanda lahir di mukanya.

Reaksi Wanita Ini Saat Dijodohkan dengan Tetangganya Viral di TikTok

Video wanita yang dijodohkan dengan tetangganya ini memperlihatkan momen pertama mereka bertemu.

5 Faktor Ini Tentukan Tingkat Keparahan Efek Traumatis Anak Korban Kekerasan Seksual

Namun efek traumatis yang dirasakan setiap anak korban seksual berbeda-beda, tergantung sejumlah faktor.